home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Cara Alami Membuat Bibir Lembut dan Tampak Merah Merona

5 Cara Alami Membuat Bibir Lembut dan Tampak Merah Merona

Setiap wanita ingin bibirnya terlihat lembut, penuh, dan merah merona. Jika bibir Anda aslinya berwarna gelap atau sering pecah-pecah, tidak usah panik. Ada banyak cara memerahkan bibir yang alami tanpa takut efek samping. Simak terus artikel ini untuk tahu tips dan triknya.

Cara memerahkan bibir dan membuatnya lembut secara alami

Di bawah ini kami menyediakan sejumlah cara memerahkan bibir secara alami, namun tetap senantiasa lembut dan sehat.

1. Masker madu dan lemon

Lemon sering digunakan untuk mengatasi bercak atau bintik gelap pada kulit. Selain itu, Anda juga bisa menggunakannya sebagai cara memerahkan warna bibir alami. Khasiat pencerah dalam kandungan lemon bisa membantu mencerahkan warna bibir yang gelap.

Sedangkan nutrisi yang terkandung dalam madu dapat membantu melembapkan, menghaluskan, dan menjaga bibir tetap terhidrasi. Madu bisa juga membantu bibir Anda tampak lebih sehat dan merah merona.

Untuk menggunakannya, peras setengah buah lemon ke dalam wadah bersih dan tuang 2-3 sdt madu. Aduk rata hingga menjadi pasta halus. Simpan di dalam kulkas selama beberapa jam. Oleskan campuran ini pada bibir Anda dan biarkan selama satu jam, kemudian bilas bersih. Anda bisa mengulangi metode ini 2-3 kali dalam satu minggu sampai memperoleh hasil yang diinginkan.

2. Buah bit

Buah bit segar bisa menjadi pilihan untuk memerahkan bibir secara alami. Caranya, gosok daging buah bit ke bibir selama 3-5 menit. Lakukan secara rutin di waktu senggang, agar khasiat buah bit pada bibir Anda terasa maksimal.

3. Buah timun

Timun sudah lama dijadikan bahan alami untuk mencerahkan dan menjaga kesehatan kulit. Timun juga bisa, lho, bekerja secara efektif untuk memerahkan bibir Anda secara alami.

Caranya mudah, cukup oleskan potongan timun pada bibir Anda secara lembut sehingga bibir bisa menyerap jusnya. Lakukan setiap hari selama 5 menit.

4. Sikat dengan sikat gigi

Tahukah Anda, bahwa menyikat bibir dengan sikat gigi bisa membuat bibir sehat? Ya, menyikat bibir pakai sikat gigi lembut dengan pelan-pelan bisa mengelupaskan kulit mati dan merangsang aliran darah ke bibir. Setelahnya jangan lupa pijat lembut bibir dan pulaskan lip balm agar tetap terlihat lembut dan sehat.

5. Madu dan gula

Anda mungkin sudah mengetahui bahwa madu adalah bahan pelembap alami. Sedangkan gula bisa bekerja sebagai bahan alami untuk mengupas kulit mati di tubuh. Dengan menggabungkan keduanya, ini bisa menjadi ramuan alami untuk menjaga bibir tetap sehat, lembut, dan merah merona.

Anda bisa melakukannya di rumah dengan mencampur 2-3 sdt madu dan sedikit gula. Pijat bibir Anda perlahan menggunakan masker ini.

Memang belum ada penelitian yang membuktikan efektivitas dari tips-tips ini. Namun Anda dapat mencobanya selama Anda memastikan bahwa Anda tidak memiliki alergi pada bahan-bahan di atas.

Pola hidup sehat untuk mendukung bibir lembut dan sehat

Selain mengikuti perawatan menggunakan bahan alami di atas, penting untuk membuat langkah-langkah pencegahan agar memastikan bibir Anda tetap lembut, berwarna pink, dan sehat. Berikut beberapa saran yang bisa diikuti:

  • Anda wajib menjaga asupan cairan tubuh tetap seimbang dengan banyak minum air. Hal ini bisa membantu bibir Anda terlihat lembut dan padat.
  • Kebiasaan merokok adalah salah satu penyebab terbesar bibir berwarna gelap. Hindari dan berhenti merokok demi kesehatan dan juga keindahan bibir Anda.
  • Hindari mengonsumsi kafein, seperti kopi dan teh, yang bisa membuat bibir terlihat kusam.
  • Banyak makan buah dan sayuran untuk mencukupi nutrisi penyehat kulit, termasuk bibir Anda.
  • Sering-seringlah memoleskan lipbalm untuk menjaga kelembapan bibir.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

 

7 tips beautiful lips https://www.shape.com/lifestyle/beauty-style/7-tips-beautiful-lips Diakses pada 08 Februari 2018.

Homemade remedies chapped lips https://www.rd.com/health/beauty/homemade-remedies-chapped-lips/ Diakses pada 08 Februari 2018.

Home remedies for pink lips http://www.newhealthguide.org/Home-Remedies-For-Pink-Lips.html Diakses pada 08 Februari 2018.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Novita Joseph
Tanggal diperbarui 16/12/2020
x