home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Manfaat Kesehatan yang Bisa Didapat Dengan Sering Bertelanjang

5 Manfaat Kesehatan yang Bisa Didapat Dengan Sering Bertelanjang

Salah satu manfaat telanjang adalah bikin Anda jadi percaya diri dengan tubuh yang Anda miliki. Sebuah survei di Inggris menemukan banyak manfaat yang bisa didapat oleh orang-orang yang menghabiskan banyak waktu bertelanjang bulat sehari-harinya. Tentu saja di rumah, ya. Bukan di tempat umum. Yuk, simak beberapa manfaat telanjang untuk kebaikan diri.

1. Lebih nyaman dengan tubuh sendiri

Manfaat telanjang yang pertama ini, lebih banyak dikaitkan oleh wanita yaitu dengan kondisi dan bentuk tubuh. Banyak wanita yang kurang percaya diri dengan tubuhnya, terutama bagi yang sudah memiliki anak atau memiliki ukuran berat badan di atas rata-rata normal

Tapi ketika Anda menghabiskan lebih banyak waktu untuk bertelanjang, hal tersebut akan memaksa Anda untuk menghadapi kenyataan bahwa tubuh Anda adalah milik Anda. Tidak ada yang perlu dirasa untuk malu. Lama-kelamaan Anda akan terbiasa dan lebih menghargai tubuh yang Anda miliki.

2. Tidur jadi lebih nyenyak

Tidak jarang kalau tidur sambil bertelanjang badan memang nyaman dilakukan bagi sebagian orang. Telanjang juga punya dampak baik bagi kualitas tidur Anda. Dengan bertelanjang, tubuh akan membakar lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh. Sehingga selama bertelanjang, tubuh akan menyingkirkan racun dan mengembalikan sel-sel rusak dalam tubuh saat tidur secara maksimal, tidur pun jadi lebih nyenyak.

3. Jadi lebih bahagia

Semua aktivitas yang manusia lakukan saat ini, banyak yang mendorong jauh dari sifat alamiah. Bertelanjang badan pun nyatanya sebuah sifat alami manusia yang lama-kelamaan terlupakan begitu saja. Padahal Journal of Happiness Study menyatakan kalau kebahagiaan manusia bisa didapat dari hal-hal yang sifatnya alamiah, termasuk telanjang. Dengan telanjang, sesorang bisa menghabiskan waktu dengan tubuhnya, meningkatkan citra serta harga diri, dan bahkan mendapat kepuasan hidup.

4. Meningkatkan sistem kekebalan imun tubuh

Tubuh yang sering bertelanjang di bawah paparan sinar matahari akan bermanfaat untuk meningkatkan kadar vitamin D di tubuh Anda. Vitamin D berhubungan langsung dengan sistem kekebalan tubuh Anda. Bila tubuh kurang mendapat vitamin D yang cukup, maka bisa dipastikan bahwa kekebalan tubuh akan menurun pula. Biasanya vitamin D bisa menangkal virus seperti demam dan flu.

Jika Anda ingin memperoleh vitamin D secara mudah, baiknya sering-seringlah terpapar sinar matahari pagi sambil bertelanjang di balkon atau di halaman pribadi rumah Anda. Tapi hati-hati, pastikan dulu tempat Anda berjemur bisa melindungi privasi dan tidak ada yang bisa mengintip.

5. Lebih intim dengan pasangan

Manfaat telanjang akan lebih terasa efeknya bagi Anda yang telah berpasangan. Sebuah studi juga menunjukkan bahwa ada ikatan yang muncul karena adanya hormon oksitosin yang keluar ketika Anda bertelanjang badan. Ketika Anda tidak mengenakan satu helai pun pakaian di tubuh, hal itu bisa menimbulkan keintiman yang mendalam antara Anda dan pasangan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Reasons to spend more time naked http://www.healthline.com/health/reasons-to-spend-more-time-naked#1 Diakses pada 26 Mei 2017

5 Reason To Get Naked More Often https://www.mindbodygreen.com/0-16054/5-reasons-to-get-naked-more-often.html Diakses pada 26 Mei 2017

Health Benefit Sleeping Naked http://www.menshealth.com/health/health-benefits-sleeping-naked Diakses pada 26 Mei 2017

West, K. (2017). Naked and unashamed: Investigations and applications of the effects of naturist activities on body image, self-esteem, and life satisfaction. Journal of Happiness Studies, 1-21.
http://link.springer.com/article/10.1007/s10902-017-9846-1

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Novita Joseph Diperbarui 04/09/2020
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x