Posisi Tidur Seperti Apa yang Paling Sehat?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 08/01/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Tidur sangat diperlukan untuk mengistirahatkan organ-organ tubuh yang sudah bekerja seharian. Tidur juga penting untuk mengembalikan tenaga seseorang. Waktu tidur yang cukup dapat membuat tubuh tetap sehat, dan dapat membawa manfaat pada jantung, hati, otak, dan organ lainnya. Setelah bangun tidur, diharapkan tubuh kembali fit sehingga dapat melakukan aktivitas dengan baik.

Namun, posisi tidur yang kurang baik malah dapat menyebabkan seseorang menderita sakit, seperti nyeri pada leher dan punggung saat bangun tidur. Bahkan terkadang beberapa orang tidak mengetahui bahwa penyebab mereka sakit leher atau sakit punggung saat bangun tidur adalah karena salah posisi tidur.

Tiga posisi tidur terpopuler

Saat tidur, orang memiliki berbagai posisi tidur yang menurutnya paling nyaman dilakukan. Posisi tidur seseorang sangat beragam tergantung dengan pilihan masing-masing. Tetapi, pada umumnya terdapat tiga posisi tidur utama, yaitu telentang, telungkup, dan miring. Posisi tidur ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Posisi tidur telentang

Posisi ini dapat mencegah sakit leher dan sakit punggung karena posisi kepala, leher, dan tulang belakang berada di posisi netral. Selain itu, posisi ini juga mengurangi naiknya asam lambung. Saat tidur telentang dan kepala ditinggikan, posisi perut akan berada di bawah kerongkongan sehingga dapat mencegah asam lambung naik ke atas. Posisi tidur telentang juga dapat meminimalkan keriput dan dapat mempertahankan bentuk payudara.

Kekurangannya, posisi ini dapat menyebabkan orang mendengkur saat tidur.

Posisi tidur miring

Selanjutnya posisi tidur miring. Posisi tidur ini juga dapat mencegah sakit leher dan sakit punggung, mengurangi naiknya asam lambung, mengurangi dengkur, dan ini merupakan posisi tidur yang baik bagi ibu hamil. Posisi tidur ini baik bagi tulang belakang karena pada posisi tidur miring tulang belakang dapat memanjang. Untuk ibu hamil, posisi miring ke kiri adalah yang paling baik karena membantu melancarkan peredaran darah. Anda dapat menaruh bantal di atas bahu Anda agar kepala dan leher berada di posisi netral.

Namun, posisi tidur miring buruk bagi wajah dan payudara karena menimbulkan dorongan ke bawah pada wajah dan payudara, sehingga wajah mudah keriput dan payudara menjadi kendur.

Posisi tidur telungkup

Posisi tidur ini tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan sakit leher dan sakit punggung, menimbulkan keriput, menurunnya payudara, dan membuat Anda lebih mudah untuk mendengkur. Posisi tidur telungkup membuat tulang belakang sulit untuk berada pada posisinya sehingga dapat menyebabkan sakit leher dan punggung. Selain itu, posisi telungkup juga memaksa Anda untuk memalingkan wajah Anda ke satu sisi selama waktu tertentu sehingga dapat menyebabkan sakit leher.

Orang dengan posisi tidur telungkup juga dapat mengalami kegelisahan yang meningkat saat tidur karena sering bolak-balik memalingkan wajah untuk mencari kenyamanan posisi tidur. Telungkup juga memberi tekanan pada sendi dan otot sehingga dapat mengganggu saraf dan menyebabkan nyeri, mati rasa, dan kesemutan. Namun, jika Anda punya kebiasaan mendengkur dan tidak menderita sakit leher dan punggung, mungkin tidur dengan posisi telungkup baik bagi Anda. Tidur pada posisi ini membuat saluran napas atas Anda lebih terbuka.

Posisi tidur terbaik untuk mengurangi sakit leher dan sakit punggung

Untuk Anda yang menderita sakit pada bagian belakang (sakit leher dan sakit punggung), sebaiknya gunakan bantal seperti di bawah ini untuk mengurangi sakit leher dan sakit punggung:

  • Jika Anda tidur dengan posisi miring, tarik kedua kaki mendekati dada dan jepit bantal di antara kedua kaki.
  • Jika Anda tidur dengan posisi telentang, taruh bantal di bawah lutut untuk membantu mempertahankan posisi tulang belakang Anda, dan juga taruh bantal pada leher Anda.
  • Jika Anda tidur dengan posisi telungkup, taruh bantal di perut bagian bawah dan tulang pelvis. Anda juga bisa menaruh bantal di bawah kepala Anda.

Manakah posisi tidur favorit Anda? Jika posisi tidur Anda selama ini menyebabkan Anda menjadi sakit leher dan punggung, cobalah dengan menempatkan bantal seperti dijelaskan di atas. Beri kenyamanan pada tubuh Anda selama tidur agar tidur Anda berkualitas. Tidur yang berkualitas sangat diperlukan untuk kesehatan.

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Junk Food Bikin Asam Lambung Naik, Kok Bisa?

    Ternyata mengonsumsi junk food menyebabkan asam lambung naik. Simak alasan dan obat alami untuk masalah asam lambung di sini.

    Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Willyson Eveiro
    Gangguan Pencernaan, Gastritis, Health Centers 18/06/2020 . Waktu baca 5 menit

    Frozen Yogurt Versus Es Krim, Lebih Sehat Mana?

    Benarkah frozen yogurt memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit dari es krim? Cari tahu di sini untuk memastikan apakah frozen yogurt memang lebih sehat.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Hidup Sehat, Fakta Unik 17/06/2020 . Waktu baca 5 menit

    Berbagai Penyebab Bau Mulut Tak Sedap

    Bau mulut atau halitosis adalah masalah yang sangat mengganggu dan memalukan. Cari tahu semua tentang penyebab dan cara menghilangkan bau mulut tak sedap.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 17/06/2020 . Waktu baca 5 menit

    Otot Sering Kedutan, Bahaya atau Tidak?

    Hampir semua orang pernah mengalami mata atau tangan kedutan. Namun, apakah Anda tahu arti kedutan dan risikonya bagi kesehatan?

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Hidup Sehat, Fakta Unik 15/06/2020 . Waktu baca 5 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    penyebab cantengan; kuku cantengan

    Mengapa Kuku Bisa Cantengan dan Bagaimana Mengobatinya?

    Ditulis oleh: Ajeng Quamila
    Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 5 menit
    mual karena gugup

    Kenapa Kita Merasa Mual Saat Sedang Gugup?

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 21/06/2020 . Waktu baca 6 menit
    mata plus pada anak

    Begini Alasan Adanya Mata Plus pada Anak

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 20/06/2020 . Waktu baca 5 menit
    obat maag alami herbal asam lambung

    Manfaat Bahan-bahan Herbal untuk Pengobatan Gangguan Lambung

    Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Maria Amanda
    Dipublikasikan tanggal: 18/06/2020 . Waktu baca 5 menit