Bukan Cuma Menyegarkan, Ini 7 Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 4 November 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Banyak yang langsung menggelengkan kepala saat membayangkan harus membasuh tubuh dengan guyuran air dingin begitu bangun tidur di pagi buta. Padahal, mandi air dingin bisa menjadi cara yang sehat untuk Anda memulai hari. Dan tidak hanya itu, mandi air dingin juga memiliki beragam manfaat kesehatan yang tidak pernah Anda sadari sebelumnya.

Manfaat mandi air dingin bagi kesehatan

1. Meningkatkan kewaspadaan

Diguyur air dingin bahkan sebelum ayam berkokok mungkin adalah hal terakhir yang diinginkan oleh banyak orang. Tapi, tarikan napas dalam saat kita terkaget-kaget menggigil kedinginan sebenarnya justru membuka pernapasan dan meningkatkan asupan oksigen ke seluruh tubuh, yang pada akhirnya meningkatkan detak jantung dan memperlancar aliran darah sehingga menjaga kita tetap hangat. Ini kemudian memberikan kita “tendangan” energi untuk mulai beraktivitas.

2. Menghaluskan rambut dan kulit

Mandi air dingin adalah salah satu cara alami untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit. Air panas yang bersifat melucuti minyak alami dan mengeringkan kulit. Sementara itu, air dingin justru mengencangkan kutikula rambut dan kulit lewat pengerutan pembuluh darah sementara selagi tubuh bereaksi terhadap perubahan suhu. Kutikula dan pori kulit yang mengencang akan mencegah kotoran dan elemen berbahaya lainnya menyumbat pori-pori kulit dan kulit kepala.

Mandi dingin juga dapat membuat rambut tampak lebih bersinar, kuat, dan sehat dengan meratakan folikel rambut, dan meningkatkan kemampuannya untuk menggenggam kulit kepala.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh dan sirkulasi darah

Kaget yang kita rasakan dari guyuran air dingin pertama kali dapat memicu jantung agar lebih efisien memompa darah ke seluruh tubuh, yang kemudian bisa mempromosikan kesehatan yang lebih baik — termasuk kesehatan kulit dan hati. Sirkulasi darah yang lebih lancar setelah mandi air dingin juga dapat menurunkan tekanan darah, membilas plak yang menumpuk dalam pembuluh darah, dan mendorong kerja sistem imun yang lebih baik.

Sebuah studi tahun 1994 menemukan adanya penurunan drastis terhadap kadar asam urat selama dan paparan selanjutnya terhadap stimulus dingin.

4. Menurunkan berat badan

Mandi air dingin dapat membantu program penurunan berat badan Anda dengan cara yang tak terduga. Tubuh manusia mengandung dua jenis lemak, lemak putih dan lemak coklat. Lemak putih adalah penumpukan lemak di pinggang, perut, dan leher yang terjadi ketika kita mengonsumsi lebih banyak kalori daripada tubuh kita perlukan untuk berfungsi, dan kita tidak membakar lemak putih untuk energi. Sementara lemak coklat adalah lemak baik yang kita gunakan untuk menghasilkan panas demi menjaga tubuh kita hangat, dan dibakar ketika kita terkena dingin yang ekstrim. Jadi, mandi dingin dapat mempromosikan metabolisme lemak coklat.

Sebuah studi tahun 2009 menemukan bahwa paparan suhu dingin ekstrim dilaporkan membakar lemak coklat pada tubuh dengan peningkatan 15 kali lipat, yang berarti Anda bisa kehilangan hingga 5 kilogram dalam setahun jika terus rajin mandi pagi dengan air dingin.

5. Mempercepat pemulihan nyeri otot dan pegal linu

Mandi air dingin terutama efektif dalam mengurangi nyeri otot yang gejalanya muncul terlambat, misalnya beberapa hari setelah Anda nge-gym. Itu karena air dingin memiliki sifat regeneratif yang dapat membantu menenangkan nyeri otot setelah sesi latihan yang melelahkan.

6. Meringankan stres

Membiarkan tubuh diguyur air dingin tanpa basa-basi dapat membantu mempromosikan peningkatan toleransi tubuh terhadap stres, secara fisik dan mental. Ada juga peningkatan gluthathione, antioksidan yang membuat semua antioksidan lainnya berada di tingkat optimal. Setelah mengamati 10 orang bertubuh sehat yang berenang secara teratur dalam air dingin selama musim dingin, peneliti melaporkan adanya penyesuaian tubuh terhadap stres oksidatif yang berulang — menunjukkan ketahanan tubuh yang meningkat terhadap serangan sumber stres.

7. Membantu mengelola depresi

Walau uji coba yang menggunakan mandi air dingin sebagai terapi pengobatan depresi belum bernah dilakukan, tetapi paparan berulang terhadap air dingin telah terbukti mengurangi gejala depresi akibat dampak intens yang diterima reseptor dingin di kulit, yang mengirim jumlah yang banyak impuls listrik dari ujung saraf perifer ke otak. Hal ini menghasilkan efek antidepresif, dan meningkatkan suasana hati, membuat Anda jadi lebih bersemangat menjalani hari.

Selain itu, beradaptasi dengan paparan air dingin dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menangani aspek psikologis lainnya yang menyertai kecemasan dan depresi.

Tapi, tidak semua orang boleh mandi air dingin

Sementara mandi dingin memiliki banyak manfaat kesehatan, cara ini tidak dianjurkan untuk semua orang. Sensasi kejutan yang kita rasakan dari air dingin walau bermanfaat meningkatkan, tapi dapat menyebabkan efek sebaliknya pada orang yang sakit atau berkondisi rentan — misalnya orang yang lebih tua, lansia, atau yang memiliki kondisi jantung. Sentakan kaget akibat guyuran mandi air dingin mungkin menyebabkan mereka jadi terkejut pingsan atau mengalami serangan jantung yang bisa berakibat fatal — apalagi jika jatuh dan terantuk dinding.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Panduan Menjalani 30 Hari Diet Bebas Gula

Konsumsi gula berlebih meningkatkan risiko hipertensi, diabetes, hingga kanker. Untuk memerangi risiko mengerikan ini, satu solusinya: diet bebas gula.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Tips Makan Sehat, Nutrisi 4 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

5 Pilihan Obat Cacing yang Direkomendasikan untuk Orang Dewasa

Tidak hanya anak-anak, orang dewasa juga bisa terkena cacingan. Simak rekomendasi obat cacing untuk orang dewasa berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Penyakit Infeksi, Infeksi Jamur dan Parasit 2 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Stenosis Katup Mitral (Penyempitan Katup Mitral)

Stenosis Katup Mitral adalah penyakit. Cari tahu gejala, penyebab, diagnosis, dan pengobatan penyakit ini di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Jantung, Penyakit Jantung Lainnya 2 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Begini Urutan Pemakaian Skincare Wajah untuk Malam Hari

Setelah cuci muka sebelum tidur, Anda kemudian pakai pelembap atau krim mata dulu? Simak urutan skincare malam yang tepat berikut.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 1 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

fakta jantung manusia

10 Fakta Unik tentang Jantung Manusia

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 7 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
bagaimana cara menghilangkan stres

9 Makanan yang Membantu Menghilangkan Stres

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 7 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
penyakit hepatitis adalah

Penyakit Hepatitis

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 6 Januari 2021 . Waktu baca 13 menit
angina adalah

Angina

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 4 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit