home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Cystourethrogram

Definisi cystourethrogram|Tujuan cystourethrogram|Peringatan sebelum menjalani cystourethrogram|Prosedur cystourethrogram|Penjelasan dari hasil cystourethrogram

Definisi cystourethrogram

Apa itu cystourethrogram?

Cystourethrogram atau sistouretrogram adalah pemeriksaan rontgen untuk mengambil gambar uretra dan kandung kemih. Pemeriksaan ini dapat dilakukan ketika kandung kemih terisi atau saat Anda buang air kecil.

Sistouretrogram umumnya dilakukan untuk mendiagnosis penyakit urologi (sistem perkemihan). Dokter juga dapat menyarankan pemeriksaan ini untuk mendeteksi kelainan pada struktur saluran kemih atau aliran urine.

Pemeriksaan ini menggunakan sebuah kateter, yakni selang tipis dan lentur yang akan dimasukkan melalui uretra hingga kandung kemih Anda. Dokter kemudian mengalirkan cairan kontras yang akan terlihat pada pemeriksaan rontgen.

Pemeriksaan rontgen tambahan lalu dilakukan saat urine mengalir keluar dari kandung kemih Anda Prosedur ini dikenal sebagai voiding cystourethrogram (VCUG). Selain menggunakan sinar-x, pemeriksaan ini juga kerap dilakukan dengan ultrasound (USG).

Tujuan cystourethrogram

Siapa yang perlu menjalani cystourethrogram?

Sistouretrogram umumnya bertujuan untuk mencari penyebab infeksi saluran kemih, khususnya pada anak yang pernah mengidap penyakit ini lebih dari satu kali.

Selain itu, pemindaian uretra dan kandung kemih juga dilakukan untuk mendiagnosis dan memeriksa kondisi berikut.

  • Kesulitan mengosongkan kandung kemih.
  • Cacat lahir pada kandung kemih atau uretra.
  • Penyempitan ureter (saluran yang mengangkut urin dari ginjal sampai kandung kemih) pada pria.
  • Aliran balik (refluks) urine dari kandung kemih ke ginjal.

Peringatan sebelum menjalani cystourethrogram

Apa yang harus saya ketahui sebelum menjalani pemeriksaan ini?

Sistouretrogram merupakan prosedur yang aman dan biasanya tidak menimbulkan efek samping. Namun, jika cairan kontras dialirkan dengan tekanan yang terlalu besar, hal ini bisa meningkatkan risiko kerusakan pada kandung kemih atau uretra.

Pemasangan kateter urine dapat menyebabkan infeksi saluran kemih pada beberapa orang. Cairan kontras yang digunakan juga dapat memicu reaksi alergi. Konsultasikan pada dokter bila Anda mengalami tanda-tanda infeksi atau alergi.

Melansir laman Michigan Medicine, ada pula risiko kerusakan sel atau jaringan akibat radiasi selama pemeriksaan rontgen. Akan tetapi, risiko komplikasi ini biasanya amat kecil bila dibandingkan dengan manfaat yang akan Anda dapatkan.

Prosedur cystourethrogram

Apa yang harus Anda lakukan sebelum menjalani pemeriksaan?

Beritahu dokter bila Anda memiliki kondisi berikut ini.

  • Sedang hamil atau menunjukkan tanda-tanda hamil.
  • Mengalami gejala infeksi saluran kemih, seperti nyeri atau panas saat buang air kecil.
  • Dalam empat hari ke belakang, telah menjalani pemeriksaan rontgen dengan cairan kontras seperti barium enema.
  • Telah mengonsumsi obat yang mengandung bismuth, seperti Pepto-bismol.
  • Alergi terhadap pewarna yodium yang digunakan dalam cairan kontras atau zat apa pun yang mengandung yodium.
  • Pernah mengalami reaksi alergi parah (anafilaksis).
  • Menggunakan alat kontrasepsi IUD (spiral).

Cystourethrogram umum dilakukan pada anak-anak untuk mendeteksi aliran balik urine yang abnormal (vesicoureteral reflux). Persiapkan buah hati Anda dengan menjelaskan tentang prosedur ini menggunakan bahasa yang sederhana.

Selama masa persiapan, gunakanlah kata-kata positif sesering mungkin. Hal ini dapat mengurangi rasa takut buah hati Anda serta membantunya memahami apa saja yang akan ia hadapi selama menjalani pemeriksaan.

Seperti apa prosedur cystourethrogram?

Cystourethrogram dapat dilakukan oleh seorang radiologis atau dokter spesialis urologi. Petugas medis yang menangani Anda akan dibantu oleh seorang teknisi radiologi. Anda biasanya tidak harus menjalankan rawat inap untuk melakukan tes ini.

Anda akan diminta untuk melepas sebagian atau keseluruhan pakaian Anda. Sebagai gantinya, Anda akan diberikan gaun medis khusus untuk menutupi tubuh Anda selama tes berlangsung. Anda akan diminta untuk buang air kecil sebelum tes dimulai.

Anda akan berbaring di atas meja periksa. Lalu, petugas akan membersihkan area kelamin Anda dan menutupinya dengan kain steril. Pasien pria lalu diberikan pelindung yang terbuat dari timah untuk melindungi area genitalnya dari paparan radiasi.

Petugas lalu memasukkan kateter secara perlahan ke dalam kandung kemih. Setelah itu, ia menyuntikkan cairan kontras melalui kateter hingga memenuhi kandung kemih. Proses pemindaian gambar akan berlangsung saat Anda berdiri, duduk, dan berbaring.

Selanjutnya, kateter akan dilepas dan dokter akan mengambil gambar rontgen ketika Anda buang air kecil. Anda kemungkinan akan diminta untuk berhenti buang air kecil sejenak, berganti posisi, lalu mulai buang air kecil kembali.

Jika Anda kesulitan buang air kecil pada salah satu posisi, Anda akan diminta untuk mencoba kembali dengan posisi berbeda. Seluruh prosedur cystourethrogram biasanya berlangsung selama 30 – 45 menit.

Apa yang harus Anda lakukan usai menjalani pemeriksaan?

Radiologis akan mengawasi dan menjelaskan jalannya prosedur, lalu mempelajari hasil gambar yang didapatkan. Setelah itu, ia mengirimkannya kepada dokter atau terapis yang bertanggung jawab untuk menjelaskan hasil tes kepada Anda.

Dokter akan menjelaskan apakah Anda perlu menjalani pemeriksaan lanjutan. Prosedur ini diperlukan bila dokter mencurigai suatu temuan asing yang harus diklarifikasi lebih lanjut dengan teknik pemindaian khusus lainnya.

Pemeriksaan lebih lanjut juga dapat menunjukkan perubahan pada hasil abnormal yang ditunjukkan pada prosedur cystourethrogram. Tes lanjutan kadang menjadi cara terbaik untuk mengetahui keampuhan terapi atau kestabilan pasien dari waktu ke waktu.

Penjelasan dari hasil cystourethrogram

Apa arti hasil tes yang Anda dapatkan?

Beberapa hasil tes cystourethrogram dapat diterima segera setelah prosedur usai. Hasil akhir akan menyusul dalam 1 – 2 hari setelahnya.

Berikut hasil yang mungkin muncul.

1. Normal

Hasil pemeriksaan terbilang normal apabila struktur uretra dan kandung kemih tampak normal. Aliran urine dari kandung kemih lancar dan cairan kontras bisa mengalir keluar melalui uretra. Dengan begitu, kandung kemih pun dapat kosong seutuhnya.

2. Abnormal

Hasil cystourethrogram tidak normal bila:

  • terdapat batu empedu, tumor, atau penyempitan pada kandung kemih atau uretra,
  • tes dilakukan karena adanya cedera pada kandung kemih,
  • dinding uretra atau kandung kemih memiliki sobekan,
  • urine mengalir balik dari kandung kemih ke ureter,
  • cairan kontras bocor dan keluar dari uretra,
  • kandung kemih tidak kosong sepenuhnya, atau
  • kelenjar prostat membesar.

Apa saja yang bisa memengaruhi hasil cystourethrogram?

Alasan-alasan di bawah ini menjelaskan mengapa Anda tidak bisa melakukan tes atau hasil tes Anda mungkin tidak jelas.

  • Terdapat barium (sisa dari tes barium enema yang pernah dilakukan), gas, atau feses dalam saluran pencernaan.
  • Anda tidak langsung dapat buang air kecil.
  • Anda sedang hamil atau menunjukkan tanda-tanda hamil.
  • Muncul rasa sakit, kejang otot, atau masalah perkemihan akibat pemasangan kateter.

Sistouretrogram merupakan pemeriksaan rontgen menggunakan cairan kontras pada uretra dan kandung kemih. Jika Anda perlu menjalani pemeriksaan ini, berkonsultasilah kepada dokter untuk mengetahui persiapan, prosedur, dan risikonya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Cystourethrogram | Michigan Medicine. (2021). Retrieved 30 June 2021, from https://www.uofmhealth.org/health-library/hw210845#hw210850

Voiding cystourethrography | Radiology Reference Article | Radiopaedia.org. (2021). Retrieved 30 June 2021, from https://radiopaedia.org/articles/voiding-cystourethrography-1

What is a Voiding Cystourethrogram? – Urology Care Foundation. (2021). Retrieved 30 June 2021, from https://www.urologyhealth.org/urology-a-z/v/voiding-cystourethrogram

Pediatric Voiding Cystourethrogram. (2021). Retrieved 30 June 2021, from https://www.radiologyinfo.org/en/info/voidcysto

Micturating Cystourethrogram (MCUG) | infoKID. (2021). Retrieved 30 June 2021, from https://www.infokid.org.uk/micturating-cystourethrogram-mcug

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi Diperbarui 4 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x