home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Panduan Teknik Tinju untuk Pemula yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

Panduan Teknik Tinju untuk Pemula yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

Dari semua cabang olahraga, tinju merupakan salah satu cabang olahraga yang paling menuntut secara fisik. Para petinju profesional terus menerus menyempurnakan keterampilan mereka seiring dengan naiknya peringkat mereka untuk menghadapi lawan yang lebih tangguh. Jika Anda ingin mulai mempelajari olahraga bela diri ini, ikuti pedoman teknik tinju untuk Anda yang tergolong pemula.

Teknik tinju untuk pemula

Para petinju sukses melatih berbagai teknik pukulan jauh sebelum mereka memasuki ring. Apakah menggunakan teknik tinju bayangan (shadow-boxing) atau sansak berat (heavy bag), para petinju baru harus memusatkan perhatian pada teknik tinju yang tepat ketika melepaskan pukulan.

Setelah mereka terbiasa melontarkan berbagai macam pukulan dalam tinju, biasanya para petarung mengembangkan kombinasi, di mana mereka melapaskan pukulan mematikan terhadap lawan mereka. Beberapa pukulan paling efektif dalam teknik tinju di antaranya seperti di bawah ini.

1. Pukulan jab

Biasanya dilakukan menggunakan tangan depan yang lebih lemah, pukulan jab dalam tinju membantu menjauhkan lawan dari Anda. Jab adalah pukulan pendek. Untuk memaksimalkan efektivitas pukulan jab, para petinju profesional memilin lengan dan pergelangan tangan mereka sebelum melakukan kontak dengan lawan.

2. Pukulan silang

Berbeda dengan pukulan jab, yang dilontarkan secara lurus di depan tubuh, teknik pukulan ini dilontarkan dengan tangan yang kuat dengan gerak sedikit ke atas melintasi badan. Bahu membantu memberi tenaga pada pukulan silang.

3. Pukulan hook

Pukulan hook bisa dilontarkan ke kepala atau badan lawan mana saja yang tidak terlindungi. Pukulanini kerapkali dikombinasikan dengan pukulan-pukulan lain. Lontaran yang bersifat menyapu merupakan kelemahannya, sehingga Anda rentan mendapat pukulan balasan ketika tinju.

4. Pukulan uppercut

Ini merupakan pukulan ke atas yang dilontarkan oleh tangan manapun yang sangat efektif pada jarak dekat.

5. Kombinasi

Setelah Anda menguasai berbagai cara memukul dalam tinju, Anda bisa menciptakan berbagai kombinasi. Kombinasi pertama yang dipelajari oleh kebanyakan petinju adalah kombinasi kuno 1, 2 (sebuah pukulan jab diikuti dengan sebuah pukulan silang). Kombinasi efektif lainnya adalah dengan menambahkan sebuah hook pada pukulan 1, 2. (Jika Anda menggunakan tangan kanan, berarti jab kiri diikuti dengan pukulan silang kanan dan diakhiri dengan hook kiri.)

Belajarlah untuk melontarkan dan memblokir pukulan

Bertinju bukan hanya soal melontarkan pukulan, meminimalisir pukulan lawan merupakan bagian penting dari permainan ini juga. Berikut beberapa gerakan standar dalam bertinju untuk menghalangi pukulan lawan di antaranya.

1. Menangkis

Setelah mengangkat kedua sarung tangan Anda ke atas dan dagu menurunkan dagu, tangkisan mungkin merupakan teknik pertahanan paling mendasar dalam bertinju. Untuk menangkis, gunakan saja kedua tangan Anda untuk menangkis pukulan lawan ketika datang.

2. Menghindar

Menghindar dilakukan dengan cara memutar pinggang dan bahu dengan tajam ketika lawan melontarkan pukulan yang diarahkan ke kepala Anda saat tinju.

3. Memblokir

Ketika memblokir sebuah pukulan, Anda tidak melakukan apa-apa untuk menghndari kontak. Anda akan merasakan dampak dengan kedua sarung tangan Anda dan bukan tubuh Anda.

4. Naik turun dan berkelit

Naik turun dilakukan dengan cara menekuk kaki untuk menghindari pukulan tinggi seperti pukulan hook ke arah kepala, seringkali diikuti dengan berkelit. Berkelit dilakukan dengan cara membungkukkan badan di luar jangkauan sarung tinju lawan yang diulurkan.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Boxing Defense.

http://www.boxing-for-life.com/boxing-defense.html. Accessed 08/06/2017.

Learn to Box.

http://www.saddoboxing.com/learn.html. Accessed 08/06/2017.

Boxing Techniques and Styles.

http://www.mightyfighter.com/boxing-techniques-and-styles/. Accessed 08/06/2017.


Foto Penulis
Ditulis oleh Yuliati Iswandiari pada seminggu yang lalu
x