Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Catat! Begini Cara Minum Pil KB untuk Memancing Haid

Catat! Begini Cara Minum Pil KB untuk Memancing Haid

Sebagian besar dari Anda pasti sudah tahu kalau pil KB merupakan salah satu alat kontrasepsi yang sering digunakan untuk mencegah kehamilan. Namun, selain sebagai alat kontrasepsi, minum pil KB juga bisa menjadi salah satu cara untuk memancing haid loh. Agar dapat memahami fakta ini lebih jelas, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Apakah benar pil KB bisa melancarkan haid?

Umumnya, siklus menstruasi yang normal berlangsung setiap 21 – 35 hari sekali. Namun, beberapa dari Anda mungkin ada yang berharap-harap cemas menanti datangnya tamu tiap bulan ini karena siklus haid yang tidak teratur.

Pada kondisi ini, penting bagi Anda untuk memeriksakan diri ke dokter guna mengetahui penyebab medis yang mendasarinya.

Meski begitu, ada banyak masalah menstruasi yang dapat diatasi dengan obat hormonal seperti pil KB.

Mengutip situs Reproductive Facts, pil KB bisa digunakan untuk melancarkan siklus haid yang tidak teratur atau tak terduga yang terjadi setiap bulan.

Pasalnya, pil KB mengandung hormon yang mirip progesteron yang berperan dalam siklus menstruasi wanita setiap bulannya.

Progesteron bekerja dengan cara menebalkan dinding rahim (endometrium) dan mencegah pertumbuhan berlebih dari lapisan rahim yang dapat menyebabkan perdarahan hebat sehingga memicu kanker.

Oleh karena itu, pil KB dapat membantu mengatur siklus menstruasi dan melindungi lapisan rahim dari pra-kanker atau kanker.

Bagaimana cara memancing haid dengan pil KB?

infeksi jamur vagina efek samping pil kb

Ada dua jenis utama pil KB, yakni kontrasepsi oral kombinasi (COC) dan POP atau disebut dengan pil mini. Kedua jenis pil KB ini mengandung analog sintetik dari hormon seks wanita.

COC memiliki estrogen sintetik dan bentuk sintetis progesteron (progestogen), sedangkan POP hanya mengandung progestogen.

Dalam situs Flo Health, jika Anda berencana untuk memancing haid karena mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur, dokter mungkin akan merekomendasikan pil kombinasi (COC).

Minum pil KB kombinasi yang mengandung estrogen dan progestin diyakini menjadi salah satu cara paling efektif untuk memancing dan mempercepat datangnya haid.

Di bawah ini adalah cara minum pil KB untuk memancing haid haid sesuai dengan varian paketnya. Konsultasikan dengan dokter untuk varian yang tepat sesuai kondisi Anda.

1. Pil KB kombinasi paket 28 hari

Minumlah satu pil setiap hari selama 28 hari (empat minggu) berturut-turut, lalu mulai paket baru pada hari ke-29. Pil terakhir dalam paket pil kombinasi 28 hari tidak mengandung hormon, maka sering kali disebut pil “pengingat” atau “plasebo”.

Pil ini membantu mengingatkan Anda untuk minum obat setiap hari dan memulai paket berikutnya tepat waktu. Sebagian besar paket obat pelancar haid ini memiliki pil bebas hormon selama tujuh hari.

Anda akan mendapatkan menstruasi selama seminggu meminum pil pengingat ini. Namun, ada pula yang sengaja untuk berhenti minum pil KB lebih awal sebagai salah satu cara agar haidnya datang lebih cepat.

Kendati begitu, pastikan untuk minum obat sesuai dengan petunjuk dokter. Saat minum pil KB, usahakan untuk meminumnya pada waktu yang sama agar efeknya lebih maksimal.

2. Pil KB kombinasi paket 21 hari

Minum satu pil aktif setiap hari selama 21 hari (tiga minggu) berturut-turut. Perlu diingat, jangan minum pil apa pun setelahnya selama tujuh hari (minggu ke-4).

