Semua orang seperti nyamengikuti beberapa peraturan diet saat ingin menurunkan beberapa kilogram berat badan. Ternyata ada beberapa peraturan diet yang dibuat untuk dilanggar!

Anda mungkin pernah mendengar beberapa aturan yang aneh, atau bahkan pernah mengikutinya. Mari kita lihat beberapa peraturan diet yang umum didengar dan lihat apakah aturan tersebut ada benarnya. Aturan diet yang umum kita temui juga tidak membantu Anda mengurangi berat badan maupun mempermudah diet.

Berikut adalah 8 aturan makanan yang tidak perlu Anda hiraukan:

“Makan di malam hari akan menambah berat badan Anda”

Apabila Anda menggemuk, ini disebabkan oleh total kalori harian yang dikonsumsi dalam jangka waktu lebih dari seminggu. Kapan Anda makan tidak memiliki pengaruh dibandingkan dengan apa yang Anda makan dan berapa banyak porsinya, bila dibandingkan dengan tingkat aktivitas Anda.

“Biasakan makan sedikit-sedikit, 5 kali sehari”

Pendekatan terbaik adalah makan saat Anda merasa lapar, bukan saat ‘waktunya’ makan. Metabolisme orang berbeda satu dengan lainnya dan tidak ada aturan ketat yang dapat diikuti. Apabila Anda tidak begitu aktif maka makan sebanyak 5 kali sehari merupakan hal yang salah, karena hal ini akan meningkatkan tingkat insulin yang dapat menyebabkan tubuh masuk ke keadaan menyimpan lemak bukan membakar lemak.

“Lemak membuat Anda merasa kenyang lebih lama, jadi Anda akan makan lebih sedikit”

Aturan ini ada karena kenyataannya lemak lebih lama dicerna, namun hal ini tidak dapat membantu Anda mengontrol nafsu makan. Makanan yang mengandung protein cenderung lebih baik untuk menahan rasa lapar.

“Saat diet Anda hari ini gagal, mulai lagi saja besok”

Sebaiknya justru langsung perbaiki di jam makan berikutnya. Tak perlu menunggu besok.

“Tidak sopan untuk menolak makanan saat pesta atau saat berkunjung”

Cara pikir seperti ini sangat ketinggalan zaman. Sekarang ini menolak makanan yang tidak sehat atau yang mempersulit tujuan menurunkan berat badan merupakan alasan yang sangat dapat diterima. Orang-orang justru akan cenderung memuji Anda.

“Sesekali tidak makan, dapat membantu Anda menurunkan berat badan”

Melewati waktu makan artinya membuat Anda lebih lapar pada waktu makan berikutnya. Hal ini menyebabkan Anda cenderung makan berlebihan, ini juga dapat mempengaruhi metabolisme menjadi lebih lambat.

“Lemak itu menggemukkan”

Lemak adalah bagian penting dari pola makan Anda dan mengandung vitamin-vitamin esensial dan gizi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan. Terlebih lagi, beberapa lemak baik justru menonaktifkan gen penyimpan lemak dan mengaktifkan gen pembakar lemak.

“Semua kalori sama saja”

Sayangnya, para ahli telah membuktikan bahwa pernyataan ini salah. Kita harus memindahkan fokus dari kalori ke kepadatan gizi. Makanan yang berbeda mempengaruhi tubuh dengan cara yang berbeda pula, tergantung dari kandungan gizi yang ada, atau kurangnya kandungan gizi yang dikonsumsi dengan kalori tersebut.

Pada akhirnya, ahli gizi akan berkata, banyak aturan makan dan diet yang kita jalani dibuat untuk dilanggar. Hanya satu aturan yang kita harus coba terapkan. Yaitu untuk selalu ‘makan makanan yang benar’ dan menghindari makanan yang diproses. Tubuh Anda akan mengatur berat badan di kisaran yang sehat secara otomatis apabila tidak terkontaminasi terlalu banyak racun dan bahan kimia.

Phil Kelly Diet & Fitness
    Selengkapnya