Pentingnya Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental untuk Pebisnis Startup

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/07/2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Pengusaha bisnis rintisan alias start-up umumnya memulai usaha untuk membuat sebuah produk yang didambakan. Usaha yang sedang dibangun bisa jadi merupakan kegemaran serta sesuai visi-misi sang perintis. Bekerja sesuai passion memang baik untuk kebahagiaan diri. Namun, ada risiko kesehatan apabila tidak memperhatikan kesehatan ketika merintis sebuah usaha. Yuk, simak pentingnya dan cara menjaga kesehatan untuk pebisnis start-up atau lainnya.

Pentingnya menjaga kesehatan untuk pebisnis

Wajar saja jika seseorang ingin bisnis yang baru dirintis agar menjadi sukses. Pebisnis pun kerap meluangkan banyak waktu untuk mengurus usaha yang dirintis. Hal ini dapat memicu keseimbangan kehidupan dan kerja yang buruk. Menurut Mayo Clinic, buruknya keseimbangan antara kehidupan dan pekerjaan dapat memicu masalah kesehatan fisik dan jiwa, seperti:

  • Kelelahan
  • Kesehatan yang memburuk
  • Kehilangan waktu berharga dengan keluarga dan teman

Kelelahan merupakan kondisi saat seseorang terus merasa capai, baik fisik atau pikiran. Kelelahan dapat memicu nyeri pada tubuh dan masalah kesehatan lainnya. Sementara itu, terlalu fokus dengan usaha sehingga mengabaikan kesehatan jelas akan membuat kesehatan menjadi menurun.

Lingkungan pekerjaan yang tidak baik dapat menimbulkan gangguan muskuloskeletal atau masalah kesehatan jiwa, seperti depresi dan gangguan kecemasan. Tak hanya itu, ada peluang Anda dapat melewatkan momen berharga dengan keluarga dan teman. Hal ini dapat membuat hubungan menjadi renggang. Hubungan yang renggang dengan orang terdekat pun tidak baik bagi kesehatan dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga keseimbangan antara menjalankan usaha dan kehidupan. Dengan begitu, Anda dapat meminimalisasi risiko yang tidak diinginkan. Yuk, simak cara menjaga kesehatan untuk pebisnis di poin berikutnya.

Tips menjaga kesehatan fisik dan mental untuk pebisnis

katering sehat

Menggapai mimpi bukan berarti harus mengorbankan kesehatan. Sulit untuk bisa optimal bekerja tanpa didukung kesehatan yang baik. Berikut adalah cara membantu menjaga tubuh dan pikiran tetap sehat:

Pola makan sehat

Pola makan sehat menjaga kesehatan untuk pebisnis dengan cara:

  • Menunjang kesehatan tubuh
  • Membantu stamina dan daya tahan tubuh tetap baik
  • Mendukung konsentrasi tetap bagus dalam menjalani hari

Tips pola makan sehat menurut National Health Security (NHS) adalah:

  • Pilih makanan pokok alias sumber karbohidrat utama yang tinggi akan serat, seperti nasi merah atau roti whole-grain
  • Rajin makan buah dan sayuran
  • Mengutamakan ikan sebagai sumber protein yang kaya akan lemak sehat
  • Perhatikan asupan gula dan lemak jenuh
  • Minum air putih yang cukup
  • Jangan lupa sarapan

Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup merupakan langkah penting menjaga kesehatan untuk pebisnis. Kurang tidur membuat seseorang rentan stres. Istirahatlah secukupnya supaya tubuh dan pikiran siap menjalani hari esok. Saat jam tidur sudah dekat, hindari penggunaan perangkat elektronik. Cahaya biru dari perangkat elektronik membuat tubuh “enggan” merilis hormon melatonin. Sederhananya, melatonin yang dirilis oleh tubuh memiliki kaitan dengan keinginan seseorang untuk segera terlelap.

Gaya hidup aktif

Luangkan waktu sedikitnya 30 menit setiap harinya untuk melakukan aktivitas fisik. Aktivitas fisik sederhana, seperti berjalan mengelilingi lingkungan tempat usaha Anda turut menjaga kesehatan tubuh. Lebih baik lagi jika Anda meluangkan waktu untuk mengolah tubuh.

Olahraga rutin merupakan salah satu cara mengelola stres. Mengelola stres penting karena membantu tubuh bebas dari masalah pencernaan, sakit kepala, kesulitan tidur, mudah marah, dan menurunkan risiko melakukan kebiasaan yang berdampak buruk bagi kesehatan.

