Apakah Olahraga Boot Camp Cocok Buat Anda? Cek di Sini!

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 23/03/2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Tertarik mengikuti boot camp? Bagi Anda yang gemar olahraga, kegiatan yang satu ini mungkin patut untuk dicoba. Boot camp sendiri biasanya ditujukan untuk seseorang yang ingin melakukan aktivitas fisik secara intens. Jadi, target Anda dalam berolahraga mungkin akan segera tercapai. Namun, sebelum Anda mendaftar olahraga boot camp, baca dulu artikel ini. Anda akan tahu, apakah jenis olahraga yang satu ini cocok untuk Anda atau tidak.

Apa itu olahraga boot camp?

Istilah boot camp sendiri sebenarnya berawal dari pelatihan militer yang harus dilalui oleh seorang prajurit. Namun tenang saja, Anda tidak perlu membayangkan ada seorang sersan yang akan menyuruh Anda melakukan push-up di lumpur ketika mendaftar olahraga boot camp.

Seperti yang dilansir dari Mayo Clinic, boot camp adalah program pelatihan fisik yang dilakukan dalam satu rentang waktu, dilatih dan diawasi oleh para instruktur dari pusat kebugaran atau personal trainer. Program ini dirancang untuk membangun kekuatan dan kebugaran, serta membantu orang-orang untuk bisa melakukan rutinitas olahraga yang teratur.

Program ini biasanya melakukan pelatihan fisik di luar ruangan dengan atau tanpa alat, namun biasanya akan digunakan alat bantu seperti tali tambang untuk memanjat dan tarik menarik. Beberapa boot camp juga memberikan informasi tentang nutrisi makanan dan menantang peserta olahraga boot camp untuk mengatur makanannya selama menjalankan program ini terutama jika tujuannya memang mengurangi berat badan.

Latihan fisik olahraga boot camp sendiri meliputi lari, loncat, naik turun tangga, push up, sit up, naik turun bukit, beberapa boot camp bahkan menyertakan yoga dan pilates. Di boot camp sendiri olahraga ini dikemas lebih variatif, menarik dan berkelompok. Karena itulah boot camp tidak saja melatih kebugaran, tapi juga menawarkan sesuatu yang menyenangkan dan menciptakan rasa persahabatan di antara para peserta boot camp.

World Health

Apa yang harus Anda perhatikan kalau mau ikut boot camp?

Jika Anda sudah terbiasa dengan olahraga, Anda mungkin sudah memiliki kebugaran prima untuk mengikuti olahraga boot camp. Namun, jika Anda tidak terbiasa dengan olahraga dan mengikuti boot camp, sebaiknya tanyakan dulu, bagaimana program ini akan berjalan supaya Anda bisa menilai, apakah olahraga jenis ini cocok untuk Anda atau tidak.

Jika Anda memiliki usia 40 tahun ke atas, sedang hamil, sudah lama tidak berolahraga untuk beberapa lama, dan memiliki kondisi kesehatan tertentu, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter sebelum memulai kelas boot camp atau program latihan olahraga apapun.

Penting juga untuk memberi tahu instruktur olahraga, jika Anda memiliki masalah kesehatan atau kebutuhan khusus tertentu. Pastikan juga untuk memberi tahu instruktur jika Anda mengalami kesulitan dengan latihan atau olahraga tertentu.

Jika ada gerakan yang baru Anda pelajari di kelas ini, mulailah secara perlahan dan lebih lambat untuk memastikan bahwa cara Anda bergerak sudah  benar. Berhentilah jika Anda merasa sangat lelah, jangan memaksakan diri. Instruktur olahraga terlatih akan memperhatikan bentuk dan teknik yang tepat untuk menyesuaikan latihan untuk Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Olahraga di Luar Rumah Saat Pandemi? Perhatikan Hal-hal Ini

Olahraga yang dilakukan di luar rumah bisa bermanfaat bagi kebugaran dan kesehatan mental. Tapi apakah aman olahraga di luar rumah saat pandemi COVID-19?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Coronavirus, COVID-19 30/06/2020 . Waktu baca 4 menit

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Camilan yang gurih memang menggoda. Namun, sebaiknya mulai ganti camilan Anda dengan kacang almond, terutama untuk penderita hipertensi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hipertensi, Health Centers 25/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Hati-hati Serangan Jantung Saat Bersepeda Terutama untuk Pemula

Bersepeda memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tapi sebaiknya lebih berhati-hati karena bersepeda berlebihan bisa berisiko terkena serangan jantung.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Kebugaran, Hidup Sehat 24/06/2020 . Waktu baca 4 menit

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Selama ini Anda sudah mahir menjaga kebersihan diri atau belum? Ini dia tips-tips supaya tubuh selalu bersih dan bebas dari penyakit.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat bersepeda

Yuk, Ketahui Beragam Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
anak disunat

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 07/07/2020 . Waktu baca 4 menit
gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . Waktu baca 4 menit