Ibu Menyusui Berpuasa, Bagaimana Dengan Produksi ASInya?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 19/02/2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Saat bulan Ramadhan tiba, orang Muslim diwajibkan untuk menjalankan puasa, menahan tidak makan dan minum dari terbit fajar sampai tenggelamnya matahari. Banyak Muslim tentu tidak ingin ketinggalan momen setahun sekali ini, termasuk ibu menyusui. Akan tetapi, ketika ibu menyusui saat puasa, bagaimana dengan produksi ASI-nya? Apakah akan berkurang?

Ibu menyusui membutuhkan banyak kalori

Tidak hanya saat hamil, saat menyusui pun ibu masih perlu makan lebih banyak. Hal ini dilakukan untuk menjaga kebutuhan gizi ibu dan bayi tetap tercukupi. Tak heran, banyak orang mengatakan bahwa ibu hamil dan menyusui perlu makan dua kali lebih banyak untuk dirinya dan juga bayinya.

Lalu, bagaimana jika ibu menyusui saat puasa?

Puasa sebenarnya bukan menjadi penghalang ibu untuk tetap mencukupi kebutuhan kalori. Ibu bisa memanfaatkan waktu sahur dan berbuka untuk tetap mencukupi kebutuhan kalori dan nutrisinya. Jadi, dari segi kebutuhan kalori dan nutrisi, ibu masih bisa memenuhinya walaupun sedang berpuasa.

Bagaimana dengan jumlah produksi ASI ibu menyusui saat puasa? Apakah akan berkurang?

Perlu diingat bahwa salah satu hal yang paling memengaruhi jumlah produksi ASI adalah isapan bayi. Semakin banyak dan sering bayi Anda menyusu, semakin banyak pula ASI yang diproduksi oleh tubuh. Jadi, usahakan agar bayi selalu bisa menyusu langsung di payudara ibu dibandingkan memberi bayi ASI dari botol.

Kalori dan nutrisi yang ibu dapatkan dari makanan sebenarnya tidak langsung memengaruhi produksi ASI. Jika kalori serta vitamin dan mineral yang dimakan ibu masih kurang, tubuh akan mengambil vitamin dan mineral yang tersedia dalam tubuh ibu untuk tetap bisa memproduksi ASI dengan komposisi nutrisi yang cukup dan lengkap.

Jadi, sebenarnya kurang asupan vitamin dan mineral yang dimakan ibu tidak memengaruhi produksi ASI, tapi justru merugikan ketersediaan vitamin dan mineral dalam tubuh ibu.

Contohnya, bila ibu kurang mengonsumsi kalsium yang terdapat pada susu, ikan dengan tulang, kacang-kacangan, dan sayuran hijau, maka untuk bisa memproduksi ASI dengan kandungan kalsium cukup, tubuh ibu akan mengambil ketersediaan kalsium dalam tulang. Jadi, kalsium dalam tulang ibu akan berkurang, di mana hal ini akan merugikan kesehatan ibu sendiri.

Perhatikan, jangan sampai mengalami dehidrasi saat puasa

Walaupun menyusui saat puasa tidak akan memengaruhi produksi ASI, jangan sampai Anda mengalami dehidrasi saat puasa, karena hal ini dapat mengurangi produksi ASI.

Dehidrasi pada ibu menyusui bisa terjadi karena kurang mengonsumsi banyak air saat puasa. Oleh karena itu, minum banyak air (minimal 8 gelas/hari) saat berbuka dan sahur sangat dianjurkan bagi ibu menyusui, sehingga dehidrasi bisa dicegah.

Dehidrasi ditandai dengan merasa kehausan, warna urine yang kuning cenderung gelap, pusing atau ingin pingsan, merasa lemas, dan bibir pecah-pecah. Jika Anda merasakan tanda-tanda tersebut saat berpuasa, sebaiknya segera batalkan puasa Anda dengan air putih. Tambahkan sedikit gula dan garam ke air putih sehingga menjadi larutan oralit yang bisa menggantikan elektrolit dalam tubuh yang hilang.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Artikel dari ahli Arinda Veratamala, S.Gz

Zat Besi Sangat Penting Bagi Bayi, Berapa Banyak yang Dibutuhkannya?

Saat bayi menginjak usia 6 bulan, ASI saja sudah tidak bisa mencukupi kebutuhan zat besi bayi. Nah, jika terjadi kekurangan zat besi, apa sih dampaknya?

Ditulis oleh: Arinda Veratamala, S.Gz
kebutuhan zat besi bayi

Makanan Padat Bayi Sebaiknya yang Seperti Apa?

Bayi yang tadinya biasa menerima makanan dalam bentuk cair (ASI), harus belajar menerima makanan padat. Nah, makanan padat bayi sebaiknya yang seperti apa?

Ditulis oleh: Arinda Veratamala, S.Gz
makanan padat untuk aanak

Bayi Baru Belajar Makan, Berapa Banyak Porsi yang Harus Diberikan?

Memberi makanan pertama bayi merupakan tantangan khusus bagi ibu. Salah-salah, asupan gizi bayi bisa kurang. Nah, berapa banyak sebaiknya bayi diberi makan?

Ditulis oleh: Arinda Veratamala, S.Gz
makanan pertama bayi

Yang juga perlu Anda baca

Pentingnya Memenuhi Asupan Nutrisi Si Kecil dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan

Nutrisi di 1000 hari pertama kehidupan si Kecil dapat menentukan kesehatannya di masa depan. Asupan nutrisi untuk anak harus menjadi prioritas utama Anda.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Parenting, Nutrisi Anak 31/03/2020 . Waktu baca 4 menit

Ini Cara Menyusui Bayi Prematur Agar Pertumbuhannya Optimal

Bayi prematur membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak dari bayi yang lahir secara normal. Sebaiknya Anda mengikuti cara menyusui bayi prematur ini!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Bayi, Parenting, Menyusui 06/01/2020 . Waktu baca 7 menit

5 Tips Bagi Ibu Menyusui Agar Liburan Tetap Asyik dan Nyaman

Kegiatan menyusui saat liburan adalah suatu tantangan tersendiri. Berikut sejumlah tips yang akan membuat liburan Anda terasa tetap nyaman walau menyusui.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Bayi, Parenting, Menyusui 30/12/2019 . Waktu baca 4 menit

Pilihan Obat Sakit Kepala yang Aman untuk Ibu Menyusui

Obat sakit kepala untuk ibu menyusui harus aman dan tepat, agar tidak menimbulkan efek samping pada bayi. Lalu, apa saja obat untuk ibu menyusui?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Nyeri Kronis, Health Centers 22/10/2019 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

puasa dan perubahan yang terjadi bagi ibu yang baru setelah melahirkan

4 Kiat Jitu Agar Produksi ASI Tetap Lancar Meski Sedang Berpuasa

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 12/05/2020 . Waktu baca 4 menit
ibu menyusui positif coronavirus

Panduan Aman untuk Ibu Menyusui yang Positif COVID-19

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 21/04/2020 . Waktu baca 6 menit
penyebab gejala diare pada ibu menyusuil

Kupas Tuntas Gejala, Penyebab, dan Perawatan Diare Pada Ibu Menyusui

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 10/04/2020 . Waktu baca 6 menit
makanan yang harus dihindari ibu menyusui saat bayi diare

4 Makanan yang Harus Dihindari Ibu Menyusui Saat Bayi Diare

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 09/04/2020 . Waktu baca 6 menit