home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Ini Kriteria dan Tips Memillih Bantal Tidur yang Sehat

Ini Kriteria dan Tips Memillih Bantal Tidur yang Sehat

Umumnya tidur malam sekitar 7-8 jam per hari. Hal ini membuat Anda perlu memperhatikan segala peralatan pendukung tidur, contohnya bantal. Terlihat sepele memang, tapi salah memilih bantal bisa membuat tidur Anda menjadi tidak nyaman. Lantas, seperti apa bantal yang sehat untuk menemani tidur Anda? Berikut kriterianya dan tips memilih bantal yang tepat.

Seperti apa bantal yang sehat untuk tidur?

alasan kenapa harus rutin ganti bantal tidur

Memiliki bantal tidur yang tepat menjadi sangat penting untuk mendapatkan tidur yang nyenyak, berkualitas, nyaman, dan tenang. Sebaliknya, salah dalam memilih bantal bisa menimbulkan banyak masalah kesehatan, apalagi pada orang yang sudah memiliki penyakit tertentu.

Melansir Harvard Health Publishing, sakit leher, kambuhnya gejala sleep apnea, hingga kurang tidur adalah efek buruk dari penggunaan bantal yang tidak tepat. Hal ini yang membuat Anda sangat perlu memperhatikan pilihan bantal untuk tidur.

Di sisi lain, jika Anda tepat dalam memilih bantal, bukan hanya tidur nyaman yang bisa Anda dapatkan. Gejala GERD, seperti heartburn bisa juga Anda cegah kekambuhannya. Begitu juga beberapa masalah pada pernapasan.

Supaya Anda tidak salah menjatuhkan pilihan, Anda perlu tahu kriteria bantal yang sehat untuk tidur. Tidak rumit, bantal yang sehat sebenarnya hanya perlu menyesuaikan preferensi pribadi. Alasannya, bila Anda nyaman menggunakan bantal tertentu, itu artinya bantal tersebut bisa membantu Anda untuk tidur lebih baik.

Preferensi pribadi juga bisa mengarah pada masalah kesehatan yang Anda miliki. Contohnya, orang dengan penyakit GERD tentu memiliki kriteria bantal sehat yang berbeda dengan orang yang sering sakit leher.

Tips memilih bantal yang sehat untuk tidur

tidur tidak pakai bantal

Memilih bantal tidak hanya sekadar mempertimbangkan bentuknya saja, Anda beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, di antaranya:

1. Sesuaikan bantal pilihan dengan posisi tidur Anda

Jika Anda tidur dengan posisi telentang, bantal tidur yang sehat untuk Anda, yakni tidak terlalu keras atau terlalu tinggi. Leher tidak harus naik, tapi cukup disangga, sehingga kepala tetap sejajar dengan punggung bagian atas dan tulang belakang.

Selain itu, cobalah tidur dengan bantal tambahan atau guling di bawah lutut untuk mengurangi tekanan pada punggung bawah.

Posisi tidur tengkurap memang memiliki banyak kekurangan, ketimbang posisi tidur lainnya. Namun pada beberapa kasus, Anda perlu tidur dengan posisi ini. Contohnya, jika Anda punya luka terbuka di punggung.

Nah, bila Anda tidur dengan posisi tengkurap, Anda membutuhkan bantal yang tipis dan lembut. Anda juga harus mencoba tidur dengan bantal di bawah pinggul untuk mencegah nyeri punggung bawah.

Kemudian, pilihan bantal sehat untuk Anda yang suka tidur dengan posisi miring yaitu bantal dapat membentuk leher Anda. Jadi, pastikan bantal yang Anda pilih cukup lentur dan empuk sehingga bisa mengikuti arah miringnya kepala. Anda juga harus menjaga agar kepala cukup tinggi supaya tulang belakang tetap sejajar.

2. Pilih bantal berdasarkan isinya

Selain menyesuaikan posisi tidur favorit Anda, bantal tidur yang sehat juga bisa Anda pilih berdasarkan isinya, yakni:

Busa

Bantal busa sangat baik untuk orang yang memiliki masalah tidur. Bantal ini akan mengurangi ketegangan pada rahang atau leher. Isi bantal dengan menggunakan busa memiliki kepadatan yang pas sehingga nyaman untuk digunakan.

Memory foam (busa memori)

Isi bantal busa memori terbuat dari bahan sejenis busa polyurethane terbuat melalui proses khusus. Bantal busa memori dapat menyesuaikan bentuk tubuh saat Anda bergerak dan dapat kembali berubah ke bentuk awal.

Bentuk bantal ini mampu menyesuaikan kepala Anda dan pergerakannya. Bantal jenis ini juga baik buat Anda yang suka tidur dengan posisi miring atau telentang.

Lateks

Lateks menjadi isi bantal yang sehat untuk tidur karena paling kuat dan tahan terhadap tungau dan jamur. Bantal ini juga dapat membantu mengatasi masalah pada punggung dan leher Anda.

Wol atau katun

Wol atau katun adalah bahan alami yang tahan terhadap tungau dan jamur. Kedua bahan ini cenderung cukup keras. Jadi jika Anda menyukai bantal licin, pengisi ini kurang cocok untuk Anda.

Bulu angsa

Isi bantal dengan bahan ini direkomendasikan sebagai salah satu bantal tidur paling sehat karena membantu Anda tidur lebih nyenyak. Bantal ini juga lembut dan tidak terlalu padat sehingga cocok untuk orang yang suka tidur tengkurap.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Best pillows 2021. (2021, January 26). Retrieved April 30, 2021, from https://www.sleep.org/best-pillows/.

The best PILLOWS of 2021 – Top-Rated Brands. (2021, April 05). Retrieved April 30, 2021, from https://www.sleepfoundation.org/best-pillows.

Publishing, H. (n.d.). Say “good night” to neck pain. Retrieved April 30, 2021, from https://www.health.harvard.edu/pain/say-good-night-to-neck-pain.

Publishing, H. (n.d.). Is your pillow hurting your health? Retrieved April 30, 2021, from https://www.health.harvard.edu/pain/is-your-pillow-hurting-your-health.

Good sleeping posture helps your back. (n.d.). Retrieved April 30, 2021, from https://www.urmc.rochester.edu/encyclopedia/content.aspx?ContentTypeID=1&ContentID=4460.

How to sleep better with gerd & acid reflux. (2020, August 14). Retrieved April 30, 2021, from https://www.sleepfoundation.org/physical-health/gerd-and-sleep.

 

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 17/05/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x