home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

7 Kemungkinan Penyebab Mengigau Saat Tidur

7 Kemungkinan Penyebab Mengigau Saat Tidur

Mengigau, atau dalam bahasa medis biasa disebut dengan somniloquy, adalah gejala yang terjadi saat kondisi seseorang setengah sadar. Meskipun tidak termasuk sebagai sebagai masalah kesehatan, kondisi ini bisa menganggu orang yang mendengarnya. Mengigau bisa terjadi pada siapa saja, termasuk anak-anak. Kondisi ini juga termasuk salah satu jenis parasomnia, yaitu perilaku abnormal yang terjadi saat Anda tidur. Lalu, apa saja penyebab orang mengigau saat tidur?

Berbagai penyebab mengigau saat tidur

susah tidur selama pandemi COVID-19

Faktor penyebab orang mengigau yang paling sering adalah stres, depresi, kurang tidur, mengantuk berlebih, minum-minuman beralkohol, dan bahkan demam pada siang hari.

Selain itu, mengigau bisa terjadi karena adanya faktor-faktor fisik dan psikologis lainnya. Mengigau juga bisa terjadi sambil berjalan dalam tidur dan apa pun yang berhubungan dengan gangguan tidur lainnya.

Berikut penjelasan mengenai berbagai kemungkinan penyebab mengingau:

1. Gangguan perilaku REM (Rapid Eye Movement)

Anda biasanya bermimpi saat telah memasuki tahapan tidur REM. Tahapan ini bisa Anda alami selama 20-25% total dari tidur setiap malamnya. Pada saat itu, mata bergerak dengan cepat dalam keadaan tertutup, tekanan darah meningkat, jantung berdetak lebih cepat, dan gelombang aktivitas otak hampir sama dengan saat sedang terbangun.

Sebenarnya, tubuh tetap beristirahat pada tahapan tidur ini, sehingga meski sedang bermimpi, Anda tidak akan menggerakkan tubuh atau mengeluarkan suara yang berkaitan dengan mimpi. Akan tetapi, bagi seseorang yang memiliki gangguan perilaku REM saat tidur, kondisi ini bisa saja terjadi.

Ya, penderita gangguan perilaku REM berpotensi menimbulkan suara, seolah sedang berbicara saat sedang tidur. Tak heran, kondisi ini bisa menjadi penyebab Anda mengingau. Meski begitu, ini bukan kondisi yang bisa Anda sepelekan, karena mereka juga bisa bergerak hingga melukai orang tanpa sadar saat bermimpi.

2. Sleep terror sebagai penyebab mengingau

Kondisi yang juga bisa menjadi penyebab mengigau adalah sleep terror. Umumnya, kondisi ini terjadi pada anak-anak, tetapi bukan berarti orang dewasa tak bisa mengalaminya. Saat mengalami sleep terror atau night terror, orang yang mengalaminya seolah sedang dalam keadaan terbangun.

Jika mengalami kondisi ini, Anda bisa saja berteriak, menendang, atau melakukan sesuatu akibat rasa takut. Perasaan tersebut terbentuk dari apa yang Anda lihat dalam mimpi. Namun, kondisi ini juga bisa terjadi saat Anda sedang berhalusinasi.

Hanya saja, orang yang mengalami kondisi ini sering kali tak mengingat apa-apa saat bangun keesokan paginya. Oleh sebab itu, Anda mungkin tidak menyadari bahwa sedang mengalami gangguan tidur yang satu ini.

3. Nocturnal sleep-related eating disorder

Ini mungkin kali pertama Anda mendengar istilah ini, akan tetapi, kondisi ini ternyata bisa menjadi salah satu penyebab mengigau. Kondisi ini terjadi saat Anda bisa mengonsumsi makanan walau sedang tidur. Bahkan, tidak hanya itu, Anda juga bisa memasak dan menyiapkan makanan, dalam kondisi tidur.

Orang lain yang tidak menyadari bahwa Anda sebenarnya sedang tidur sambil memasak, mungkin tidak akan menyadarinya. Alhasil, ada kemungkinan orang tersebut mengajak Anda berbicara. Tentu saja, ada pula kemungkinan Anda memberikan respons yang sesuai.

