Kenali Sirtfood Diet yang Bikin Berat Badan Adele Turun

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: | Oleh

Tanggal update Mei 12, 2020
Bagikan sekarang

Pada pengujung tahun 2019, masyarakat dunia dihebohkan dengan beredarnya foto pelantun Someone Like You, Adele yang terlihat jauh lebih langsing. Kabar tersebut akhirnya dikonfirmasi bahwa Adele tengah menjalani program diet bernama sirtfood diet. Apa itu?

Apa itu sirtfood diet?

efek samping jus seledri

Seiring dengan berjalannya waktu, program diet semakin bervariasi, mulai dari diet keto hingga diet mayo. Salah satu diet yang baru-baru ini mencuri perhatian masyarakat adalah sirtfood diet yang ternyata sedang dilakukan oleh penyanyi terkenal asal Inggris, Adele.

Sirtfood diet adalah pola makan yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas sirtuins di dalam tubuh. Sirtuins merupakan protein khusus yang menawarkan segudang manfaat, seperti melawan radikal bebas hingga bersifat anti-penuaan

Umumnya, orang yang menjalani diet ini akan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung senyawa tumbuhan alami atau disebut ‘sirtfoods’. Berikut ini ada beberapa pilihan makanan yang dijuluki sebagai ‘sirtfoods’ dilansir dari jurnal Oxidative Medicine and Cellular Longevity

  • kurma 
  • anggur merah (wine)
  • stroberi 
  • cokelat hitam
  • teh hijau (matcha)
  • kopi
  • minyak zaitun

extra virgin olive oil

Selain konsumsi beberapa makanan di atas, sirtfood diet juga memberlakukan pembatasan kalori agar kadar sirtuin meningkat. 

Orang yang menciptakan program diet ini mengakui bahwa pola makan kombinasi seperti itu dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Selain itu, massa otot juga dapat dipertahankan sambil melindungi tubuh dari penyakit kronis.

Apabila program ini sudah selesai, Anda direkomendasikan untuk tetap mengonsumsi sirtfoods ke dalam pola makan biasa. 

Program menjalani sirtfood diet

Pada dasarnya sirtfood diet mempunyai dua fase untuk periode tiga minggu. Kemudian, Anda baru bisa mengonsumsi makanan dengan menambahkan sirtfoods setiap kali makan.

Biasanya sebagian besar bahan makanan untuk diet ini tidak sulit untuk ditemukan, sehingga Anda lebih mudah menjalaninya. 

Walaupun demikian, diet ini mencakup lebih banyak matcha, lovage (tanaman herbal), dan soba yang mungkin sulit ditemukan. Sementara itu, Anda juga akan lebih sering mengonsumsi jus hijau yang dibuat sendiri setidaknya satu hingga tiga kali dalam sehari.

Fase pertama

kebutuhan kalori per hari pria

Normalnya, fase pertama sirtfood diet akan berlangsung selama tujuh hari. Tubuh akan mulai dicoba untuk terbiasa dalam batasan kalori yang ditentukan dan tentu saja lebih banyak jus hijau. 

Fase ini bertujuan agar berat badan dapat turun dan disebut-sebut dapat membantu tubuh menurunkan berat badan hingga 3,2 kg dalam tujuh hari. 

Hal ini dikarenakan selama tiga hari dalam fase pertama, asupan kalori akan dibatasi hingga 1.000 kalori dalam satu hari. Kemudian, Anda akan minum jus hijau satu kali sehari ditambah satu kali makan. 

Diet ini juga mewajibkan Anda untuk memasukkan unsur sirtfoods sebagai bagian utama makanan. Mulai dari tahu miso hingga tumis udang dengan mie soba. Setelah 4-7 hari berlalu, asupan kalori akan meningkat hingga 1.500 dalam satu hari. Asupan tersebut termasuk dua jus hijau per hari serta sirtfoods.

Fase kedua

Fase sirtfood diet yang berlangsung selama 14 hari ini mungkin lebih tepatnya disebut sebagai fase pengawasan. Maksudnya, Anda akan terus menurunkan berat badan tanpa perlu batasan kalori yang spesifik. 

Namun, Anda akan makan sirtfoods tiga kali dalam satu hari dan satu jus hijau. Biasanya, orang yang menjalani diet ini akan memilih resep makanan yang sudah ada dalam buku sirtfood diet

Setelah diet 

Setelah kedua fase di atas berhasil dilewati, Anda bisa melanjutkan diet tersebut dengan terus mengonsumsi sirtfoods dan minum jus hijau setiap hari. Bahkan, kedua fase tersebut bisa diulang kembali sesuai dengan keinginan Anda untuk menurunkan berat badan. 

Dengan demikian, sirtfood diet dapat mengubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat karena itu adalah tujuan berjangka panjang yang diinginkan pencipta diet ini. 

Efek samping sirtfood diet

lapar terus karena kebiasaan buruk

Bagi Anda yang baru pertama kali menjalani program diet mungkin melihat sirtfood diet sangat rendah kalori dan tidak mendapatkan asupan zat gizi yang lengkap.

