home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Apakah Benar, Minum Soda Dapat Melancarkan Darah saat Haid?

Apakah Benar, Minum Soda Dapat Melancarkan Darah saat Haid?

Ada banyak faktor yang membuat wanita mengalami menstruasi atau haid yang datang lebih cepat dari biasanya. Bahkan, tak jarang darah yang keluar lebih deras dari biasanya. Sebagian orang menganggap bahwa penyebab dari melancarkan haid adalah dengan minum soda. Apakah minum soda saat haid dapat membuat darah yang keluar lebih cepat atau semakin lancar? Berikut adalah penjelasannya.

Minum soda saat haid melancarkan darah?

minum soda saat haid

Sebagian besar wanita mempunyai jadwal atau siklus menstruasi yang berbeda-beda setiap bulannya. Kondisi ini terjadi saat luruhnya lapisan rahim.

Mengutip dari Women’s Health, rata-rata wanita mengeluarkan 2 – 3 sendok makan darah selama menstruasi. Aliran darah yang keluar pun mungkin bisa lebih ringan atau malah lebih deras.

Tak sedikit wanita yang menganggap minum soda dapat melancarkan darah yang keluar sehingga haid pun lebih cepat selesai.

Maka dari itu, tak jarang ada pula wanita yang mencoba melancarkan haid dengan minum soda agar darah yang keluar lebih banyak.

Padahal, hingga kini belum ada penelitian medis yang membuktikan hal tersebut benar adanya.

Hal ini yang membuat wanita sebaiknya lebih berhati-hati apabila sudah terbiasa melakukannya karena belum diketahui apa efek jangka panjangnya.

Efek soda untuk kesehatan wanita

minum soda saat haid

Umumnya, minuman soda tergolong tidak baik untuk kesehatan seseorang karena mengandung gula yang cukup tinggi.

Tidak hanya saat menstruasi, mengonsumsi terlalu banyak soda juga dapat mengakibatkan Anda mengalami obesitas, diabetes, hingga penyakit jantung.

Pada wanita, ada kemungkinan terlalu sering minum soda juga dapat memengaruhi kesuburan termasuk bagi Anda yang sedang merencanakan kehamilan.

Minuman soda mempunyai kandungan gula yang cukup tinggi sehingga berkaitan dengan penurunan kesuburan pria dan wanita.

Selain itu, mengutip dari Healthcare University of Utah bahwa minuman soda juga kemungkinan dapat memengaruhi kadar estrogen wanita.

Peningkatan kadar hormon estrogen ini bisa mengakibatkan perubahan hormon, menghentikan ovulasi, serta efek jangka panjang lainnya yang masih perlu diteliti kembali.

Lalu, kandungan kafein yang cukup tinggi juga mungkin bisa membuat Anda merasakan efek dari minum soda saat haid seperti kram perut, kembung, hingga sakit kepala.

Menghilangkan atau mengurangi kebiasaan minum soda mungkin bermanfaat untuk kesehatan secara umum dan bisa mengurangi rasa ketidaknyamanan selama menstruasi.

Apa faktor yang membuat darah haid lancar?

Daripada membiasakan diri minum soda saat sedang haid, tidak ada salahnya untuk beralih pada kebiasaan yang lebih memberikan manfaat untuk tubuh Anda.

Apalagi, saat menstruasi terjadi perubahan hormonal yang membuat tubuh terasa tidak nyaman.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melancarkan haid selain dengan minum soda, seperti:

1. Olahraga ringan

Olahraga ringan dapat membantu Anda merelaksasi tubuh serta mengendurkan otot sehingga menstruasi lebih lancar dari biasanya.

Coba untuk hindari dahulu melakukan olahraga berat serta minum soda saat haid untuk menjaga keseimbangan produksi hormon.

2. Mengganti alat kontrasepsi

Alat kontrasepsi dapat memengaruhi ovulasi serta siklus menstruasi Anda. Sebagian besar wanita yang menggunakan pil KB serta spiral mengalami haid tidak lancar.

Maka dari itu, tidak menutup kemungkinan Anda jadi mencoba melancarkan haid dengan minum soda.

3. Pola hidup sehat

Perubahan berat badan dapat memengaruhi siklus menstruasi sehingga lebih teratur serta darah yang keluar pun lebih lancar.

Ternyata, berat badan terlalu rendah serta obesitas dapat mengakibatkan menstruasi tidak teratur hingga tidak keluar sama sekali.

Pada kondisi berat badan rendah, hal ini karena tubuh tidak mempunyai lemak untuk memproduksi hormon.

Anda mungkin merasa tenang apabila saat menstruasi, darah yang keluar dari tubuh tergolong lancar. Akan tetapi, Anda juga perlu berhati-hati jika darah haid keluar secara berlebihan.

Perhatikan kondisi kesehatan Anda saat menstruasi. Apalagi, kalau hal tersebut bukan terjadi karena minum soda saat haid.

Kondisi yang dalam dunia medis disebut sebagai menoragia ini kemungkinan bisa membuat aktivitas harian pun terganggu. Bahkan, Anda juga perlu mengganti pembalut setiap 2 jam sekali.

Konsultasikan dengan dokter mengenai asupan apa saja yang biasanya masuk ke dalam tubuh sehingga membuat Anda merasakan perubahan pada tubuh.

Begitu juga ketika Anda terlalu sering minum soda yang mengakibatkan perubahan siklus menstruasi. Biasanya, dokter akan melakukan pemeriksaan atau tes kesehatan tertentu sebelum menentukan pengobatan paling tepat.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Vartanian, L., Schwartz, M., & Brownell, K. (2007). Effects of Soft Drink Consumption on Nutrition and Health: A Systematic Review and Meta-Analysis. American Journal Of Public Health, 97(4), 667-675. doi: 10.2105/ajph.2005.083782

Sugary Drinks. (2013). Retrieved 26 April 2021, from https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/healthy-drinks/sugary-drinks/

Soda Facts. (2021). Retrieved 26 April 2021, from https://www.rchsd.org/health-safety/rethink-your-drink/soda-facts/

Menstrual cycle tool. (2017). Retrieved 26 April 2021, from https://www.womenshealth.gov/menstrual-cycle/your-menstrual-cycle

Study Links Sugar-Sweetened Soda to Higher Estrogen Levels. (2021). Retrieved 26 April 2021, from https://healthcare.utah.edu/healthfeed/postings/2013/03/032013sodaestrogen.php

Sugar Sweetened Beverage Intake. (2021). Retrieved 26 April 2021, from https://www.cdc.gov/nutrition/data-statistics/sugar-sweetened-beverages-intake.html

Robert H. Shmerling, M. (2018). Fertility and diet: Is there a connection? – Harvard Health Blog. Retrieved 26 April 2021, from https://www.health.harvard.edu/blog/fertility-and-diet-is-there-a-connection-2018053113949

Menstrual cycle: What’s normal, what’s not. (2021). Retrieved 26 April 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/womens-health/in-depth/menstrual-cycle/art-20047186

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Atifa Adlina
Tanggal diperbarui 12/12/2016
x