Kulit Gatal Tanpa Sebab? Mungkin Anda Sedang Stres

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 14 Mei 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Kulit gatal adalah masalah yang cukup sering ditemui. Penyebabnya pun bermacam-macam, mulai dari alergi, gigitan serangga, atau kulit kering. Namun, kulit gatal bisa muncul tiba-tiba tanpa alasan yang jelas. Ketika hal ini terjadi, Anda pun hanya bisa bertanya-tanya apa yang menjadi penyebabnya. Namun, tahukah Anda bahwa Anda bisa kulit Anda bisa gatal karena stres atau cemas berlebihan? Tanpa Anda sadari, gatal yang sangat mengganggu itu ternyata berakar pada pikiran Anda sendiri. Apakah selama ini gatal yang Anda rasakan disebabkan oleh stres atau kebanyakan pikiran? Simak terus informasi di bawah ini untuk mencari tahu jawabannya.

Bagaimana stres menyebabkan gatal-gatal?

Saat Anda sedang dilanda stres, tubuh akan bereaksi. Stres merangsang reaksi kimia dalam tubuh yang membuat kulit Anda jadi lebih peka. Selain itu, ada banyak ujung saraf Anda yang terhubung dengan kulit sehingga jika sistem saraf pusat Anda membaca adanya gangguan karena stres, kulit Anda juga akan bereaksi. Kondisi ini juga bisa membuat kulit Anda lebih sulit disembuhkan jika sedang mengalami masalah atau penyakit kulit tertentu. Masalahnya, terkadang bahkan Anda sendiri tidak menyadari bahwa Anda sedang dilanda stres atau sedang banyak pikiran. Maka saat Anda mengalami gatal yang muncul tiba-tiba, Anda merasa bahwa penyebabnya tidak jelas.

Berbagai jenis gatal karena stres

Gatal karena stres bisa muncul dengan gejala yang berbeda-beda pada setiap orang. Berikut adalah berbagai jenis gatal yang mungkin Anda alami saat dilanda stres.

1. Biduran

Biduran biasanya muncul akibat reaksi sistem kekebalan tubuh Anda terhadap alergen (penyebab alergi). Karena kulit Anda adalah mekanisme pertahanan tubuh yang paling luar, di situlah sistem kekebalan tubuh akan merangsang produksi sel darah putih. Sel darah putih kemudian akan melawan bakteri, virus, atau alergen sehingga muncul biduran. Saat Anda stres, otak mengirim sinyal pada sistem kekebalan tubuh bahwa ada ancaman yang harus dihadapi. Maka, sel darah putih Anda akan langsung bereaksi untuk mengusir ancaman tersebut. Jika Anda memang rentan mengalami biduran, stres akan semakin memicu kondisi tersebut.

2. Biang keringat

Stres biasanya diikuti dengan gejala lain seperti produksi keringat berlebih. Namun, jika Anda berada di lingkungan yang panas, lembap, atau sirkulasi udaranya tidak lancar, keringat justru akan terperangkap di dalam lapisan kulit dan tidak bisa menguap. Hal ini akan kemudian menimbulkan biang keringat di kulit yang terasa gatal. Biang keringat tidak membahayakan, tetapi sampai benar-benar hilang dari permukaan kulit biasanya Anda membutuhkan waktu setidaknya dua minggu.

3. Penyakit kulit

Anda yang punya penyakit kulit tertentu harus lebih berhati-hati terhadap tekanan psikologis. Pasalnya, stres bisa memicu kumatnya penyakit kulit tertentu seperti eksim, herpes, dan psoriasis. Penyakit-penyakit tersebut bisa menyebabkan rasa gatal yang sangat mengganggu. Ini karena saat Anda stres, tubuh akan memproduksi hormon-hormon yang bisa memicu penyakit kulit yang Anda derita.

4. Gatal psikogenik

Jenis gatal yang satu ini cukup unik karena kondisi ini dipicu oleh sugesti dari pikiran Anda sendiri. Kondisi ini jarang ditemui. Namun, jika Anda memiliki kondisi kejiwaan tertentu seperti depresi, gangguan kecemasan, atau gangguan obsesif kompulsif (OCD), stres sedikit saja sudah bisa memicu keinginan untuk menggaruk kulit yang terasa gatal. Biasanya gatal psikogenik hanya akan muncul pada anggota tubuh yang mudah dijangkau seperti lengan, wajah, bahu, perut, atau paha bagian belakang.   

Meredakan kulit gatal karena stres

Cara terbaik untuk mengatasi gatal karena stres adalah menemukan dan menghadapi sumber stres. Saat stres berkurang, gatal-gatal yang Anda rasakan pun akan berangsur-angsur hilang. Maka, penting bagi Anda untuk meluangkan waktu bagi diri sendiri guna mengusir stres. Anda bisa melakukan relaksasi dengan minyak esensial, berolahraga, berlibur, atau langsung menyelesaikan sumber masalah penyebab stres.

Anda juga bisa meredakan kulit gatal dengan bahan-bahan alami seperti getah lidah buaya atau kompres dingin. Hindari mandi dengan air panas karena bisa membuat kulit jadi semakin kering dan gatal. Kalau gatal yang Anda rasakan sudah terlalu mengganggu dan tak tertahankan, Anda bisa membeli obat bebas pereda gatal berupa salep, krim, atau pil. Sebaiknya konsultasikan dulu dengan tenaga kesehatan sebelum mengonsumsi obat-obatan pereda gatal.

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Warna Dahak Merah, Hijau, Atau Hitam? Cari Tahu Artinya di Sini

Warna dahak yang normal adalah bening. Jika Anda mengeluarkan dahak yang berwarna, maka hal itu adalah tanda dari kondisi medis. Apa arti dari warna dahak?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Batuk, Kesehatan Pernapasan 26 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Alasan Psikologis Mengapa Korban KDRT Susah Lepas dari Jeratan Pasangan

Bagi korban KDRT, meninggalkan pasangan yang abusive tak semudah itu. Ini dia alasan korban KDRT bertahan meski hubungannya sarat kekerasan dan kekejaman.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Psikologi 22 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

7 Rahasia Menghindari Perceraian dalam Rumah Tangga

Perceraian memang bukan sesuatu yang tabu. Tapi keutuhan rumah tangga adalah cita-cita banyak orang. Bagaimana cara menghindari perceraian?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Psikologi, Seks & Asmara 22 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

5 Masalah Seks yang Paling Mengganggu Pria (Plus Cara Mengatasinya)

Meski tampaknya selalu bersemangat soal urusan di ranjang, ada banyak juga masalah seks yang dapat mengganggu pria. Yuk, ketahui apa saja!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Seks & Asmara 21 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

proses inflamasi

Proses Inflamasi Ternyata Penting Bagi Tubuh, Begini Mekanismenya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
Penyebab sakit pinggang

Cari Tahu Gejala, Penyebab dan Pengobatan untuk Sakit Pinggang

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 10 menit
ukuran otak dewasa berpikir

Apakah Benar Otak Lebih Besar Artinya Lebih Pintar?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 26 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
makanan pedas atasi migrain

Benarkah Makanan Pedas Bisa Mengatasi Sakit Kepala Migrain?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 26 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit