6 Manfaat Jalan Kaki Setelah Makan, 15 Menit Saja Cukup

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 07/09/2017
Bagikan sekarang

Ketika Anda merasa kenyang setelah makan, Anda pasti lebih suka diam di tempat duduk dibandingkan bergerak atau melangkah. Apakah Anda tahu, bahwa jalan kaki setelah makan memiliki manfaat untuk kesehatan?

Manfaat jalan kaki setelah makan menurut penelitian

Penelitian menemukan bahwa jalan kaki setelah makan mampu menurunkan kadar gula darah sebesar 12-22 persen. Menurut Andrew Reynolds peneliti dari Universitas Otago, Selandia Baru, dengan menerapkan kebiasaan tersebut secara rutin, diabetes akan secara otomatis bisa dicegah.

Jim Mann seorang profesor Universitas Otago, juga mengungkapkan bahwa glukosa pasca-makan sudah sejak lama dipercaya sanggup mengelola diabetes tipe 2. Karena itu, penting bagi siapapun untuk membiasakan diri bergerak setelah makan agar penyakit tersebut bisa dicegah dan diatasi. Berikut manfaat jalan kaki 15 menit setelah makan yang akan berpengaruh untuk kesehatan.

1. Pencernaan

Berjalan-jalan selama 15 menit setelah makan dapat membantu meningkatkan pencernaan Anda dan mencegah gangguan pencernaan seperti gangguan pencernaan atau sembelit.

2. Tidur nyenyak

Apakah Anda sulit tidur nyenyak? Hal ini biasanya dialami oleh para orang tua. Jika Anda sulit untuk tidur nyenyak, cobalah setelah makan, berjalan-jalan selama 15 menit untuk menyehatkan pencernaan Anda dan mendorong kualitas tidur yang baik di malam hari.

3. Bakar kalori

Berjalan kaki 15 menit setelah makan dapat membantu membakar kalori, sehingga makanan yang Anda makan tidak sepenuhnya menumpuk jadi lemak.

4. Metabolisme

Kebiasaan jalan kaki setelah makan dapat meningkatkan metabolisme. Jika Anda ingin menerapkan gaya hidup sehat, cara terbaik dan mudah untuk meningkatkan metabolisme Anda adalah dengan berjalan kaki setelah makan.

5. Kadar gula darah

Jika Anda menderita diabetes atau cenderung memiliki kadar gula darah tinggi, sebaiknya Anda harus menjaga kadar gula darah. Jalan kaki setelah makan dapat membantu menjaga kadar gula darah dalam tubuh Anda.

6. Sirkulasi darah

Kebiasaan jalan kaki setelah makan ini juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan itu baik untuk jantung Anda.

Bagaimana cara yang benar untuk jalan kaki setelah makan?

Jalan kaki setelah makan yang dimaksud di sini bukanlah langsung berjalan setelah selesai makan, melainkan memberi waktu terlebih dahulu bagi tubuh untuk beristirahat sebentar sekitar 10-15 menit. Setelah itu baru Anda bisa melakukan jalan kaki selama 15 menit.

Namun Anda tidak dianjurkan untuk berjalan cepat atau berlari setelah makan besar. Hal ini bisa membuat suplai darah yang seharusnya membantu proses pencernaan menjadi dialihkan untuk berjalan cepat. Ini dapat membuat jantung bekerja dua kali lipat lebih besar.

Sementara itu bagi penderita diabetes dibutuhkan waktu yang lebih lama sebelum mulai jalan kaki setelah makan, yaitu 1-2 jam setelah makan. Hal ini untuk menunggu saat insulin dan kadar gula darahnya menurun tetap. Karena jika langsung berjalan akan mengacaukan kerja dari insulin dalam mengatur kadar gula darah.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apa Saja Camilan yang Boleh Dimakan Penderita Diabetes dalam Sehari?

Memilih camilan untuk penderita diabetes tidak boleh sembarangan. Selain perlu memperhatikan kandungan nutrisinya, jumlahnya pun tidak kalah penting.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki

Panduan Makan untuk Orang yang Punya Riwayat Diabetes

Risiko diabetes pada orang dengan riwayat keluarga akan meningkat sehingga perlu upaya untuk mencegah diabetes dengan menjaga dan memilih makanan sehat.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki

Apakah Neuropati pada Diabetesi Bisa Disembuhkan?

Meski belum ada pengobatan untuk menyembuhkan neuropati diabetik, pengidap diabetes dapat meringankan gejala dan menghambatnya menjadi lebih parah.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki

Bagaimana Atlet Menjaga Fisik dan Mental Selama Pandemi COVID-19?

Saat pandemi COVID-19 semua kejuaraan olahraga harus tertunda, ini bisa mempengaruhi performa, kesehatan fisik, dan kesehatan mental para atlet.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Coronavirus, COVID-19 14/04/2020

Direkomendasikan untuk Anda

tips olahraga

Agar Tetap Bugar Selama Liburan, Sontek 4 Tips Olahraga Mudah Ini

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 25/05/2020
Manfaat yoga bridge pose

Manfaat Rutin Melakukan Yoga Bridge Pose pada Fisik dan Mental

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 06/05/2020
diabetesi

Tunda Dulu ke Rumah Sakit Selama Wabah, Ini Tips untuk Diabetesi Selama di Rumah

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 30/04/2020
manfaat jalan kaki bagi penderita diabetes

6 Manfaat Jalan Kaki untuk Penderita Diabetes

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 26/04/2020