4 Cara Membiasakan Diri untuk Sarapan Setiap Pagi

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Setumpuk kesibukan sehari-hari, kadang membuat Anda mengabaikan sarapan. Sarapan pada dasarnya merupakan sebuah bekal utama Anda untuk mengawali kegiatan hari itu. Banyak orang yang melewatkan sarapan dengan alasan sedang diet, tidak ada waktu, repot memasak pagi-pagi, dan masih banyak alasan lainnya.

Tapi tahukah Anda, sarapan bagi tubuh lebih penting dibandingkan makan siang dan makan malam? Ya, yang perlu Anda lakukan hanyalah membiasakan diri Anda untuk sarapan setiap harinya. Mau tahu bagaimana cara yang mudah? Simak penjelasan di bawah ini.

4 Cara membiasakan diri untuk sarapan rutin setiap hari

1. Ketika sedang berbelanja, sempatkan membeli bahan-bahan untuk sarapan

Kalau Anda pergi berbelanja ke mall atau sekadar ke mini market, cobalah untuk sembari membeli bahan-bahan perlengkapan sarapan. Contoh, bagi Anda yang tinggal sendiri atau nge-kost, tidak mau sarapan yang repot, bisa membeli sereal, oatmeal, susu, atau bahkan roti tawar sebagai persiapan sarapan simpel Anda.

Dengan langkah pertama membiasakan diri untuk sarapan ini, Anda bisa memicu motivasi untuk sarapn dengan mempergunakan semua makanan yang sudah dipersiapkan tersebut, dan pastinya mudah untuk dibuat.

2. Menyiapkan sarapan pada malam hari

Sarapan sering dianggap sebagai kegiatan yang membuang waktu pagi hari Anda. Kalau sudah beranggapan seperti ini, akan sulit membiasakan diri untuk sarapan rutin. Anda sebetulnya tak perlu membuang-buang waktu, karena ini dapat diakali dengan mempersiapkan sarapan di malam hari sebelumnya. Berikut, sebagian contoh sarapan simpel yang bisa Anda buat pada malam hari:

  • Membuat smoothies. Cukup 5 menit saja untuk mempersiapkannya. Awalnya, cuci buah dan sayuran kesukaan Anda, setelah itu haluskan. Setelah siap, Anda bisa menyimpan smoothie tersebut di kulkas, agar lebih segar dan nikmat dikonsumsi pagi esok hari.
  • Salad siap saji. Buat Anda yang tidak mau repot tapi tetap konsumsi sarapan sehat, resep salad satu malam ini bisa Anda buat malam hari. Cuci bersih dan kupas bahan-bahan sayuran dan salad. Tambahkan topping sehat seperti minyak zaitun. Setelah siap, letakkan semalaman di kulkas. Anda bisa langsung menyantap esok pagi harinya.

3. Membawa bekal sarapan

Anda bisa melakukan sarapan di manapun Anda berada, di angkutan umum, di kantor, atau bahkan sambil berjalan. Anda hanya perlu membuat atau membawa bekal yang mudah untuk dibawa dan dimakan di segala tempat. Contohnya, Anda bisa membuat roti lapis atau roti dengan selai coklat yang mudah dilahap. Setidaknya, Anda bisa membiasakan diri untuk sarapan di pagi hari.

4. Jangan makan sebelum tidur, dan bangunlah setengah jam lebih awal

Anda bisa membiasakan diri untuk sarapan jika di malam sebelum tidur Anda tidak makan atau ngemil apapun. Kalau Anda lapar di malam hari menjelang tidur, Anda bisa minum air mineral saja, mengingat lapar di malam hari kebanyakan adalah kondisi lapar palsu. Dengan begitu, pagi hari tubuh akan cenderung lapar untuk membakar energi pada hari tersebut.

Nah, keesokan harinya, pasang alarm setengah jam lebih dari awal dari waktu bangun harian Anda. Ketika bangun, Anda boleh berbaring santai terlebih dahulu selama 15 menit. Kegiatan berbaring saat bangun tidur ini bisa memicu lapar, terlebih jika di malam harinya Anda tidak memberikan asupan berat ke dalam pencernaan.

Setelah itu, 15 menit selanjutnya Anda bisa mempersiapkan sarapan simpel seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Maka, dengan cara ini Anda tidak perlu melewatkan makan pagi, serta bisa mulai membiasakan diri untuk sarapan.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca