5 Manfaat Berkebun Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Masih ingat dengan lagu anak-anak ciptaan Ibu Sud yang berbunyi, “cangkul, cangkul, aku gembira menanam jagung di kebun kita”? Berkebun nyatanya memang bisa membuat hati gembira. Hal ini sudah dibuktikan oleh begitu banyak penelitian medis, lho! Dan tidak cuma itu. Berkebun juga bermanfaat bagi kesehatan fisik Anda. Apa saja manfaat berkebun untuk kesehatan Anda? Cari tahu di artikel ini.

Apa saja manfaat berkebun untuk kesehatan tubuh?

Meskipun tersedia lahan hijau, hal ini jarang dimaksimalkan oleh pemilik rumah dengan berbagai alasan, dari tidak ada waktu, takut serangga, tidak punya bakat untuk berkebun, atau tidak suka tangannya kotor. Padahal, dengan merawat taman sekecil apa pun di rumah, Anda dapat meningkatkan kualitas hidup.

Banyak yang tidak menyadari bahwa berkebun merupakan aktivitas fisik yang memiliki intensitas setara dengan lari di atas treadmil berkecepatan 5 km/jam. Selain mempercantik halaman rumah, dengan menyisihkan beberapa menit sehari untuk merawat tanaman Anda juga telah meningkatkan kesehatan jantung. Berikut lima manfaat berkebun lainnya yang sama baiknya untuk kesehatan Anda.

1. Menurunkan berat badan

Dengan berkebun, tubuh Anda akan bergerak sehingga dapat membakar kalori tubuh. Bila selama ini Anda merasa kesulitan untuk menurunkan berat badan, cobalah untuk berkebun. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Public Health, berkebun dapat menurunkan berat badan hingga lima sampai 7 kilogram. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Westminster University, Inggris, seseorang yang rutin mengurus tanaman di kebun maupun pot memiliki angka BMI (Body Mass Index) yang lebih rendah dibanding mereka yang tidak suka berkebun.

2. Menurunkan risiko penyakit jantung

Meski bukan tergolong aktivitas kardio, berkebun juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Berdasarkan penelitian dalam the British Journal of Sports Medicine, berkebun dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke hingga 30 persen.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Berkebun memang akan membuat tangan Anda kotor. Namun, bakteri yang terdapat di dalam tanah justru dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Dengan begitu Anda tidak akan mudah jatuh sakit dan dapat melawan infeksi dengan lebih mudah. Hal tersebut terungkap dari sebuah penelitian dalam jurnal Science. Penelitian yang dilakukan oleh University of Copenhagen juga menemukan bahwa berkebun dapat mencegah terjadinya alergi.

4. Menjaga kesehatan otak

Berkebun bukan hanya baik untuk fisik, tetapi juga untuk kesehatan otak. Penelitian yang ada dalam Journal of Alzheimer’s Disease, mengatakan bahwa berkebun dapat melindungi kesehatan kognitif, meningkatkan volume otak, dan menurunkan risiko alzheimer hingga 50 persen.

5. Meningkatkan koordinasi dan kekuatan tangan

Kekuatan tangan, fleksibilitas, dan koordinasi, merupakan hal yang penting untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Berkebun merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan kemampuan tersebut.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Juni 26, 2017 | Terakhir Diedit: September 5, 2017

Sumber
Yang juga perlu Anda baca