5 Cara Alami untuk Mempercepat Gigi Goyang Lepas

5 Cara Alami untuk Mempercepat Gigi Goyang Lepas

Gigi goyang sering kali membuat proses mengunyah bahkan berbicara menjadi tidak nyaman. Namun, alih-alih membawa ke dokter, tidak sedikit yang mencoba cara tersendiri agar gigi goyang cepat lepas secara alami.

Akan tetapi, perlu diingat sebelumnya bahwa cara ini mungkin hanya berhasil pada gigi susu anak-anak. Pasalnya, gigi goyang orang dewasa mungkin diakibatkan oleh masalah yang lebih serius sehingga perlu dilakukan penanganan secara medis.

Cara agar gigi goyang cepat lepas secara alami

waktu memakai benang gigi

Selain mengganggu, tidak jarang gigi yang goyang juga menimbulkan rasa sakit. Jadi, mau tidak mau Anda harus melepasnya.

Jika gigi sudah benar-benar goyang, beberapa cara berikut mungkin bisa mempercepat proses melepasnya

1. Pakai benang gigi

Apakah Anda kerap melihat orang tua menggunakan benang untuk melepas gigi anaknya? Dikutip dari laman Dentaly, cara ini memang bisa digunakan jika gigi anak sudah sangat goyang.

Anda hanya perlu melingkarkan benang ke gigi yang goyang. Dengan tarikan sedikit saja, gigi tersebut akan terlepas tanpa sakit.

Jangan lupa untuk menarik benang dengan cepat biar gigi goyang cepat lepas. Namun, kangan memaksa menarik terlalu keras karena ini justru bisa membahayakan.

2. Goyangkan gigi

Tekanan pada gigi akan membuat gigi yang sudah goyang bisa lepas secara alami. Cara yang paling mudah yaitu memberi tekanan dengan lidah Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan jari tangan untuk memberikan tekanan yang lebih keras. Namun, pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih untuk mencegah infeksi bakteri di dalam mulut.

3. Gunakan sikat gigi

Pemilihan sikat gigi juga dapat membantu gigi goyang biar cepat lepas. Caranya, gerakkan sikat gigi ke atas dan ke bawah pada area gigi yang sudah goyang.

Pastikan untuk menggosok ke setiap sisi sehingga gigi dapat tercabut dari akarnya. Akan tetapi, jangan melakukannya terlalu keras karena ini bisa melukai gigi.

4. Pakai kasa biar gigi goyang cepat lepas

Alih-alih mencabut gigi yang goyang langsung dengan tangan, cobalah untuk menggunakan kasa steril.

Caranya, tempelkan kasa ke gigi, lalu goyang-goyangkan perlahan sampai gigi terlepas. Jangan memaksa melepas gigi jika gigi masih menempel kuat.

5. Mengunyah makanan bertekstur keras

Mengunyah makanan bertekstur keras juga bisa menjadi cara agar gigi goyang cepat lepas secara alami.

Alih-alih menggigit es batu, Anda bisa mengunyah apel, pir, atau wortel. Dengan cara ini, gigi goyang bisa lepas tanpa menyebabkan sakit gigi.

Saat melakukan ini, pastikan bahwa gigi yang terlepas tidak ikut tertelan.

Apa risiko memakai cara alami biar gigi goyang cepat lepas?

gigi patah

Alih-alih mengembalikan kenyamanan Anda saat makan, mencoba melepas sendiri gigi yang sudah goyang ternyata justru membahayakan kesehatan gigi dan mulut Anda.

Berikut beberapa risiko kesehatan yang mungkin terjadi jika Anda mencabut gigi sendiri.

1. Infeksi

Mencabut gigi umumnya akan meninggalkan luka terbuka di dalam mulut. Saat mencabut sendiri gigi di rumah, Anda mungkin tidak mengetahui cara yang aman untuk menutupnya.

Sama halnya dengan luka di bagian tubuh lain, membiarkannya terbuka hanya akan meningkatkan risiko infeksi yang berbahaya.

2. Kerusakan gigi

Terdapat alasan kuat mengapa gigi permanen tidak boleh dicabut sendiri di rumah meski sudah goyang. Pasalnya, gigi ini memiliki akar kuat yang mencapai tulang rahang dan terhubung ke saraf sensitif.

Mencabut gigi orang dewasa dengan cara yang tidak tepat justru bisa menimbulkan kerusakan gigi yang lebih parah dan berdampak panjang.

Jika terjadi, cara ini justru akan membuat Anda mengeluarkan lebih banyak biaya pengobatan.

3. Gigi patah

Saat Anda melihat gigi yang goyang sudah terlepas, ini tidak selalu berarti Anda benar-benar berhasil mencabutnya. Gigi mungkin patah dan masih ada potongan gigi yang tertinggal.

Sering kali, cara ini tidak mampu mencabut gigi sampai pada akarnya. Kondisi ini juga bisa terjadi pada gigi susu anak-anak.

Cara aman biar gigi goyang cepat lepas

Sampai saat ini, cara terbaik menangani gigi goyang adalah dengan membawanya ke dokter. Apalagi jika gigi tersebut merupakan gigi permanen.

Bukan tanpa alasan mengapa gigi orang dewasa dinamakan gigi permanen. Gigi satu ini memang dibiarkan tumbuh tanpa ada gigi yang bisa menggantinya.

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa beberapa kondisi seperti kecelakaan, kebiasaan makan dan minum, osteoporosis, hingga kehamilan bisa membuat gigi permanen goyang.

Dokter Anda mungkin akan menyarankankan tindakan medis berupa pencabutan gigi, operasi gigi, penambalan gigi, dan beberapa metode lain yang disesuaikan dengan kondisi gigi Anda.

Selain pengobatan, tentu akan lebih baik jika Anda melakukan pencegahan supaya gigi tidak mudah goyang dengan beberapa cara berikut.

  • Menjaga kebersihan gigi dengan gosok gigi dua kali sehari.
  • Rutin periksa ke dokter gigi.
  • Menggunakan pengaman mulut saat olahraga.
  • Kurangi makan makanan manis dan bertekstur keras.

Tips supaya gigi goyang cepat lepas

  • Gunakan kasa atau benang gigi untuk menariknya.
  • Goyangkan gigi dengan lidah atau jari tangan.
  • Konsultasikan pada dokter supaya mendapatkan perawatan yang tepat.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa

General Practitioner · Klinik Chika Medika


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 11/11/2022

Iklan
Iklan
Iklan
Iklan