Tak Hanya Melepas Dahaga, Ini 4 Kebaikan Buah Blewah bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 25/04/2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Manfaat buah blewah selain untuk bahan minuman berbuka puasa pada bulan Ramadan, ternyata juga mengadung nutrisi dan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Buah yang dagingnya berwarna oranye dengan bentuk luar yang mirip labu ini, mempunyai nama latin yaitu cucumis melo var cantalupensis.

Blewah mudah didapatkan di pasar tradisional di negara-negara Asia Tenggara, contohnya Indonesia dan Malaysia. Mau tahu apa saja manfaat buah blewah selain sajian dan rasanya yang menyegarkan? Simak penjelasannya di bawah ini.

Nutrisi dan manfaat buah blewah untuk kesehatan

Buah blewah atau bisa juga disebut cantaloupe, mempunyai beragam nutrisi, gizi, serta digadang-gadang baik untuk yang menjalankan diet rendah kalori. Beberapa kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat pada buah blewah antara lain adalah sumber serat, zat antioksidan, zat beta karoten, potasium, magnesium, sumber vitamin A, vitamin B dan sumber vitamin C yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh.

Berikut ini merupakan manfaat buah blewah yang baik untuk tubuh Anda:

1. Baik untuk kesehatan kulit

Biasanya buah-buahan yang berwarna oranye seperti wortel, ubi jalar, labu dan tentu saja blewah, merupakan sumber karotenoid (pigmen organik tumbuhan) tinggi yang bisa mengurangi risiko kanker kulit.

Karotenoid juga berguna untuk menghilangkan rasa sakit dan kerusakan yang terkait dengan sengatan matahari. Pigmen karotenoid juga dapat mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit termasuk garis-garis halus, perubahan warna, dan keriput. Jadi dengan makan buah blewah secara rutin, dapat menjadikan wajah dan kulit tetap awet muda.

2. Melancarkan pencernaan

Buah blewah adalah buah yang sangat menghidrasi tubuh karena kandungan airnya yang melimpah. Blewah cukup baik bagi pencernaan karena bermanfaat untuk mendetoksifikasi tubuh, membuang racun, dan membantu usus mencerna makanan dengan baik. Setelah itu, manfaat buah blewah juga dapat membantu zat karbohidrat yang sulit dicerna, yang bisa memicu gejala Irritable Bowel Syndrome (IBS) dan gangguan pencernaan lainnya

3. Rendah kalori dan baik untuk asupan diet

Pada kandungan 100 gram buah blewah, nyatanya hanya mengandung hanya 60 kalori.  Sedangkan kandungan air dan nutrisi pada manfaat blewah bagus untuk menurunkan bobot tubuh Anda. Karena buah blewah memiliki kepadatan tekstur daging dan mengandung nutrisi penting lainnya.

Lalu ketika Anda ingin melakukan diet rendah kalori, buah blewah bisa menjadi pilihan tepat jika ditakar dengan jumlah kalorinya yang rendah namun manfaat kesehatannya tinggi secara keseluruhan. Karena biasanya untuk mereka yang sedang mengikuti diet rendah kalori, terkadang dapat mengalami kekurangan nutrisi, menyebabkan siklus pencernaan yang buruk, kekebalan tubuh rendah, serta tubuh jadi gampang lemah.

Dengan makan atau menambahkan buah blewah ke makanan, diharapkan dapat membantu menyeimbangkan risiko tersebut dan memastikan tubuh memperoleh banyak vitamin dan mineral dalam proses menurunkan berat badan.

4. Mencegah kanker

Seperti yang telah disinggung di atas, buah blewah mengandung sumber antioksidan yang banyak seperti flavonoid seperti beta karoten, lutein, zea-xanthin dan cryptoxanthin. Para zat antioksidan tersebut, berperan melindungi tubuh serta sel dan struktur tubuh lainnya dari kerusakan tekanan DNA. Banyak penelitian yang juga telah menunjukkan bahwa buah blewah bermanfaat untuk mencegah kanker pada seluruh bagian tubuh karena kandungan antioksidannya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Banyak gejala penyakit yang sering kali kita abaikan karena terkesan remeh. Padahal, jika dibiarkan justru efeknya bisa fatal.

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 03/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Camilan yang gurih memang menggoda. Namun, sebaiknya mulai ganti camilan Anda dengan kacang almond, terutama untuk penderita hipertensi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hipertensi, Health Centers 25/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Selama ini Anda sudah mahir menjaga kebersihan diri atau belum? Ini dia tips-tips supaya tubuh selalu bersih dan bebas dari penyakit.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . Waktu baca 5 menit

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Kadar kolesterol tinggi bisa menghantui siapa pun. Pelajari sekarang juga apa itu kolesterol dan semua pertanyaan seputar kolesterol yang sering diajukan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 22/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat bersepeda

Yuk, Ketahui Beragam Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
penyebab cantengan; kuku cantengan

Mengapa Kuku Bisa Cantengan dan Bagaimana Mengobatinya?

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 5 menit
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
anak disunat

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 07/07/2020 . Waktu baca 4 menit