7 Cara Cepat dan Ampuh untuk Mengobati Gusi Bernanah di Rumah

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 01/04/2020 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Gusi bernanah harus cepat diobati supaya infeksi tidak semakin parah. Namun, masalah ini tidak bisa langsung dibawa ke dokter selama masih menimbulkan rasa sakit. Ada banyak cara rumahan juga perawatan yang bisa dicoba untuk meredakan rasa tidak nyaman di gusi. Yuk, simak berbagai obat dan cara mengobati gusi bernanah dalam ulasan berikut.

Beragam cara mengobati gusi bernanah

Gusi bernanah akan menimbulkan rasa nyeri yang tak tertahankan. Kondisi ini pun biasanya disertai dengan pembengkakan yang semakin membuat rasa tidak nyaman di mulut.

Dikutip dari Mayo Clinic, kondisi disebabkan karena adanya infeksi bakteri. Tidak hanya bisa menimbulkan nanah, tetapi juga rasa nyeri yang sedang sampai berat.

Nah, supaya tidak semakin melemahkan, berbagai cara rumahan berikut bisa dicoba sebagai obat gusi yang bernanah.

1. Kumur air garam

obat gusi bernanah

Salah satu cara termudah dan tercepat untuk mengobati gusi bernanah di rumah adalah dengan berkumur air garam. Sejak dulu, manfaat garam untuk kesehatan mulut sudah tidak diragukan lagi.

Penelitian melaporkan bahwa garam mampu meredakan peradangan akibat infeksi sekaligus mempercepat proses penyembuhan luka. Hal ini karena sifat antibakteri dan antiradang yang dimilikinya.

Anda cukup mencampurkan 1/2 sendok garam ke dalam segelas air hangat. Lalu berkumurlah dengan air garam setidaknya 3 kali sehari.

2. Kompres es batu

mengunyah es batu

Supaya rasa nyeri dan gusi yang bengkak cepat mereda, lakukan kompres dingin dengan es batu. Suhu dingin dari es batu dapat mengembaskan saraf pemicu nyeri. Alhasil, Anda akan terbebas dari sensasi nyut-nyutan untuk sementara waktu.

Di samping itu, dinginnya es batu juga dapat membantu memperlambat aliran darah menuju area yang bermasalah sehingga peradangan dan pembengkakan di gusi pun juga perlahan akan mereda.

Cara mengobati gusi bernanah satu ini mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu membungkus beberapa bongkah es batu dengan kain lap yang bersih.

Setelah itu tempelkan di sisi pipi yang terasa sakit selama beberapa menit. Lakukan cara ini beberapa kali sampai rasa sakitnya agak berkurang.

3. Baking soda

obat gusi bernanah

Selain garam, Anda juga bisa berkumur dengan baking soda sebagai obat rumahan untuk mengatasi masalah gusi bernanah.

Sebuah tinjauan pustaka dalam Journal of the American Dental Association melaporkan bahwa baking soda membantu meredakan peradangan gusi (gingivitis) sekaligus meningkatkan kesehatan gusi.

Penelitian lain juga mengungkakan bahwa baking soda membantu merontokkan plak yang menempel di gigi.

Campurkan 1/2 sendok baking soda dan sejumput garam ke dalam segelas air hangat. Setelah itu berkumurlah setidaknya 5 menit dan buang airnya. Ulangi cara ini maksimal 2 kali dalam sehari.

4. Mengoles minyak cengkeh

minyak esensial mengatasi endometriosis

Kalau biasanya cengkeh digunakan untuk bumbu masakan, Anda bisa memanfaatkan minyak cengkeh sebagai obat alami gusi bernanah. Hal ini dikarenakan adanya senyawa antibakteri juga anti-inflamasi untuk membantu penyembuhan juga mencegah infeksi.

Lalu, ada pula kandungan eugenol yang ketika diaplikasikan pada suatu jaringan dapat memberikan sensasi hangat. Perlu diketahui pula bahwa cara kerja minyak cengkeh mirip dengan capsicum sehingga mampu merangsang kepekaan saraf di dekat permukaan kulit.

Ad hal yang perlu diperhatikan untuk menggunakan minyak cengkeh sebagai cara mengobati gusi bernanah. Sebelum mengoleskan pada bagian gusi, campur terlebih dahulu dengan minyak zaitun.

5. Berkumur dengan hidrogen peroksida

obat kumur gigi

Salah satu penyebab terjadinya gusi bernanah adalah masuknya bakteri ketika gusi terinfeksi. Tidak hanya dengan menggunakan obat kumur tanpa kandungan alkohol, Anda juga bisa menggunakan hidrogen peroksida sebagai obat gusi bernanah.

Berkumur dengan menggunakan obat jenis ini diklaim efektif untuk mengatasi bakteri serta masalah gigi yang disebabkan oleh infeksi. Namun, Anda perlu lebih berhati-hati karena larutan ini tergolong berbahaya apabila tertelan.

Cara mengobati gusi bernanah dengan obat ini adalah dengan mecampurkannya menggunakan air. Lalu, diamkan dan berkumur selama 30 detik. Setelah itu, bilas kembali mulut dengan air biasa.