Oleh sebab itu, pada saat memberikan respons dan melakukan percakapan, Anda sebenarnya sedang mengigau. Mengapa? Pasalnya, Anda sebenarnya sedang dalam keadaan tidur. Hanya saja, salah satu gangguan parasomnia inilah yang membuat Anda bisa makan hingga memasak meski dalam keadaan tidur.

4. Stres sebagai penyebab mengingau

Anda tentu pernah mengalami stres. Nah, kondisi tersebut ternyata juga bisa menjadi penyebab Anda mengigau. Apalagi jika stres membuat Anda kurang tidur hingga mengalami perubahan pola tidur. Hal ini bisa saja terjadi karena otak kesulitan untuk “ikut” tertidur pada malam hari.

Hal ini pada akhirnya mengganggu siklus tidur, membuat otak tetap bekerja saat Anda sedang tertidur. Pada saat itulah, potensi Anda mengigau saat sedang tidur semakin besar.

Untuk mengatasi kondisi ini, Anda perlu mengatasi penyebabnya. Oleh sebab itu, cobalah untuk mengatasi stres yang sedang Anda alami.

5. Penggunaan obat-obatan tertentu

Tahukah Anda ada beberapa jenis obat yang bisa menjadi penyebab Anda mengigau? Ya, ternyata ada beberapa jenis penggunaan obat yang memiliki efek samping tersebut.

Ini artinya, Anda perlu berkonsultasi kepada dokter saat mendapatkan resep obat. Tanyakan kepada dokter apakah ada risiko mengigau saat tidur jika mengonsumsi obat tersebut.

Jika ya, mintalah kepada dokter untuk menyesuaikan dosis obat agar mengigau yang Anda alami tidak semakin parah. Biasanya, tanda-tanda dari kondisi ini bisa terasa saat Anda berbicara sambil mengantuk.

6. Demam sebagai penyebab mengingau

Menurut Sleep Advisor, demam adalah salah satu penyebab paling umum dari mengigau. Ya, Anda bisa saja mengigau saat sedang demam. Pasalnya, saat sedang tidur dalam keadaan demam, tubuh dan otak sebenarnya sedang kelelahan.

Mengapa? Saat demam, tubuh dan otak berusaha keras menghasilkan energi untuk meningkatkan sistem imun. Usaha yang dilakukan tentu lebih keras daripada saat Anda sedang dalam keadaan sehat. Hal ini menyebabkan Anda lebih rentan mengalami tidur sambil berbicara.

7. Penggunaan obat-obatan dan alkohol

Beberapa jenis obat-obatan dan alkohol adalah stimulan dan dapat membuat Anda tetap terjaga meski sedang mengantuk. Alhasil, kebiasaan mengonsumsinya dapat mengubah ritme sirkadian tubuh. Hal ini tentu saja berpotensi mengacaukan pola tidur sehari-hari.

Tubuh akan kelelahan, Anda menjadi kurang tidur, dan risiko mengigau akan semakin tinggi. Oleh sebab itu, mengonsumsi alkohol dan obat-obatan dapat menjadi penyebab mengigau. Untuk mengatasinya, hindari mengonsumsi kedua zat tersebut. Dengan begitu, kesehatan Anda akan meningkat secara menyeluruh.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Sleep Talking. Retrieved 12 April 2021, from https://www.sleepfoundation.org/parasomnias/sleep-talking#:~:text

Talking In Your Sleep? Here’s What That Could Mean. Retrieved 12 April 2021, from https://health.clevelandclinic.org/talking-in-your-sleep-heres-what-that-could-mean/

Why Do People Talk In Their Sleep – How Can You Stop It. Retrieved 12 April 2021, from https://www.sleepadvisor.org/talking-in-your-sleep/

Sleep Talking Overview. Retrieved 12 April 2021, from http://sleepeducation.org/sleep-disorders-by-category/parasomnias/sleep-talking

 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Annisa Hapsari
Tanggal diperbarui 2 hari lalu
x