Namun, sampai saat ini belum ada laporan terkait efek samping yang serius bagi orang dewasa sehat yang mengikuti diet ini. Kondisi ini mungkin terjadi karena durasi diet yang cukup singkat. 

Sementara itu, diet ini mungkin tidak dianjurkan bagi penyandang diabetes. Dengan adanya pembatasan kalori dan terlalu banyak minum jus pada fase pertama dapat mengubah kadar gula darah dengan cepat. Perubahan glukosa darah yang drastis bisa berdampak buruk pada penyandang diabetes. 

Selain itu, bagi orang dewasa yang sehat pun tidak menutup kemungkinan mengalami beberapa efek samping, seperti kelaparan.

Pasalnya, makan dengan asupan 1.000-1.500 kalori per hari tentu membuat hampir semua orang akan merasa kelaparan. Terlebih lagi yang dikonsumsi adalah jus dan makanan rendah serat. 

Maka dari itu, fase pertama sirtfood diet sangat mungkin menimbulkan beberapa efek samping, seperti rasa lelah, sakit kelapa, dan cepat marah karena merasa lapar

Apakah sirtfood diet efektif?

pompa perut

Kebanyakan orang mungkin merasa skeptis dengan sirtfood diet ini karena masih membolehkan mereka makan cokelat dan wine. Namun, hasil dari program ini cukup terlihat pada Adele yang berhasil menurunkan berat badan hampir 22 kg. 

Walaupun demikian, beberapa ahli masih mempertanyakan efektivitas dari program diet ini. Menurut Monica Reinagel MS, LDN, seorang ahli gizi berlisensi di Maryland kepada Food & Nutrition, ragu terhadap hasil dari diet yang dinilai cukup ekstrem ini. 

Ia mengungkapkan ada beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam diet ini. Pertama, hasil dari diet ini belum benar-benar terbukti secara ilmiah. Penelitian terkait sirtuins memang cukup menjanjikan, tetapi masih banyak hal yang perlu dipelajari tentang senyawa protein ini.

berat badan naik karena obat

Selain itu, pola makan ini dirancang agar tubuh orang yang menjalani mengalami penurunan berat badan besar-besaran dalam waktu yang singkat. Hal ini yang membuat sirtfood diet terbilang ekstrem karena hasilnya yang terbilang cepat dan berdampak cukup besar. 

Oleh karena itu, sebelum menjalani program diet apa pun, termasuk sirtfood diet sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi. Hal ini bertujuan agar Anda mengetahui kondisi tubuh memungkinkan untuk mengikuti aturan diet atau tidak.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Manfaat Masak Sendiri bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Saat mengakhiri hari yang sibuk, makan di luar rasanya menjadi pilihan tercepat dan mudah, padahal masak makanan sendiri punya banyak manfaat lho.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh Ulfa Rahayu
Hidup Sehat, Fakta Unik Mei 3, 2020

Tak Cemas Berat Badan Naik, Ini Pilihan Camilan Selama di Rumah Saja

Takut naik berat badan karena kerja sambil ngemil? Coba beberapa camilan tepat dan sehat ini sebagai teman ngemil saat Anda bekerja!

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh Maria Amanda
Coronavirus, COVID-19 April 30, 2020

Panduan Berpuasa Bagi Penderita Maag

Makan sekaligus dalam porsi besar baik saat berbuka maupun sahur, justru bisa memicu serangan maag kambuh. Simak berbagai tips berpuasa untuk penderita maag.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh dr. Angga Maulana
Hari Raya, Ramadan April 30, 2020

Perlukah Memilih Makanan yang Rendah IG Meski Tak Terkena Diabetes?

Makanan rendah indeks glikemik (IG) bisa dikonsumsi para diabetesi ataupun yang bukan, karena memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh keseluruhan.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh Maria Amanda
Nutrisi, Hidup Sehat April 24, 2020

Direkomendasikan untuk Anda

3 Rumus Menjalani Lebaran Sehat

3 Rumus Menjalani Lebaran Sehat

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh dr. Maizan Khairun Nissa
Tanggal tayang Mei 21, 2020
3 Resep Menu Makan Sahur untuk Diet Keto Tanpa Ribet

3 Resep Menu Makan Sahur untuk Diet Keto Tanpa Ribet

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Risky Candra Swari
Tanggal tayang Mei 16, 2020
Kenapa Kita Mudah Marah Saat Sedang Lapar?

Kenapa Kita Mudah Marah Saat Sedang Lapar?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Ajeng Quamila
Tanggal tayang Mei 10, 2020
Didi Kempot Tutup Usia Diduga Kelelahan, Bagaimana Hingga Jadi Fatal?

Didi Kempot Tutup Usia Diduga Kelelahan, Bagaimana Hingga Jadi Fatal?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Nabila Azmi
Tanggal tayang Mei 5, 2020