6. Mengaplikasikan bawang putih

obat gusi bernanah

Tidak hanya untuk sakit gigi, Anda juga bisa memanfaatkan bawang putih sebagai obat alami masalah gusi bernanah. Bawang putih mempunyai kandungan atau senyawa yang bermanfaat sebagai antibakteri.

Lalu, bagaimana cara mengobati gusi bernanah dengan bawang putih? Cukup dengan menghancurkan atau menghaluskan bawang putih lalu campur dengan sedikit garam.

Setelah itu, aplikasikan dan gosok pelan pada bagian gusi.

7. Minum obat pereda nyeri

meminum-obat-batuk

Cara lain yang bisa Anda coba untuk mengobati gusi bernanah adalah minum obat pereda nyeri. Obat pereda nyeri bekerja dengan cara menghentikan produksi zat kimiawi yang memicu rasa sakit di otak.

Dengan minum obat pereda nyeri, sensai nyut-nyutan di gusi pun perlahan akan mereda.

Paracetamol merupakan salah satu obat pereda nyeri yang cukup populer. Obat ini bisa didapatkan dengan mudah di apotek atau bahkan warung tanpa harus menembus resep dokter.

Obat untuk gusi bernanah lainnya yang bisa Anda konsumsi selain parasetamol adalah ibuprofen dan juga antibiotik.

Meski begitu, Anda sebaiknya tetap berhati-hati ketika menggunakan obat-obatan bebas. Sama seperti obat pada umumnya, obat pereda nyeri yang dijual bebas juga berpotensi menyebabkan efek samping dari ringan hingga berat.

Maka dari itu, sebelum minum obat jenis apa pun, ada baiknya selalu baca aturan pakainya terlebih dulu. Jangan ragu untuk bertanya langsung ke dokter maupun apoteker bila Anda merasa kebingungan dengan aturan pakainya.

Kapan bertemu dokter sebagai cara mengobati gusi bernanah?

Merupakan salah satu masalah gigi dan mulut yang cukup serius, cara mengobati gusi bernanah di atas memang belum menyelesaikan masalah dengan tuntas.

Hal yang paling penting dilakukan adalah melakukan perawatan dengan dokter agar tidak terjadi komplikasi di bagian wajah atau pun mata. Beberapa perawatan yang mungkin akan Anda lakukan, seperti:

  • Mengeluarkan nanah. Sebagai cara mengurangi abses pada gusi, hal yang akan dilakukan untuk mengobati gusi bernanah adalah membuat sayatan kecil. Hal ini digunakan untuk mengeringkan nanah. Sehabis itu, mulut juga akan dibersihkan dengan menggunakan larutan garam.
  • Prosedur saluran akar. Cara lain untuk mengeringkan gusi bernanah adalah dengan melakukan saluran akar. Menghilangkan pulpa yang terinfeksi terlebih dahulu, lalu dokter akan mengisi dan menutup ruang pulpa.
  • Mencabut gigi. Apabila kondisi gigi sudah terlalu rusak, maka yang dilakukan adalah mencabut gigi tersebut. Setelah itu, yang dilakukan adalah mengeringkan nanah pada gusi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Cara Ampuh Mengatasi Sakit Gigi Saat Sedang Puasa

Puasa saat sakit gigi? Jangan khawatir! pasalnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meredakan sakit gigi saat puasa tanpa harus menelan obat!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hari Raya, Ramadan 05/05/2020 . Waktu baca 4 menit

Cara Menggunakan Bawang Putih sebagai Obat Sakit Gigi

Salah satu obat alami yang bisa digunakan untuk sakit gigi, yaitu bawang putih. Apa alasannya dan bagaimana cara menggunakan bawang putih sebagai obat?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 16/04/2020 . Waktu baca 4 menit

3 Tips Agar Gigi Sensitif Tidak Kambuh Lagi

Ketahui empat cara merawat gigi sensitif ini untuk mengurangi dan membantu mencegah nyeri agar tidak kambuh di kemudian hari.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
cara merawat gigi sensitif
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 21/03/2020 . Waktu baca 4 menit

Semua Gigi Sakit Tiba-tiba, Apa Penyebabnya?

Padahal gigi Anda sedang tidak berlubang atau malah baru ditambal, tapi tiba-tiba sakit gigi menyerang di tengah aktvititas. Apa penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 03/02/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
asam penyebab gigi berlubang di mulut

Tips Mencegah Penumpukan Asam Penyebab Gigi Berlubang di Mulut selama Pandemi

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 07/07/2020 . Waktu baca 5 menit
cara mencegah sakit gigi

8 Cara Mencegah Sakit Gigi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 24/05/2020 . Waktu baca 6 menit
gejala sakit gigi

7 Gejala Sakit Gigi yang Perlu Anda Waspadai

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 21/05/2020 . Waktu baca 7 menit
obat sakit gigi berlubang

3 Pilihan Obat untuk Sakit Gigi Berlubang, Plus Cara Mengatasinya di Rumah dan di Dokter Gigi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 18/05/2020 . Waktu baca 9 menit