Tertarik Coba Muay Thai? Ini Manfaatnya Bagi Tubuh Kita

Oleh

Muay thai kini adalah salah satu olahraga bela diri yang populer dan banyak diminati di kalangan pecinta olahraga. Seperti yang telah diketahui, muay thai adalah bentuk seni bela diri yang berasal dari Thailand atau dikenal juga dengan nama lain Thai Boxing.  Gerakan muay thai dilakukan dengan menggunakan 4 set anggota badan, yaitu kaki, tangan, lengan dan paha dan memanfaatkan serangan dari tinju, siku, lutut, dan kaki. Selain itu, olahraga ini dapat dilakukan oleh berbagai kalangan dengan gender apapun sehingga semua orang bisa menikmatinya,

Seperti halnya dengan semua bentuk seni bela diri, latihan yang dilakukan olahraga Muay Thai memiliki manfaat besar bagi kesehatan. Gerakan muay thai membantu meningkatkan kecepatan, kelincahan, kekuatan, dan daya tahan sistem kardiovaskuler saat berlatih. Latihan ini sangat menimbulkan efek baik dalam membangun stamina, kesehatan, dan kebugaran tubuh yang akan meningkat.

Manfaat muay thai bagi kesehatan

1. Menyehatkan jantung

Menurut penelitian, tidak ada olahraga yang dapat melatih sistem jantung sebaik muay thai. Dengan menggabungkan jenis olahraga aerobik maupun anaerobik, muay thai menguntungkan  pada tekanan besar yang menyehatkan jantung. Dengan latihan secara rutin, tubuh Anda akan terbiasa dengan tekanan-tekanan dalam olahraga ini, dan peningkatan kinerja kardiovaskuler yang sehat menjadi salah satu keuntungannya

2. Memperkuat otot-otot kaki

Menendang dan segelintir gerakan kaki lainnya menjadi gerakan utama dalam muay thai. Salah satu gerakan yang khas adalah menendang dengan gerakan kaki berputar setengah lingkaran dan dilakukan dengan kaki bagian depan atau biasa dikenal dengan “roundhouse kick.”

Belajar muay thai juga akan mengajarkan cara menendang yang baik dan memperkuat otot-otot tubuh bagian bawah. Setiap otot di tubuh bagian bawah Anda akan mendapatkan keuntungan dari berlatih berbagai tendangan dan latihan gerak kaki yang ada pada olahraga Thailand ini. Jika dilakukan dengan rutin akan berdampak baik pada  daya tahan otot kaki, kekuatan, kelincahan, serta dapat membentuk betis agar lebih kuat.

3. Memperkuat otot inti tubuh

Biasanya yang dinamakan otot tubuh inti mengacu pada otot perut seseorang. Namun, hal itu tidak sepenuhnya benar. Otot inti atau inti dari tubuh Anda adalah setiap otot yang terletak di batang tubuh Anda, dan bukan fokus terhadap otot perut saja. Latihan pada semua gerakan dalam olahraga ini benar-benar memperkuat inti otot Anda. Gerakan menonjok atau tendangan ke tubuh lawan juga cukup membantu. Serangan yang menjadi gerakan pertahanan diri akan membantu Anda memperkuat semua otot inti pada tubuh.

4. Membuat pinggul menjadi lebih fleksibel

Saat Anda melakukan gerakan menendang dan menyerang dengan lutut, fleksibilitas pinggul Anda pun akan terlatih. Memiliki pinggul sehat akan berdampak baik dengan kondisi kesehatan tubuh yang lainnya. Jangan lupa lakukan pemanasan dan peregangan otot bagian pinggul agar terhindar dari cedera. Sesekali lakukan pijitan atau massage pada bagian pinggul untuk melancarkan peredaran darah area tersebut.

5. Melepaskan stress

Melepaskan beban emosi dan stress nyatanya menjadi manfaat kesehatan terpenting yang bisa didapat dari muay thai. Sebagian besar orang menumpuk cukup banyak stres di siang hari. Dengan melakukan olahraga ini setelah beraktivitas seharian, emosi Anda bisa terluapkan, contohnya dengan memukul atau menendang sesuatu dapat membuat Anda merasa lebih baik.

6. Melatih mental dan kedisiplinan

Di luar keterampilan fisik yang jelas seperti menendang, meninju, dan menyerang, berlatih olahraga ini akan melatih kedisiplinan Anda. Dengan pelatihan yang tepat, Anda akan belajar untuk melakukan tugas tanpa harus diberi tahu apa yang harus dilakukan. Pada dasarnya, disiplin diri adalah manfaat nomor satu yang bisa diperoleh dari muay thai. Program pelatihannya melatih dan mengarahkan Anda terhadap sistem defensif diri, yang mana membutuhkan kedisiplinan dan mental yang kuat saat berada di atas ring.

7. Dapat menurunkan berat badan

Jika Anda bertanya apa muay thai bisa membuat berat badan berkurang, jawabannya, ya. Gerakan muay thai diarahkan untuk mempekerjakan semua anggota badan Anda dan meningkatkan keseluruhan ketahanan kardiovaskular Anda. Sikap tubuh, gerak kaki, pukulan dasar, tendangan, dan serangan lutut dan siku jika dikombinasikan dengan pemanasan dan peregangan akan membantu lemak dan kalori Anda terbakar.

Baca Juga:

Yang juga perlu Anda baca