5 Manfaat Punya Asuransi di Masa Pandemi COVID-19

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 10 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Di tengah pandemi COVID-19, kehidupan jadi tidak menentu, baik dari sisi kesehatan maupun ekonomi. Namun, segalanya masih dapat diantisipasi dengan mendaftarkan diri ke asuransi. Kulik pentingnya memiliki asuransi di masa pandemi COVID-19.

Manfaat asuransi di masa pandemi COVID-19

Persoalan COVID-19 tidak bisa dianggap remeh. Transmisi virus yang begitu cepat membuat angka penularan juga bertambah dari hari ke hari. Terdapat juga pasien yang tak mampu bertahan melawan virusnya. 

Di samping itu, sektor perekonomian pun lesu. Banyak masyarakat yang terdampak imbas COVID-19. Tak satu pun orang menduga akan pandemi yang cepat meluas dan merambat ke beragam sektor.

Salah satu cara yang bisa dipertimbangkan sebagai antisipasi adalah dengan memiliki asuransi kesehatan. Langkah ini bisa membuat kehidupan Anda lebih terlindungi dari segi kesehatan maupun finansial baik saat ini maupun di masa mendatang. Yuk, kulik apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika memiliki asuransi kesehatan di masa pandemi COVID-19.

1. Jaminan kehidupan yang lebih utuh

asuransi kesehatan

Memiliki asuransi kesehatan di masa pandemi tentunya memberikan jaminan kesehatan. Bagi Anda yang hendak mencari asuransi, jangan lupa untuk memastikan manfaat asuransi yang Anda dapatkan.

Pastikan Anda mendapat perlindungan yang lengkap dengan harga yang terjangkau, seperti manfaat meninggal, manfaat kecelakaan, manfaat penyakit kritis, manfaat rawat inap, serta manfaat investasi. 

Melalui manfaat tersebut, setidaknya kehidupan Anda lebih terjamin secara utuh. Jika terjadi peristiwa yang tak terduga di tengah pandemi ini, kesehatan Anda sudah terlindungi melalui asuransi. Sehingga Anda tak perlu lagi memikirkan biaya tambahan karena biaya telah ditanggung asuransi.

2. Mengurangi beban kecemasan

asuransi di masa pandemi

Di masa pandemi COVID-19, asuransi dibutuhkan untuk mengurangi beban kecemasan. Melihat situasi yang tidak menentu dari sisi kesehatan, bisa saja membuat seseorang kian cemas. Bagaimana jika saya mengalami COVID-19? Lalu, bagaimana nanti biaya perawatannya?

Ada beragam pertanyaan yang mengintai dan menekan pikiran menjadi stres. Belum lagi, ketika tak ada asuransi yang menjamin kesehatan Anda.

Ketika Anda mendaftarkan diri pada jasa asuransi, tentunya mengurangi beban stres yang melanda. Disebutkan dalam penelitian Journal of Development Economics, memiliki asuransi dapat menenangkan pikiran seseorang dan mengurangi stres. Karena asuransi kesehatan dapat memberikan manfaat yang bisa menguntungkan dari segi kesehatan. Jadi, tak ada salahnya mempertimbangkan untuk memiliki asuransi selama masa new normal ini.

3. Bentuk perhatian terhadap diri Anda sendiri

senyum bikin bahagia

Sebelumnya dikatakan bahwa asuransi dapat mengurangi beban stres. Hal ini berkesinambungan dengan kesehatan mental Anda. Memiliki asuransi di masa pandemi COVID-19, menjadi bentuk perhatian yang penting bagi diri Anda sendiri.

Selain melindungi diri dari segi kesehatan fisik, kesehatan mental Anda pun juga terjaga. Mental yang sehat membuat Anda dapat fokus dalam mengerjakan sesuatu dan dapat berpikir lebih jernih. 

Seandainya Anda memiliki hal yang direncanakan, mental yang sehat mendorong kreativitas. Dengan demikian, Anda termotivasi untuk merealisasikan rencana atau impian Anda tersebut.

4. Investasi sederhana untuk masa depan

asuransi di masa pandemi

Mengantongi asuransi di masa pandemi COVID-19 juga menjadi bentuk investasi sederhana bagi masa depan dari sisi kesehatan maupun finansial. Mengulik dari sisi kesehatan, Anda juga bisa mendapatkan jaminan kesehatan dengan manfaat yang ditawarkan perusahaan asuransi kepada nasabahnya.

Sementara itu, dari sisi finansial, memiliki asuransi ibarat memiliki tabungan berjangka. Biasanya, setiap asuransi memiliki kebijakan jangka waktu investasi, sehingga pada akhirnya nasabah bisa memperoleh manfaatnya. 

Tentunya manfaat ini cocok bagi Anda yang memiliki rencana pada masa depan. Maka itu, tak ada salahnya mempertimbangkan mendaftarkan asuransi sekarang ini sebagai langkah antisipasi.

5. Perencanaan keuangan yang lebih baik

asuransi di masa pandemi

Kita tidak bisa memprediksi apa yang terjadi di masa yang akan datang. Seperti sekarang ini, tak ada yang memprediksi ternyata tahun ini seluruh dunia dilanda kondisi yang sama karena kehadiran pandemi COVID-19.

Tak sedikit orang “gelagapan” menanggapi masalah COVID-19, terutama dari sisi finansial. Penting untuk memiliki asuransi sebagai langkah antisipatif untuk bertahan hidup selama masa new normal  dan dalam menghadapi situasi ke depannya.

Setidaknya, Anda memiliki tabungan simpanan cadangan di tengah kondisi yang tidak menentu. Dengan memiliki asuransi di tengah pandemi, Anda dapat memiliki perencanaan keuangan yang lebih baik untuk meneruskan langkah ke depan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Perawatan yang Dibutuhkan Setelah Sembuh dari COVID-19

Setelah dinyatakan sembuh dari COVID-19, banyak pasien membutuhkan perawatan lebih lanjut untuk menangani keluhan post COVID-19 syndrome. Apa pentingnya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Coronavirus, COVID-19 25 November 2020 . Waktu baca 5 menit

Apa Saja Penyebab Orang Tidak Percaya Keberadaan COVID-19?

Luasnya penyebaran COVID-19 di Indonesia terkait dengan banyak faktor, termasuk persoalan sebagian warga yang tidak percaya keberadaan COVID-19.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Coronavirus, COVID-19 25 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Porsi Olahraga Setelah Sembuh dari COVID-19

Olahraga setelah sembuh dari COVID-19 memiliki potensi bahaya. Oleh karena itu harus porsi olahraga harus disesuaikan dengan kondisi.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Coronavirus, COVID-19 24 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Resepsi Pernikahan di Masa Pandemi, Bagaimana Risiko Penularannya?

Mengadakan resepsi pernikahan di tengah pandemi tetap memiliki risiko penularan COVID-19. Lalu bagaimana cara untuk mengurangi risikonya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Coronavirus, COVID-19 24 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

covid-19 lockdown

Karantina Wilayah Karena COVID-19 Terbukti Menyelamatkan Banyak Nyawa

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 30 November 2020 . Waktu baca 4 menit
hamil di masa pandemi

Adakah Pengaruh Pandemi COVID-19 Terhadap Tingkat Bayi Lahir Mati?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 27 November 2020 . Waktu baca 4 menit
penularan covid-19 tanpa gejala

Sebesar Apa Dampak Orang Tanpa Gejala COVID-19 Berpengaruh Terhadap Penularan Wabah?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 26 November 2020 . Waktu baca 3 menit
antibodi covid-19

Berapa Lama Antibodi Pasien COVID-19 Sembuh dapat Bertahan?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 26 November 2020 . Waktu baca 4 menit