Meluangkan waktu untuk diri sendiri dan lingkungan

Meluangkan waktu untuk diri sendiri dan lingkungan merupakan cara menjaga kesehatan mental.

Jangan lupa untuk menghubungi orangtua atau keluarga yang berbeda kota. Tetap jalin komunikasi yang baik dengan teman. Hubungan yang baik dengan teman dan keluarga bisa menjadikan mereka sebagai sebuah support system yang baik apabila Anda perlu ruang untuk bercerita mengenai masalah yang dihadapi.

Meluangkan waktu untuk diri sendiri juga merupakan cara menjaga kesehatan untuk pebisnis. Melakukan aktivitas yang disukai membantu pikiran menjadi bahagia. Ikuti kelas yoga apabila penasaran mengapa orang ramai melakukan hal tersebut untuk relaksasi, baca buku yang tidak kunjung selesai dibaca karena sibuk bekerja, atau ajak keluarga dan teman berlibur. 

Melindungi diri sendiri

Sebuah buku berjudul Care Without Coverage: Too Little, Too Late. menyimpulkan, orang yang tidak memiliki asuransi kesehatan lebih rentan terhadap masalah kesehatan daripada orang yang memiliki asuransi kesehatan. Salah satu penyebabnya adalah orang yang tidak memiliki asuransi cenderung jarang menerima tindakan pencegahan dalam menjaga kesehatannya.

Oleh karena itu, tips penting dalam menjaga kesehatan untuk pebisnis adalah memiliki asuransi kesehatan yang dapat melindungi diri sendiri dari hal yang tidak diinginkan, seperti masalah kesehatan. Asuransi kesehatan yang bermanfaat membantu pikiran Anda tetap fokus dengan usaha rintisan dan berguna ketika mengalami masalah kesehatan.

Asuransi kesehatan pun merupakan investasi yang penting di tengah ketidakpastian dan kondisi new normal saat ini. Ini dikarenakan tekanan yang bertambah bagi perusahaan start up untuk mampu bertahan dan bersaing. Coba mulai melindungi diri dengan asuransi kesehatan yang mudah prosesnya, biaya terjangkau, dan bermanfaat untuk terhindar dari beban finansial saat kondisi kesehatan menurun.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental untuk Melawan Penyakit Kritis

Mental yang sehat mendukung kesehatan tubuh secara fisik. Ketika dilanda penyakit kritis, Anda tetap perlu menjaga kesehatan mental untuk dukung pemulihan.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Konten Bersponsor
tips menjaga kesehatan mental
Hidup Sehat, Tips Sehat 13/07/2020 . Waktu baca 5 menit

Tips Jaga Diri Saat Merawat Orang Sakit Kronis di Masa Pandemi

Ketika sibuk meluangkan waktu untuk mengasuh anggota keluarga, jangan lupa untuk tetap jaga diri saat merawat orang sakit kronis. Simak caranya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
foto orang yang merawat anggota keluarga yang terkena penyakit kronis; saat mengasuh, penting untuk tetap jaga diri saat merawat orang sakit kronis
Hidup Sehat, Tips Sehat 13/07/2020 . Waktu baca 5 menit

5 Masalah Kesehatan yang Mengintai Freelancer dan Cara Mengatasinya

Bekerja sebagai pekerja lepas memang menyenangkan. Namun, ada 5 masalah dan cara menjaga kesehatan sebagai freelancer yang patut diketahui.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
Asuransi, Hidup Sehat 07/07/2020 . Waktu baca 5 menit

Bagaimana Bekerja sesuai Passion Bisa Bantu Kesehatanmu?

Sedang bersiap mencari nafkah sesuai kegemaran? Ini segudang manfaat kesehatan bagi Anda yang sedang bersiap merintis usaha atau bekerja sesuai passion.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
ilustrasi pemilik kedai kopi yang memilih merintis usaha atau bekerja sesuai passion
Asuransi, Hidup Sehat 07/07/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
asuransi kesehatan untuk freelancer

Tips untuk Freelancer Menjaga Kesehatan dan Memilih Asuransi

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 29/07/2020 . Waktu baca 5 menit
Konten Bersponsor
asuransi di masa pandemi

5 Manfaat Punya Asuransi di Masa Pandemi COVID-19

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 29/07/2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor

8 Tips Lari di Luar Ruangan saat Masa New Normal

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 29/07/2020 . Waktu baca 5 menit
Konten Bersponsor
persiapan saat new normal

8 Hal yang Perlu Dipersiapkan Saat Keluar Rumah di Masa New Normal

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 29/07/2020 . Waktu baca 6 menit