Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

4 Cara agar Miss V Tetap Harum dan Ramuan Herbalnya

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 4 minggu lalu

    4 Cara agar Miss V Tetap Harum dan Ramuan Herbalnya

    Setiap wanita tentu ingin menjaga area intimnya agar tetap wangi dan segar alami. Akan tetapi, penggunaan produk atau metode tertentu berisiko membahayakan kesehatan miss v Anda. Lalu, bagaimana cara agar vagina atau miss v bisa tetap harum dan segar? Berikut jawabannya.

    Perlukah membuat miss v wangi?

    Anda mungkin sering melihat iklan produk perawatan vagina yang menjanjikan organ intim Anda akan jadi lebih wangi bak bunga-bunga segar.

    Pada kenyataannya, vagina manusia tidak berbau harum. Anda pun tidak perlu membuat miss v atau vagina agar tercium wangi seperti berbagai klaim produk perawatan kewanitaan di atas.

    Pada dasarnya, vagina yang sehat punya aroma yang khas dan berbeda-beda bagi setiap wanita. Bahkan, dalam satu siklus menstruasi pun, vagina Anda memiliki aroma yang berbeda.

    Ini karena wangi vagina dipengaruhi oleh berbagai hal. Misalnya kadar bakteri, keasaman vagina, keringat, serta kebersihan pada area intim Anda.

    Namun, bau vagina yang normal umumnya sedikit asam. Ini karena kadar pH (keasaman) di area vagina cukup tinggi.

    Lingkungan yang asam dibutuhkan untuk membunuh berbagai bakteri dan organisme jahat yang bisa menyebabkan infeksi vagina.

    Justru, menggunakan berbagai produk kewanitaan sebagai cara membuat miss v wangi bisa mengganggu keseimbangan pH vagina sehingga lebih rentan terhadap infeksi.

    Penyebab vagina berbau tak sedap

    Meskipun punya aroma yang khas, vagina tak seharusnya berbau busuk, amis, atau anyir. Berikut beberapa kemungkinan penyebab dari vagina yang berbau tak sedap.

    Bagaimana cara agar miss v harum secara alami?

    masker vagina

    Meski tak perlu dibuat harum bak bunga, Anda bisa menjaga aroma miss v tetap segar dan sehat secara alami serta terhindar dari bau tak sedap.

    Berikut adalah beberapa cara membuat miss v atau vagina wangi dan segar secara alami yang bisa Anda lakukan.

    1. Jaga vagina tetap kering

    Lingkungan yang terlalu lembap akan jadi sarang bagi berbagai jenis bakteri penyebab penyakit.

    Itulah mengapa Anda perlu memastikan area vagina tetap kering agar bakteri di vagina tidak bertumbuh secara berlebih yang sering menimbulkan bau tak sedap.

    Agar vagina tetap kering dan wangi, pastikan Anda melakukan hal-hal di bawah ini.

    • Memakai celana dalam yang cukup sejuk dan menyerap keringat.
    • Rutin mengganti celana dalam, terutama setiap berkeringat misal habis berolahraga.
    • Bila tidak diperlukan, sebaiknya hindari memakai pantyliner atau pembalut karena dapat memerangkap lebih banyak kelembapan di area vagina.
    • Rutin mengganti pantyliner atau pembalut paling tidak setiap 3—4 jam sekali jika memang sedang menggunakannya.

    2. Bersihkan vagina dengan cara yang benar

    Agar tetap harum alami, Anda perlu membersihkan area miss v setiap hari. Terapkan cara membersihkan vagina dengan benar, yaitu hanya dengan menggunakan air hangat.

    Ingat, Anda hanya perlu membersihkan bagian luar vagina atau area vulva. Bersihkan dengan lembut dari arah depan ke belakang, bukan sebaliknya.

    Setelah itu, keringkan dengan cara menepuk-nepuk pelan daerah vagina dengan handuk. Pastikan Anda selalu menggunakan celana dalam yang bersih yang sudah dicuci sebelumnya.

    3. Jaga pola makan yang sehat dan seimbang

    Perbanyak makan buah, sayuran hijau, dan produk probiotik, seperti yoghurt. Makanan-makanan tersebut mampu menjaga keseimbangan bakteri vagina agar tetap wangi dan segar secara alami.

    Sebaliknya, makanan dengan bau yang menyengat, seperti bawang putih dan ikan, bisa membuat vagina Anda berbau tak sedap, meski umumnya hanya sementara.

    Jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan cairan dengan memperbanyak minum air putih. Melansir Cleveland Clinic, vagina Anda bisa berbau amonia yang kuat jika Anda dehidrasi.

    4. Hindari hal-hal yang menyebabkan bau pada vagina

    Anda tak perlu menggunakan macam-macam produk sebagai cara membuat miss v wangi seperti bunga atau buah-buahan.

    Selain itu, hindari pula hal-hal di bawah ini yang berisiko menyebabkan infeksi pada vagina dan membuat organ intim ini justru berbau tak sedap.

    • Mencuci bagian dalam vagina (douching vagina, ratus, atau gurah vagina).
    • Menggunakan sabun, deodoran, bedak, pembalut, ataupun produk kewanitaan yang mengandung pewangi lainnya ke area miss v.
    • Menggunakan pakaian dalam yang ketat terlalu sering atau lama.

    Berbagai ramuan dari bahan alami untuk membuat miss v harum

    Membersihkan bagian vagina

    Beberapa bahan alami disebut dapat membantu mencegah vagina berbau tak sedap agar tetap segar serta wangi. Berikut beberapa pilihannya.

    1. Daun sirih

    Daun sirih diketahui memiliki sifat antimikroba, sehingga dapat melawan kuman penyebab infeksi yang bisa menimbulkan keputihan hingga bau tak sedap pada vagina.

    Anda hanya perlu merebus 4—5 lembar daun sirih ke dalam 500—600 ml air selama 10—15 menit. Tunggu hingga adem, kemudian saring dan gunakan untuk mencuci bagian luar vagina Anda.

    2. Cuka sari apel

    Coba tambahkan cuka sari apel ke dalam air mandi Anda, atau cuci vagina Anda menggunakan air yang sudah dimasukkan dengan bahan alami ini.

    Cara ini disebut aman serta dapat membantu mengatasi bacterial vaginosis penyebab bau vagina agar miss v tetap harum. Khasiat ini bisa didapat berkat efek antibakterinya.

    3. Tea tree oil

    Encerkan minyak pohon teh (tea tree oil) atau campurkan dengan minyak kelapa, kemudian oleskan ke area sekitar vagina.

    Cara ini diduga berpotensi membantu mengatasi berbagai jenis infeksi vagina yang sering menjadi penyebab vagina bau. Cara ini juga disebut dapat bisa mengurangi nyeri akibat infeksi vagina.

    4. Yoghurt plain

    Probiotik yang terkandung dalam yoghurt tidak hanya baik untuk sistem pencernaan, tetapi juga untuk kesehatan vagina agar tetap wangi dan harum.

    Namun, sebaiknya gunakan yoghurt yang plain atau tanpa gula. Pasalnya, yoghurt kaya gula justru mendorong pertumbuhan mikroba di area vagina.

    Itulah beberapa ramuan atau bahan herbal yang mungkin dapat membantu membuat miss v Anda harum secara alami.

    Namun perlu Anda pahami, tidak semua bahan di atas efektif untuk setiap orang. Lebih baik, konsultasikan kepada dokter untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

    Disclaimer

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Carla Pramudita Susanto

    General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


    Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 4 minggu lalu

    Iklan

    Apakah artikel ini membantu?

    Iklan
    Iklan