home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Jenis Makanan yang Bisa Mengatasi Vagina Kering

5 Jenis Makanan yang Bisa Mengatasi Vagina Kering

Kekeringan vagina adalah masalah umum bagi wanita yang biasanya dialami saat sudah menopause. Namun, tidak dipungkiri jika hal ini juga bisa terjadi pada wanita di usia muda karena kebiasaan gaya hidup yang buruk, masalah fisik, atau akibat penggunaan produk perawatan vagina.

Vagina kering terjadi ketika jaringan vagina kehilangan kekenyalan akibat menurunnya kadar estrogen. Hal ini membuat selaput vagina menjadi tipis dan kering sehingga saat berhubungan seksual akan terasa tidak nyaman bahkan menyakitkan.

Makanan untuk mengatasi vagina kering

Selain penggunaan cairan pelumas vagina yang berbahan kimia, ternyata ada juga beberapa makanan yang membantu mengembalikan kelembaban jaringan vagina sehingga mampu mengatasi masalah vagina kering. Berikut 6 makanan yang baik dikonsumsi untuk mengatasi vagina kering.

1. Kedelai

Kedelai kaya akan kandungan fitoestrogen – bentuk sintetis dari estrogen, isoflavon, protein, asam lemak omega 3, kalsium, asam folat, zat besi, vitamin dan mineral lainnya. Mengonsumsi kedelai secara teratur membantu mengembalikan beberapa fungsi estrogen yaitu melumasi vagina dan menjaga organ reproduksi wanita agar tetap sehat.

2. Biji rami

Biji rami juga kaya akan kandungan fitoestrogen dan tinggi asam lemak omega 3. Kandungan fitoestrogen dalam biji rami berfungsi untuk meningkatkan kadar estrogen dan mengatasi vagina kering. Selain itu, mengonsumsi biji rami secara teratur juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan melawan risiko kanker pada wanita.

3. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian yang memiliki kandungan asam lemak esensial dan nutrisi yang baik dikonsumsi untuk mengatasi vagina kering – terutama kandungan vitamin E. Contohnya seperti kacang almond, kenari, polong, biji bunga matahari dan lain sebagainya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asam lemak esensial dan serat sangat dibutuhkan untuk membantu mengatur ketidakseimbangan hormon dan menjaga kelembaban vagina agar tetap sehat.

4. Ikan

Sama seperti biji rami, ikan juga kaya dengan kandungan asam lemak omega-3 dan sejumlah minyak esensial yang baik untuk tubuh. Ikan seperti salmon, tuna, ikan cod, dan spesies ikan air dingin lainnya kaya akan asam lemak omega-3 yang mampu membantu melumasi vagina, dan mengurangi sensasi panas dan gatal karena vagina kering.

5. Apel

Apel merupakan jenis buah yang kaya akan fitoestrogen. Mengonsumsi 1-2 buah apel setiap harinya, membantu menjaga kelembaban vagina sehingga bisa menjauhkan dari iritasi dan gatal. Hal ini juga didukung dari hasil penelitian Archives of Gynecology and Obstetrics yang menyatakan bahwa wanita yang rutin mengonsumsi apel akan memiliki kadar pelumasan vagina dan fungsi seksual yang lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Berapa lama siklus haid Anda?

(hari)

28

Berapa lama Anda haid?

(hari)

7

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

The Food To Eat For Vaginal Dryness – http://www.livestrong.com/article/409034-the-foods-to-eat-for-vaginal-dryness/ diakses pada 20 April 2017

Food To Combat Vaginal Deyness – http://www.thehealthsite.com/diseases-conditions/foods-to-combat-vaginal-dryness-d915/ diakses pada 20 April 2017

3 Food That Will Combat Vaginal Dryness – http://www.34-menopause-symptoms.com/vaginal-dryness/articles/3-foods-that-will-combat-vaginal-dryness.htm diakses pada 20 April 2017

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Risky Candra Swari Diperbarui 05/11/2020
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x