home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Benarkah Soda Buat Menstruasi Semakin Deras?

Benarkah Soda Buat Menstruasi Semakin Deras?

Banyak orang yang menyarankan untuk minum soda selama masa menstruasi. Gunanya, untuk memperlancar keluarnya darah agar periode menstruasi bisa dipersingkat. Apakah benar?

Hingga kini, belum ada penelitian medis yang bisa membuktikan keterkaitan antara konsumsi minuman berkarbonasi dengan siklus menstruasi yang telah beredar turun menurun ini.

Minum minuman berkafein justru akan memperburuk gejala tidak nyaman dari menstruasi. Menurut dr. Joseph Mercola, pendiri Optimal Wellness Center di Illinois, Amerika Serikat, konsumsi kafein yang tinggi berkaitan dengan tingkat estrogen tinggi, yang meningkatkan risiko mengembangkan kanker payudara dan endometrium. Mercola percaya bahwa meski kopi memang mengandung risiko tertentu, minuman berkafein seperti soda dan jus buah dalam kemasan jauh lebih merugikan untuk kesehatan wanita.

Minuman berkafein terkait pula dengan peningkatan gejala dan frekuensi dari pre-menstrual syndrome, atau PMS. Wanita yang rutin mengonsumsi minuman bersoda selama periode menstruasinya terbukti mengalami gejala PMS yang lebih dari biasanya, jika dibandingkan dengan kelompok wanita yang tidak mengonsumsi soda sama sekali saat siklus menstruasinya. Gejala PMS termasuk sakit kepala, kram, nyeri payudara, kembung, perubahan suasana hati, sakit punggung, kecapekan, dan mudah marah. Semua gejala di atas diperparah dengan konsumsi kafein yang berlebihan.

Pengaruh kafein pada menstruasi

Kafein adalah obat perangsang yang bisa meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung. Sebagai cara alternatif penanggulangan nyeri PMS, banyak pula wanita yang mengonsumsi minuman berkafein untuk memulihkan tenaga. Peningkatan kafein sebenarnya justru menyebabkan ketegangan, kecemasan, masalah tidur, dan kecapekan yang amat sangat.

Menghilangkan atau mengurangi kebiasaan minum soda mungkin bermanfaat untuk kesehatan Anda secara umum dan bisa mengurangi rasa ketidaknyamanan selama siklus menstruasi Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

The Effects of Caffeine on a Woman’s Menstrual Cycle http://www.livestrong.com/article/96768-effects-caffeine-womans-menstrual-cycle/

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh Ajeng Quamila
Tanggal diperbarui 12/12/2016
x