home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut yang Lebih Lebat dan Berkilau

Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut yang Lebih Lebat dan Berkilau

Tahukah Anda bahwa salah satu manfaat minyak kelapa bisa digunakan untuk mencegah rambut rontok? Kandungan minyak kelapa memang baik untuk segala jenis rambut, mulai dari rambut normal hingga rusak. Lantas, apa lagi manfaat minyak kelapa untuk rambut?

Kembalikan rambut yang rontok dengan minyak kelapa

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, minyak kelapa juga dapat menutrisi dan melembapkan kulit kepala dan rambut Anda. Sebuah jurnal pada tahun 2015 yang membahas tentang penggunaan tanaman herbal untuk menumbuhkan rambut melihat potensi pada minyak kelapa.

Di dalam penelitian yang melibatkan tikus sebagai hewan percobaannya, minyak kelapa ternyata bisa menumbuhkan dan menebalkan rambut secara efektif.

Selain itu, hasil dari minyak yang kaya akan asam lemak ini dinilai lebih manjur dibandingkan kondisioner rambut dan minyak mineral pada umumnya.

Berikut ini beberapa manfaat minyak kelapa lainnya untuk rambut Anda agar tetap indah dan tebal.

1. Melembapkan rambut dan kulit kepala

minyak kelapa untuk rambut bebas ketombe

Menurut penelitian yang membahas tentang produk perawatan untuk rambut, minyak kelapa mampu meresap hingga batang rambut. Resapan yang maksimal tersebut akhirnya dapat “menambal” protein rambut yang hilang dan merawat rambut yang sebelumnya sudah rusak.

Oleh karena itu, sebagian besar orang yang memiliki rambut kering dan rusak mendapati rambut mereka terlihat lebih sehat setelah menggunakan minyak kelapa.

2. Membantu mengurangi rambut menjadi keriting

masker rambut kering

Pernahkah ketika Anda berada di tempat yang jauh lebih lembap, rambut Anda mulai menjadi ikal dan terlihat berantakan?

Solusi dari masalah tersebut adalah minyak kelapa. Manfaat minyak kelapa untuk rambut lainnya adalah mencegah rambut menyerap air pada iklim yang lembap.

Hal ini disebabkan menyerapnya minyak kelapa hingga ke batang rambut Anda membuat rambut terasa lebih lembut dan sehat.

Oleh karena itu, usahakan untuk mengaplikasikan minyak kelapa sebelum memasuki daerah dengan iklim yang lembap dan kering.

3. Mencegah kerusakan rambut akibat bahan kimia

rambut rontok

Salah satu negara yang menggunakan minyak kelapa sebagai penangkal kerusakan rambut akibat polusi adalah India. Bahkan, terdapat penelitian yang mengungkapkan polusi udara dapat mengiritasi kulit kepala, menyebabkan gatal, rambut berketombe, hingga rambut rontok.

Minyak kelapa sangat berguna untuk menjaga rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh polusi udara. Mengapa bisa begitu?

Minyak kelapa mengandung asam lemak yang sangat berpengaruh terhadap protein keratin yang ada di rambut. Protein keratin ini sangat penting untuk kesehatan rambut. Ketika terkena panas terlalu sering, keratin rambut dapat terkikis dan membuat rambut menjadi cepat rusak.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, minyak kelapa dapat menyerap hingga ke batang rambut Anda. Oleh karena itu, minyak ini dapat mengisi ruang yang dapat dimasuki oleh debu, kotoran, dan bahan kimia pada rambut.

4. Membuat rambut lebih berkilau

suplemen untuk kulit dan rambut

Sama seperti kebanyakan minyak pada umumnya, minyak kelapa dapat membuat rambut lebih berkilau dan terlihat lembut. Oleh karena itu, banyak pemilik rambut kering yang menjadikan minyak kelapa sebagai serum agar agar rambut terlihat sehat.

Selain itu, minyak kelapa juga dapat dijadikan sebagai alternatif serum rambut yang lebih sehat dan menghindari penggunaan bahan kimia pada produk lainnya.

Cara memperoleh manfaat minyak kelapa untuk rambut

Setelah mengetahui apa saja keistimewaan yang ditawarkan minyak kelapa untuk rambut Anda, yuk intip cara penggunaannya agar memperoleh hasil yang lebih maksimal.

  • Tuangkan air hangat yang sudah ke dalam mangkuk kecil.
  • Tuangkan 2 sendok teh minyak kelapa ke dalam gelas. Pilihlah minyak kelapa murni, bila perlu, gunakan minyak kelapa organik.
  • Letakkan gelas yang berisi minyak kelapa ke dalam mangkuk yang berisi air hangat. Biarkan selama beberapa menit hingga minyak kelapa meleleh.
  • Oleskan minyak kelapa ke seluruh rambut dan kulit kepala Anda. Anda dapat menggunakannya ketika rambut dalam keadaan kering atau basah.
  • Usahakan untuk menyisir rambut Anda agar minyak kelapa lebih merata. Jika Anda memiliki tipe kulit kepala berminya, Anda dapat mengoleskan minyak kelapa di tengah kulit kepala saja.
  • Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan menggunakan sampo.

Manfaat yang ditawarkan oleh minyak kelapa untuk rambut tentunya sangat berguna agar rambut lebih sehat dan tebal. Jika Anda ingin rambut yang terlihat lebih berkilau dan lebat, gunakan minyak kelapa sebagai produk rutin perawatan rambut Anda.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Gavazzoni Dias MF. Hair cosmetics: an overview. Int J Trichology. 2015;7(1):2–15. doi:10.4103/0974-7753.153450 accessed July 1, 2019

Rajput R (2015) Understanding Hair Loss due to Air Pollution and the Approach to Management. Hair Ther Transplant 5:133. doi:10.4172/21670951.1000133 accessed July 1, 2019. 

Jain, Pushpendra Kumar, and Debajyoti Das. “Evaluating Hair Growth Potential Of Some Traditional Herbs”. Asian Journal Of Pharmaceutical And Clinical Research, vol 8, no. 6, 2015, pp. 150-152., Accessed 1 July 2019. 

How to use coconut oil for hair https://www.medicalnewstoday.com/articles/324563.php accessed July 1, 2019. 

Coconut oil benefits for hair and how to use it https://www.livestrong.com/article/23594-use-coconut-oil-hair-conditioner/ accessed July 1, 2019. 

Foto Penulis
Ditulis oleh Nabila Azmi Diperbarui 29/11/2019
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x