Kulit Gatal Tanpa Sebab? Mungkin Anda Sedang Stres

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 14/05/2020
Bagikan sekarang

Kulit gatal adalah masalah yang cukup sering ditemui. Penyebabnya pun bermacam-macam, mulai dari alergi, gigitan serangga, atau kulit kering. Namun, kulit gatal bisa muncul tiba-tiba tanpa alasan yang jelas. Ketika hal ini terjadi, Anda pun hanya bisa bertanya-tanya apa yang menjadi penyebabnya. Namun, tahukah Anda bahwa Anda bisa kulit Anda bisa gatal karena stres atau cemas berlebihan? Tanpa Anda sadari, gatal yang sangat mengganggu itu ternyata berakar pada pikiran Anda sendiri. Apakah selama ini gatal yang Anda rasakan disebabkan oleh stres atau kebanyakan pikiran? Simak terus informasi di bawah ini untuk mencari tahu jawabannya.

Bagaimana stres menyebabkan gatal-gatal?

Saat Anda sedang dilanda stres, tubuh akan bereaksi. Stres merangsang reaksi kimia dalam tubuh yang membuat kulit Anda jadi lebih peka. Selain itu, ada banyak ujung saraf Anda yang terhubung dengan kulit sehingga jika sistem saraf pusat Anda membaca adanya gangguan karena stres, kulit Anda juga akan bereaksi. Kondisi ini juga bisa membuat kulit Anda lebih sulit disembuhkan jika sedang mengalami masalah atau penyakit kulit tertentu. Masalahnya, terkadang bahkan Anda sendiri tidak menyadari bahwa Anda sedang dilanda stres atau sedang banyak pikiran. Maka saat Anda mengalami gatal yang muncul tiba-tiba, Anda merasa bahwa penyebabnya tidak jelas.

Berbagai jenis gatal karena stres

Gatal karena stres bisa muncul dengan gejala yang berbeda-beda pada setiap orang. Berikut adalah berbagai jenis gatal yang mungkin Anda alami saat dilanda stres.

1. Biduran

Biduran biasanya muncul akibat reaksi sistem kekebalan tubuh Anda terhadap alergen (penyebab alergi). Karena kulit Anda adalah mekanisme pertahanan tubuh yang paling luar, di situlah sistem kekebalan tubuh akan merangsang produksi sel darah putih. Sel darah putih kemudian akan melawan bakteri, virus, atau alergen sehingga muncul biduran. Saat Anda stres, otak mengirim sinyal pada sistem kekebalan tubuh bahwa ada ancaman yang harus dihadapi. Maka, sel darah putih Anda akan langsung bereaksi untuk mengusir ancaman tersebut. Jika Anda memang rentan mengalami biduran, stres akan semakin memicu kondisi tersebut.

2. Biang keringat

Stres biasanya diikuti dengan gejala lain seperti produksi keringat berlebih. Namun, jika Anda berada di lingkungan yang panas, lembap, atau sirkulasi udaranya tidak lancar, keringat justru akan terperangkap di dalam lapisan kulit dan tidak bisa menguap. Hal ini akan kemudian menimbulkan biang keringat di kulit yang terasa gatal. Biang keringat tidak membahayakan, tetapi sampai benar-benar hilang dari permukaan kulit biasanya Anda membutuhkan waktu setidaknya dua minggu.

3. Penyakit kulit

Anda yang punya penyakit kulit tertentu harus lebih berhati-hati terhadap tekanan psikologis. Pasalnya, stres bisa memicu kumatnya penyakit kulit tertentu seperti eksim, herpes, dan psoriasis. Penyakit-penyakit tersebut bisa menyebabkan rasa gatal yang sangat mengganggu. Ini karena saat Anda stres, tubuh akan memproduksi hormon-hormon yang bisa memicu penyakit kulit yang Anda derita.

4. Gatal psikogenik

Jenis gatal yang satu ini cukup unik karena kondisi ini dipicu oleh sugesti dari pikiran Anda sendiri. Kondisi ini jarang ditemui. Namun, jika Anda memiliki kondisi kejiwaan tertentu seperti depresi, gangguan kecemasan, atau gangguan obsesif kompulsif (OCD), stres sedikit saja sudah bisa memicu keinginan untuk menggaruk kulit yang terasa gatal. Biasanya gatal psikogenik hanya akan muncul pada anggota tubuh yang mudah dijangkau seperti lengan, wajah, bahu, perut, atau paha bagian belakang.   

Meredakan kulit gatal karena stres

Cara terbaik untuk mengatasi gatal karena stres adalah menemukan dan menghadapi sumber stres. Saat stres berkurang, gatal-gatal yang Anda rasakan pun akan berangsur-angsur hilang. Maka, penting bagi Anda untuk meluangkan waktu bagi diri sendiri guna mengusir stres. Anda bisa melakukan relaksasi dengan minyak esensial, berolahraga, berlibur, atau langsung menyelesaikan sumber masalah penyebab stres.

Anda juga bisa meredakan kulit gatal dengan bahan-bahan alami seperti getah lidah buaya atau kompres dingin. Hindari mandi dengan air panas karena bisa membuat kulit jadi semakin kering dan gatal. Kalau gatal yang Anda rasakan sudah terlalu mengganggu dan tak tertahankan, Anda bisa membeli obat bebas pereda gatal berupa salep, krim, atau pil. Sebaiknya konsultasikan dulu dengan tenaga kesehatan sebelum mengonsumsi obat-obatan pereda gatal.

BACA JUGA:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Stres dan depresi tidak sama, keduanya memiliki perbedaan mendasar. Maka jika penanganannya keliru, depresi bisa berakibat fatal. Cari tahu, yuk!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri

Salep Apa yang Baik untuk Mengatasi Gatal Cacar Air?

Obat oles seperti salep dapat digunakan untuk membantu mengatasi rasa gatal akibat cacar air. Bagaimana cara penggunaannya yang efektif?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala

5 Penyebab Mulut Anda Terasa Pahit Saat Puasa

Penyebab mulut terasa pahit saat puasa biasanya tidak berbahaya. Bisa jadi, mulut terasa pahit karena Anda lalai melakukan hal yang satu ini! Apa ya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hari Raya, Ramadan 19/05/2020

Rutin Minum Madu Saat Sahur Bisa Memberikan 5 Kebaikan Ini

Katanya, minum madu saat sahur bisa memberikan segudang manfaat baik bagi tubuh selama menjalani puasa. Tertarik ingin coba? Simak beragam khasiatnya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hari Raya, Ramadan 17/05/2020

Direkomendasikan untuk Anda

Mengapa Perlu Matikan Lampu Saat Tidur?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 29/05/2020
resep membuat bakwan

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020

Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
panduan diet sehat untuk menurunkan berat badan, cara diet sehat, menu diet sehat, makanan diet sehat, diet sehat alami

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020