Anda akan mendapatkan menstruasi selama minggu keempat saat tidak minum pil apa pun. Penting untuk meminum setiap pil dalam kemasan 21 hari karena tidak ada pil pengingat (bebas hormon).

Mulai paket berikutnya setelah tidak minum pil selama tujuh hari. Nah, Anda mungkin akan membutuhkan alarm atau pengingat untuk membantu Anda tetap berada di jalur pengobatan ini.

3. Pil KB kombinasi paket 91 hari

Beberapa pil KB kombinasi tersedia dalam kemasan atau paket 12 minggu (tiga bulan) berturut-turut yang diikuti dengan satu minggu pil pengingat bebas hormon.

Hal ini bertujuan agar Anda hanya mengalami menstruasi setiap tiga bulan sekali. Hormon akan mencegah kehamilan bahkan jika Anda berhubungan seks selama meminum pil pengingat.

Manfaat lain minum pil KB

Selain sebagai salah satu cara untuk mengatasi haid yang tidak teratur dan mencegah kehamilan, manfaat lain minum pil KB, yaitu dapat membantu dalam mengendalikan masalah kesehatan berikut ini.

  • Perdarahan menstruasi yang berlebihan (menoragia).
  • Sakit kepala migrain.
  • Kram menstruasi yang sering dan menyakitkan (dismenore).
  • Jerawat.
  • Sindrom pramenstruasi (PMS).

Kontrasepsi hormonal juga membantu dalam mengobati gangguan ginekologi tertentu yang menyebabkan nyeri haid dan perdarahan hebat, termasuk:

  • sindrom ovarium polikistik (PCOS) dan
  • endometriosis.

Berdasarkan data yang diperoleh, wanita yang menggunakan pil KB ditemukan memiliki lebih sedikit kasus anemia (sel darah merah rendah), kanker ovarium, dan kanker rahim.

Efek menguntungkan ini terjadi karena pil KB bekerja dengan cara mencegah ovulasi serta mengurangi jumlah aliran darah menstruasi dan frekuensinya.

Namun, perlu diingat bahwa dosis serta cara penggunaan obat ini harus sesuai dengan arahan dokter. Pasalnya, tubuh dan kondisi kesehatan setiap wanita berbeda-beda.

Untuk memastikan apakah pil kb bisa melancarkan haid, Anda bisa berkonsultasi ke dokter dan meminta rekomendasi langsung darinya.

Dokter mungkin bisa memberikan cara lain yang lebih efektif untuk mempercepat jadwal haid Anda.


Pernah alami gangguan menstruasi?

Gabung bersama Komunitas Kesehatan Wanita dan dapatkan berbagai tips menarik di sini.


Kalkulator Masa Subur

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Berapa lama siklus haid Anda?

(hari)

28

Berapa lama Anda haid?

(hari)

7

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Noncontraceptive benefits of birth control pills. (n.d.). ReproductiveFacts.org. Retrieved 29 June 2022, from https://www.reproductivefacts.org/news-and-publications/patient-fact-sheets-and-booklets/documents/fact-sheets-and-info-booklets/noncontraceptive-benefits-of-birth-control-pills/

Using the pill to regulate periods: How it works. (n.d.). Flo.health – #1 mobile product for women’s health. Retrieved 29 June 2022, from https://flo.health/menstrual-cycle/health/period/using-the-pill-to-regulate-periods

How to use birth control pills | Follow easy instructions. (n.d.). Planned Parenthood | Official Site. Retrieved 29 June 2022, from https://www.plannedparenthood.org/learn/birth-control/birth-control-pill/how-do-i-use-the-birth-control-pill

Error. (n.d.). Error. Retrieved 29 June, from https://kidshealth.org/en/teens/pill-irregular.html

Managing menstruation with hormonal contraceptives. (n.d.). Children’s Hospital of Philadelphia. Retrieved 29 June 2022, from https://www.chop.edu/news/health-tip/managing-menstruation-hormonal-contraceptives

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Adhenda Madarina Diperbarui 2 weeks ago
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita