Alasan Mengapa Kita Cepat Mengantuk Saat Belajar

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 22/12/2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Mengantuk adalah salah satu hambatan utama bagi kebanyakan orang saat sedang fokus belajar. Setelah beberapa menit membaca topik atau mempelajari bab baru sebuah mata pelajaran, mata langsung terasa berat disertai dengan menguap yang tak kunjung berhenti. Kenapa begitu, ya?

Penyebab cepat mengantuk saat belajar

Mengantuk saat belajar sangat umum terjadi di semua kalangan umur. Rasa mengantuk dapat dirasakan tak hanya ketika kita belajar sendiri, tapi di dalam kelas pun juga tak luput demikian.

Banyak hal yang mendasari fenomena yang terjadi pada tubuh ini. Dalam buku yang ditulis oleh John Medina berjudul Brain Rules, data menunjukan bahwa tingkat konsentrasi pelajar cenderung menurun karena mengantuk setelah sekitar 10 menit pertama dalam kelas.

Lalu apa yang menyebabkan kita mengantuk saat belajar?

1. Porsi makan terlalu berlebihan

Pada umumnya, mengantuk setelah makan merupakan hal yang wajar dan tak perlu dikhawatirkan. Namun rasa kantuk ini biasanya akan hilang setelah beberapa saat.

Ketika porsi makanan yang dikonsumsi terlalu berlebihan, Anda akan merasa kekenyangan yang menuntun pada rasa mengantuk saat belajar yang sulit dihilangkan.

Adapun makanan yang mengandung triptofan (jenis asam amino) dapat membuat Anda lebih mudah mengantuk saat belajar dibandingkan dengan makanan yang sedikit mengandung asam amino.

Makanan dengan kandungan triptofan tinggi di antara lain adalah bayam, kedelai, telur, keju, tahu dan lain-lain.

2. Mungkin Anda mengidap Hypersomnia

Selain karena diakibatkan oleh yang telah dibahas sebelumnya, mungkin saja Anda mengidap Hypersomnia. Hypersomnia adalah kondisi dimana seseorang terus mengantuk sepanjang hari atau menghabiskan waktu terlalu lama untuk tidur.

Setiap menjalani aktivitas yang memerlukan konsentrasi, pengidap Hypersomnia akan langsung merasakan rasa kantuk yang amat sangat. Meskipun pada malam sebelumnya telah tidur dengan waktu yang cukup.

Cara mengatasi rasa kantuk saat belajar

Belajar saat jam sekolah, ketika bekerja, maupun mengerjakan sesuatu sampai harus begadang di malam hari pasti tak luput dari serangan rasa kantuk. Coba beberapa cara berikut ini agar dapat tetap terjaga secara alami.

1. Berdiri lalu bergerak

Mungkin cara ini agak sulit dilakukan ketika berada di dalam kelas. Namun saat dilakukan, cara menghilangkan rasa mengantuk saat belajar ini cukup efektif.

Dengan bergerak seperti berjalan-jalan berkeliling kelas atau halaman rumah, jantung dapat memompa lebih cepat sehingga menghasilkan energi yang hilang sekaligus meningkatkan tingkat konsentrasi.

2. Makan kudapan sehat

Anda pasti tidak akan keberatan dengan cara yang satu ini. Tapi perlu ketelitian dalam memilih kudapan yang akan dikonsumsi.

Coklat dapat menjadi pilihan ketika Anda merasa kadar gula darah menurun, namun jumlahnya tidak boleh berlebihan atau secukupnya. Yoghurt dan buah-buahan segar dapat juga menjadi pilihan untuk melawan rasa mengantuk saat belajar.

3. Tetap terhidrasi

Ketika cairan dalam tubuh tetap terjaga, darah dapat terus membawa oksigen dan berbagai nutrisi pada otak. Sehingga Anda akan tetap bisa fokus saat belajar.

Sedikit saja tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi, Anda akan langsung merasakan kelelahan, cepat merasa emosional dan tentu saja mengantuk saat belajar atau berkonsentrasi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Direkomendasikan untuk Anda

Asam amino triptofan adalah

Mengenal Triptofan, Asam Amino yang Membuat Mood Jadi Positif

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 26/06/2019 . Waktu baca 4 menit
meningkatkan serotonin makanan yang mengandung serotonin

6 Makanan yang Mengandung Serotonin Ini Bisa Bikin Mood Lebih Baik

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 30/05/2018 . Waktu baca 4 menit
hypersomnia tidur mengantuk di siang hari

Selalu Mengantuk di Siang Hari? Mungkin Anda Mengidap Hypersomnia

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 11/07/2017 . Waktu baca 4 menit