Mulai Resolusi Keuangan dengan Melakukan 5 Hal Berikut Ini

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 13 April 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Memasuki tahun 2020, berbagai resolusi di tahun ini untuk memperbaiki diri mulai Anda pertimbangkan. Dengan usia yang semakin matang, Anda tentu sudah harus mulai mengatur keuangan untuk investasi jangka panjang. Bentuk investasi tak hanya barang saja, kesehatan juga harus diutamakan. Salah satu bentuk investasi kesehatan adalah dengan asuransi kesehatan.

Tak hanya untuk kesehatan sendiri, bagi Anda yang sudah berkeluarga, mengelola keuangan untuk menjamin kesehatan perlu direncanakan dengan matang. Untuk itu, berikut beberapa tips agar keuangan Anda tetap stabil dan teratur,

Tips memulai resolusi keuangan

Jika Anda mengalami kesulitan saat mengatur keuangan dan ingin memperbaikinya sebagai resolusi di tahun baru ini, coba lakukan beberapa tips ini.

Catat resolusi keuangan Anda

Tuliskan secara jelas alasan mengapa Anda membuat sebuah resolusi di tahun baru ini. Lalu apa saja langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk meraih tujuan tersebut dan tentu tujuan apa saja yang ingin dicapai.

Tempelkan atau taruh catatan ini di tempat yang kemungkinan besar akan Anda lihat setiap hari. Dengan begini, Anda akan terus teringat untuk mengontrol keuangan.

Beri tahu orang terdekat

Berikan informasi mengenai rencana atau resolusi di tahun baru dalam hal keuangan ini pada keluarga atau teman terdekat. Dengan demikian, mereka jadi paham mengenai situasi keuangan Anda dan bahkan mungkin akan memberikan dukungan secara emosional.

Asuransi kesehatan

Sebagai resolusi keuangan di tahun yang baru, memiliki asuransi kesehatan akan memberikan beberapa keuntungan untuk Anda. Di antaranya:

  • Melakukan kunjungan ke dokter untuk upaya pencegahan terkena suatu penyakit dan mendapatkan perawatan yang dibutuhkan agar tetap sehat serta mencegah penyakit berat.
  • Mendapatkan perawatan sesegera mungkin jika Anda atau anggota keluarga sakit.
  • Jika sedang mengidap sebuah penyakit, Anda dapat terhindar dari terjadinya komplikasi atau kondisi kesehatan menjadi lebih buruk.

Pantau situasi keuangan secara rutin

Jika Anda memiliki hutang dan sedang mencoba menguranginya, pastikan Anda sering memeriksa saldo tabungan. Selain itu, sisihkan waktu beberapa jam setiap minggu untuk mengatur, mengurus, dan mengatasi masalah pada kondisi keuangan.

Mulai dari sekarang

Sebagian besar orang selalu menunda untuk memulai resolusi di tahun baru dan menunggu hingga waktu yang tepat. Padahal, hal tersebut lah yang membuat resolusi kita gagal dan tidak akan bisa berhasil. Usahakan untuk dimulai sesegera mungkin.

Cara konsisten menjalankan resolusi di tahun baru

Terdapat beberapa cara agar resolusi di tahun baru terutama dalam keuangan agar tidak menjadi beban yang menghantui Anda. Antara lain seperti:

  • Tetap realistis. Jangan berharap terlalu tinggi. Pertimbangkan pengalaman Anda sebelumnya jika pernah melakukan resolusi juga. Tetap sesuaikan dengan kenyataan dan kondisi Anda sekarang.
  • Buat jangka waktu. Faktanya, jangka waktu sangat penting untuk motivasi. Anda dapat melihat barometer pencapaian dari jangka waktu ini.
  • Beri penghargaan pada diri sendiri. Saat Anda mencapai sebuah nominal dalam tabungan atau dapat menghemat lebih banyak, hadiahkan diri dengan sesuatu seperti makanan ataupun barang.
  • Jangan menyerah. Perlu diingat bahwa khilaf merupakan bagian dari proses menjalankan resolusi. Tidak masalah, asalkan Anda perlu kembali ke jalur yang benar. Jangan jadikan kesalahan menjadi alasan untuk berhenti dan menyerah mencapai resolusi di tahun baru.
  • Jangan bergantung pada orang lain. Semua pencapaian didapat dari usaha Anda sendiri, bukan orang lain sekalipun keluarga. Orang lain dapat memberikan saran, dukungan, atau pendapat tapi apa yang Anda lakukan lah yang menentukan hasil.

Mengontrol atau mengatur keuangan dapat menjadi resolusi di tahun baru. Dari mulai menyisihkan sebagian pendapatan hingga berinvestasi kesehatan dengan memulai asuransi, merupakan cara yang dapat dilakukan. Agar resolusi dapat berhasil, jangan menyerah dan terus motivasi diri karena semua bergantung pada diri Anda sendiri.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Pentingnya Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental untuk Pebisnis Startup

Menekuni usaha yang sesuai passion adalah impian sejumlah orang. Namun, jangan sampai lupa waktu. Simak cara menjaga kesehatan untuk pebisnis sekarang.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
Asuransi, Hidup Sehat 7 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit

Bagaimana Bekerja sesuai Passion Bisa Bantu Kesehatanmu?

Sedang bersiap mencari nafkah sesuai kegemaran? Ini segudang manfaat kesehatan bagi Anda yang sedang bersiap merintis usaha atau bekerja sesuai passion.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
ilustrasi pemilik kedai kopi yang memilih merintis usaha atau bekerja sesuai passion
Asuransi, Hidup Sehat 7 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit

Bebas dari Cemas, Ini Tips Memilih Asuransi Perlindungan Lengkap

Ingin mencari asuransi yang terbaik untuk melindungi kesehatan? Ini dia cara tepat dalam memilih asuransi yang memberikan proteksi menyeluruh.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Konten Bersponsor
cara memilih asuransi
Asuransi, Hidup Sehat 8 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Apa Pentingnya Memiliki Asuransi Penyakit Kritis?

Mungkin sebagian orang belum tahu menenai asuransi penyakit kritis. Terdapat perbedaan dan keuntungan yang berbeda pula dari asuransi kesehatan umumnya.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
asuransi penyakit kritis
Asuransi, Hidup Sehat 17 Februari 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
asuransi kesehatan untuk freelancer

Tips untuk Freelancer Menjaga Kesehatan dan Memilih Asuransi

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 29 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit
Konten Bersponsor

8 Tips Lari di Luar Ruangan saat Masa New Normal

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 29 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit
Konten Bersponsor
foto orang yang merawat anggota keluarga yang terkena penyakit kronis; saat mengasuh, penting untuk tetap jaga diri saat merawat orang sakit kronis

Tips Jaga Diri Saat Merawat Orang Sakit Kronis di Masa Pandemi

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 13 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit
Konten Bersponsor

5 Masalah Kesehatan yang Mengintai Freelancer dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 7 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit