Berbahayakah Jika Kita Sering Menjilat Lip Balm?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Adalah prinsip kecantikan utama yang dipegang teguh oleh sejuta umat bahwa bibir kering dan pecah-pecah adalah penampilan yang tidak menarik. Ini mungkin sebabnya mengapa beberapa orang merasa tergantung pada lip balm dan “kecanduan”, atau setidaknya terbiasa, dengan sensasi bibir halus dan lembut — yang artinya Anda akan cenderung memoleskan lebih banyak produk di setiap kesempatan, lagi dan lagi.

Tapi, penasarankah Anda tentang apa yang dapat terjadi ketika Anda sering menjilat lip balm dan kemudian menelannya? Apakah kebiasaan ini benar-benar dapat menyebabkan kanker seperti yang dipercaya banyak orang?

Terus-menerus menjilati bibir membuatnya semakin kering

Menjilat lip balm memang menggoda karena rasanya yang enak. Tapi kepuasan instan ini sesungguhnya tak layak untuk dipertahankan. Kebiasaan menjilati bibir justru akan membuat bibir Anda semakin kering.

Air liur Anda mengandung garam dan segala macam senyawa lain selain air yang dimaksudkan untuk membantu proses mencerna makanan. Bibir biasanya dilindungi oleh lapisan minyak tipis yang berfungsi untuk menjebak kelembaban. Saat Anda menjilat lip balm, air liur yang menempel di permukaan bibir mulai menguap dan membawa serta sejumlah minyak alami bibir, meskipun prosesnya terbilang lambat. Semakin sering Anda menjilati bibir, semakin banyak minyak alami pelindung bibir yang ikut terangkat.

Tanpa perlindungan minyak alami ini, permukaan bibir akan mudah mengering dan pecah-pecah jika terpapar suhu dingin, kering, angin, atau sinar matahari. Kebiasaan menjilati bibir merupakan siklus setan tak berujung: Anda merasa bibir Anda kering (ditambah godaan rasa lip balm yang enak) sehingga Anda terdorong untuk menjilat bibir. Menjilat bibir membuat bibir kering, maka Anda menambahkan pelembab bibir, menjilatnya kembali, begitu seterusnya.

Tapi risiko menjilat lip balm tak hanya ini, karena…

Beberapa bahan dalam lip balm tak boleh dikonsumsi, baik sengaja maupun tidak

Rumor bahwa lip balm mengandung agen penyebab kanker yang berbahaya terbukti tidak benar. Tapi ada satu alasan mengapa Anda jarang melihat mentol, bees wax, fenol, lanolin, asam salisilat, dan para-aminobenzoic acid dalam produk pelembab bibir favorit Anda. Lip balm yang mengandung para-aminobenzoic acid sedikit beracun — masih dalam batas toleransi — jika tertelan dalam jumlah kecil seperti saat tak sengaja mencicipi atau menjilatnya sekali-dua kali.

Ironisnya, Anda bisa mengalami keracunan lip balm dari kebiasaan menjilat lip balm terlalu banyak dan sering — terutama jika disengaja. Keracunan ini hasil dari overdosis para-aminobenzoic acid. Para-aminobenzoic acid adalah zat alami yang dapat menyerap sinar ultraviolet (UV); sering ditemukan dalam produk tabir surya kulit, termasuk pada pelembab bibir yang mengandung tabir surya.

Gejala keracunan lip balm dapat berupa diare, iritasi mata (jika produk menyentuh mata), penyumbatan usus, mual dan muntah, sesak napas (dengan dosis yang sangat tinggi). Jika Anda memiliki alergi terhadap pewarna atau parfum dalam pelembab bibir, Anda dapat mengalami pembengkakan lidah dan tenggorokan, suara mengi, dan kesulitan bernapas. Untungnya jumlah yang Anda konsumsi dari menjilat lip balm sesekali tidak akan memberikan banyak kerugian.

“Sampai saat ini belum ada kasus keracunan lip balm ekstrem, selain mungkin keluhan sakit perut biasa,” jelas Arleen K. Lamba, MD, direktur medis di Maryland Blush Med Institute, dilansir dari Shape. “Tapi, bahan-bahan ini memang tidak dimaksudkan untuk dikonsumsi secara teratur atau dalam jumlah besar,” tutup Lamba.

Informasi ini hanya berlaku untuk kasus penelanan sangat ekstrem. Jika Anda menelan lebih dari satu kepalan tangan dalam satu waktu, menunjukkan gejala reaksi alergi parah, atau jika Anda tidak yakin dari substansi yang tepat atau jumlah yang tertelan, hubungi gawat darurat (118/119) untuk rekomendasi khusus dalam situasi Anda.

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Segudang Manfaat Daun Sirih Hijau dan Merah yang Sayang Dilewatkan

Anda pasti sudah akrab dengan manfaat daun sirih untuk hentikan mimisan. Meski begitu, masih ada banyak lagi khasiat daun sirih untuk kesehatan. Penasaran?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 19 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit

11 Cara Jitu Mengusir Rasa Sedih dan Galau Dalam Hati

Ternyata menonton film sedih bukan cuma membuat kita menangis, tapi ada juga manfaat lainnya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Mental, Stres dan Depresi 19 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit

Manfaat Buah Stroberi yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Tahukah Anda, buah stroberi dapat membantu mencegah katarak dan menurunkan tekanan darah? Apalagi manfaat buah merah asam ini untuk kesehatan tubuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Fakta Gizi, Nutrisi 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Mengenal Bilas Lambung, Terapi Medis Darurat untuk Atasi Keracunan

Bilas lambung alias gastric lavage adalah terapi medis untuk mengatasi keracunan. Dinilai sebagai terapi dengan pro dan kontra, seperti apa prosedurnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Kesehatan Pencernaan 18 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

tips waxing di rumah

Tips Melakukan Waxing di Rumah Dengan Bahan-bahan Alami

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
bahaya rokok, bahaya merokok bagi kesehatan, dampak rokok, efek rokok, berhenti merokok

Bahaya Merokok Terhadap Daya Tahan Tubuh Manusia

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 14 menit
cara menghilangkan rasa cemas

8 Cara Jitu untuk Menghilangkan Rasa Cemas Berlebihan

Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
urat menonjol pada orang muda

6 Penyebab Urat Anda Menonjol dan Terlihat Jelas di Kulit

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit