7 Keuntungan Jadi Orang yang Terbiasa Hidup Disiplin dan Teratur

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 7 Januari 2018 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Ada dua tipe orang di dunia ini: mereka yang suka mengerjakan segala sesuatunya suka-suka dan mepet deadline, dan mereka yang terbiasa beraktivitas mengikuti jadwal yang terinci. Yang manakah Anda? Hmmm… Kalau Anda adalah tipe orang kedua yang biasa hidup teratur, tampaknya Anda harus berbangga hati. Tidak hanya kebiasaan baik ini memudahkan rutinitas Anda sehari-hari, ternyata hidup rapi dan teratur juga membawa banyak manfaat kesehatan, lho!

Berbagai manfaat jadi orang yang terbiasa hidup teratur

Memiliki kebiasaan hidup teratur dan lebih terorganisir adalah kunci untuk mencapai keseimbangan antara kehatan fisik dan kesejahteraan mental. Apa saja manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan jika terbiasa hidup lebih teratur dan rapi? Berikut ulasannya.

1. Mengurangi stres dan depresi

Menurut sebuah penelitian yang dimuat di Journal of Personality and Social Psychology Bulletin, kebiasaan hidup yang lebih disiplin dapat membuat Anda menyelesaikan segala pekerjaan dengan lebih efektif. Pada akhirnya, hal ini akan mengangkat beban mental Anda dari bayang-bayang deadline (dan segala macam urusan lainnya yang mengikuti).

Efek terbiasa hidup teratur bagi tubuh adalah pelepasan kadar hormon stres yang lebih terkendali, sehingga Anda lebih merasa santai dan bahagia. Sebaliknya, jika Anda terbiasa hidup amburadul (misalnya suka membiarkan meja kerja atau kamar tidur berantakan) dan suka menunda-nunda pekerjaan, ini justru dapat membuat kadar kortisol dalam tubuh tetap tinggi.

Dalam jangka panjang, hormon kortisol yang terlalu tinggi dapat berdampak buruk pada suasana hati, pola tidur, dan juga kesehatan tubuh Anda secara umum. Kadar kortisol yang terlalu tinggi telah dikaitkan dengan perkembangan penyakit jantung, tumpukan lemak perut, dan bahkan depresi.

Maka, sebisa mungkin buatlah jadwal tertulis kapan Anda harus memulai dan menyelesaikan semua pekerjaan yang ada. Kalau memungkinkan, buatlah alarm pengingat di handphone atau kalender Anda.

2. Pola makan lebih baik

Terbiasa hidup disiplin membuat Anda memiliki pola makan yang lebih teratur. Masuk akal, sih, karena dengan mengetahui jadwal sehari-hari, Anda dapat memperkirakan kapan waktu yang paling ideal untuk Anda sarapan, makan siang, dan makan malam, dan kemudian menyelipkannya di sela-sela rutinitas Anda.

Memang, apa manfaatnya punya jadwal makan yang teratur? Makan teratur dapat menjauhkan Anda dari risiko obesitas, tekanan darah tinggi, hingga diabetes. Makan tidak teratur justru mengganggu kerja jam biologis tubuh (ritme sirkadian) untuk mengatur nafsu makan dan kerja sistem pencernaan untuk mencerna dan menyerap makanan.

Terlebih, pola makan yang teratur juga menghindari Anda dari kebiasaan makan berlebihan dan ngidam makanan manis akibat stres. Menurut sebuah penelitian dari Journal of Psychological Science, ketika disediakan dua pilihan snack antara buah apel dan cokelat, orang-orang yang bekerja di ruangan kerja yang rapi lebih refleks untuk mengambil apel. Sementara itu, orang-orang yang kerja di ruangan berantakan justru tanpa sadar langsung mengambil cokelat.

olahraga kardio dan angkat berat untuk menurunkan berat badan

3. Lebih disiplin berolahraga

Orang-orang yang terbiasa hidup disiplin memiliki seperangkat rencana dan tujuan harian yang tidak muluk-muluk. Misalnya, mau melakukan apa saja hari ini dan bagaimana cara mencapainya. Tanpa disadari, kebiasaan ini juga memengaruhi kedisiplinan Anda untuk berolahraga secara teratur.

Menurut Journal of Obesity seseorang yang memiliki tujuan dan rencana olahraga spesifik, serta selalu mencatat setiap pencapaiannya, akan cenderung lebih disiplin berolahraga dan mendaparkan hasil yang lebih optimal ketimbang orang yang pergi ke gym tanpa memiliki rencana dan tujuan yang jelas.

Dengan memiliki rencana dan program olahraga yang terinci, Anda akan lebih menyadari setiap kemajuan yang telah Anda capai dan apa-apa saja yang kurang berhasil. Ini pada akhirnya akan membuat Anda lebih termotivasi untuk menggolkan rencana itu.

Setiap minggu, tulislah rencana olahraga Anda, kemudian evaluasi apakah setiap hari Anda sudah melakukan rencana tersebut atau belum.

4. Hubungan sosial yang lebih intim dan harmonis

Tanpa disadari, keuntungan menjadi orang yang lebih disiplin juga merambat ke dunia sosial Anda dengan orang sekitar. Terbiasa hidup teratur berarti Anda sudah dapat memprioritaskan apa yang penting untuk Anda, sehingga pada akhirnya Anda bisa menyediakan waktu luang untuk orang-orang tercinta Anda.

Hubungan yang bahagia dengan teman, keluarga, dan pasangan adalah kunci untuk menangkal depresi dan berbagai penyakit. Sebaliknya, kehidupan Anda yang tidak teratur dan tidak terorganisir dengan baik dapat mengacaukan semua itu.

Bagi pasangan, kekacauan di rumah dapat menciptakan ketegangan dan konflik yang tidak Anda duga. Contoh sederhana, waktu yang Anda habiskan untuk mencari barang yang hilang bisa mengurangi waktu Anda bersama pasangan. Anda bahkan bisa berdebat dengan pasangan tentang letak barang tersebut dan siapa yang terakhir kali menggunakannya. Rumah yang berantakan juga dapat mencegah niat Anda mengundang teman-teman untuk berkunjung.

cahaya lampu kantor yang baik

5. Lebih produktif

Manfaat hidup teratur yang satu ini tentu tidak lagi diragukan. Kebiasaan hidup teratur bisa membantu Anda lebih fokus untuk menyelesaikan satu per satu tugas tanpa takut dikebut deadline. Justru, hidup yang serabutan malah membuat Anda rentan bekerja multitasking yang bisa jadi senjata makan tuan bagi produktivitas Anda.

Ketika Anda lebih terorganisir di tempat kerja, Anda akan bekerja dengan lebih efisien dan lebih produktif. Ini berarti tidak ada lagi yang namanya bekerja lembur karena Anda bisa pulang lebih cepat, sehingga punya waktu luang lebih banyak untuk rileks dan bersantai.

6. Berat badan ideal

Memiliki kebiasaan hidup teratur dan terorganisir akan membantu Anda menjadi lebih sadar dan mengatur apa yang Anda makan. Terlebih, hidup teratur juga membuat Anda lebih disiplin untuk berolahraga, seperti yang telah dijelaskan di atas.

Menjalankan hidup sehat membutuhkan rencana atau persiapan. Ketika Anda lebih terorganisir, Anda lebih mungkin untuk membuat rencana makan sehat, berbelanja bahan makanan sehat, atau hal lain yang berkaitan dengan rencana hidup sehat Anda. Pada akhirnya, hal ini dapat membantu Anda mencapai berat badan ideal impian Anda.

7. Tidur lebih nyenyak

Memiliki kebiasaan hidup teratur berarti Anda tahu benar kapan Anda harus pergi tidur, seberapa lama Anda harus tidur, dan kapan harus bangun pagi. Pola tidur yang lebih bersih dan rapi dapat membuat Anda terlelap lebih nyenyak, serta terhindar dari berbagai risiko penyakit.

Hidup yang tidak teratur malah cenderung membuat Anda sering begadang untuk mengerjakan hal-hal yang tertunda sebelumnya, Kurang tidur tidak hanya dapat membahayakan kesehatan fisik, namun juga berdampak buruk pada kesehatan mental Anda.

Jagalah agar kamar tidur Anda tetap rapi. Orang-orang yang tidur di kamar yang rapi terbukti bisa tidur lebih nyenyak, menurut survei yang dilakukan oleh National Sleep Foundation.

Bagaimana? Siap untuk hidup teratur dan lebih disiplin?

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Panduan Menjalankan Diet Kelapa untuk Menurunkan Berat Badan

Sedang berusaha menurunkan berat badan dan menjalani pola hidup sehat? Anda bisa merasakan manfaat kelapa untuk diet, yang bisa Anda ikuti di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Diet, Nutrisi 19 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Agar Performa Tak Menurun, Ini 5 Tips Sehat Menurunkan Berat Badan Bagi Atlet

Cara menurunkan berat badan yang keliru bisa berdampak buruk bagi performa. Lalu, seperti apa cara menurunkan berat badan yang baik bagi atlet?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Gizi Olahraga, Nutrisi 16 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Bisakah Seseorang Hidup Tanpa Pankreas?

Rusaknya fungsi pankreas memaksa Anda untuk hidup tanpa pankreas dengan menjalani operasi. Apakah hidup tanpa pankreas tetap aman?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan Pencernaan, Gangguan Pencernaan Lainnya 16 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Apakah Sehat Jika Wanita Berotot Kekar Bak Pria Binaragawan?

Otot kekar identik dengan pria yang sehat dan bugar. Bagaimana kalau wanita yang punya otot kekar? Apakah bisa? Apakah hal ini sehat?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Latihan Kekuatan Otot, Kebugaran 15 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

olahraga saat musim hujan

7 Tips Aman Berolahraga saat Musim Hujan yang Dingin dan Berangin

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 23 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
kesalahan membakar lemak perut

7 Kesalahan Umum saat Berusaha Membakar Lemak Perut

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 23 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
13 Olahraga Untuk Penyandang cacat

13 Olahraga yang Baik untuk Penyandang Cacat atau Disabilitas

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 22 Februari 2021 . Waktu baca 11 menit
adaptogen adalah

Mengenal Khasiat Adaptogen, Zat Penangkal Stres di Dalam Tanaman Herbal

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 22 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit