home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Bangun Tidur Badan Sakit Semua? Ini 5 Kemungkinan Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bangun Tidur Badan Sakit Semua? Ini 5 Kemungkinan Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tidur adalah kegiatan istirahat yang bermanfaat. Selama tidur, Anda akan membilas semua sisa-sia kepenatan dari hari kemarin, sehingga Anda bisa bangun pagi lebih semangat. Namun, alih-alih bangun tidur dalam kondisi yang segar, Anda mungkin malah tambah kecapekan. Kenapa badan Anda terasa sakit semua, setelah bangun tidur? Yuk, cari tahu penyebab sekaligus cara mengatasinya berikut ini!

Penyebab badan sakit semua setelah bangun tidur

Bangun tidur dengan kondisi badan sakit tentu bisa memperburuk suasana hati Anda. Kondisi ini bisa membuat aktivitas yang Anda jalani tidak sepenuh hati Anda lakukan. Sebagian orang, termasuk Anda, mungkin tidak tahu penyebabnya, dan masih terus menghadapi keluhan ini lagi dan lagi.

Padahal dengan mengetahui penyebabnya, keluhan tersebut bisa teratasi. Anda bisa kembali tidur dengan nyaman dan tentunya kualitas tidur menjadi lebih baik.

Berikut ini adalah beberapa penyebab yang menimbulkan nyeri tubuh saat Anda bangun tidur.

1. Terlalu dekat dengan kipas angin saat tidur

Siapa yang suka tidur dengan kipas angin menyala? Ya, suhu ruangan yang tidak terlalu panas membuat Anda dapat tidur dengan nyenyak, sehingga Anda memilih tidur dekat dengan kipas angin atau menyetel pengaturan kipas angin lebih cepat agar angin yang dihasilkan lebih banyak.

Meskipun angin sepoi-sepoi membantu Anda tidur, tindakan ini malah bisa jadi bumerang keesokan harinya. Anda akan bangun tidur dengan kondisi badan sakit semua. Entah itu kaki, tangan, leher, atau bagian tubuh lainnya.

Angin yang mengenai langsung tubuh Anda dalam waktu semalaman bisa membuat otot tegang. Akibatnya, otot bisa terasa kaku dan kram saat Anda bangun di pagi hari.

Tidak hanya itu saja efeknya, tidur dekat kipas angin bisa membuat kulit Anda kering dan masalah pernapasan, seperti hidung tersumbat, serta memicu alergi debu.

2. Olahraga berlebihan sehari sebelumnya

Olahraga memang menyehatkan. Namun, bila Anda lakukan secara berlebihan bisa jadi akan mendatangkan masalah. Salah satunya, bangun tidur dengan kondisi badan sakit semua.

Saat olahraga, otot-otot pada tubuh Anda bekerja keras untuk menggerakkan anggota badan. Ketika Anda melakukan gerakan yang sama secara berulang dan terus-menerus, bisa jadi esok harinya badan Anda akan terasa sakit.

Apalagi jika Anda melakukan olahraga menjelang tidur, Anda akan susah tidur dan kondisi badan yang terasa sakit akan jadi lebih parah. Sebenarnya, badan sakit setelah olahraga bisa langsung terasa. Namun, rasa sakitnya akan lebih terasa setelah Anda bangun tidur keesokan harinya.

3. Posisi bantal dan tidur yang tidak benar

Posisi bantal yang tidak benar, bisa membuat leher Anda nyeri. Kondisi ini sering mendapat sebutan salah bantal. Tidak hanya leher, badan Anda juga bisa terasa sakit semua akibat posisi tidur yang tidak sesuai. Umumnya, keluhan ini terjadi ketika Anda tidur dengan posisi tengkurap.

Selain badan sakit semua, beberapa menit setelah bangun tidur Anda juga mungkin merasakan kesemutan pada tangan. Ini karena posisi tangan yang tertekuk dan menopang kepala dalam waktu lama menghambat aliran darah sehingga menimbulkan sensasi kaku dan kesemutan.

4. Minum alkohol dan merokok sebelum tidur

Minum alkohol mungkin bisa membua cepat tertidur, tapi tidak menjamin jika pengaruh alkohol terhadap tidur menjadi lebih nyenyak. Alkohol memiliki sifat diuretik, yang bisa membuat Anda beberapa kali buang air kecil pada malam hari. Itu sebabnya, Anda perlu bolak-balik ke kamar mandi dan sulit tidur nyenyak.

Kebiasaan minum alkohol dibarengi dengan merokok bisa jadi penyebab badan Anda sakit semua saat bangun tidur. George Girgis, DO, spesialis obat pereda nyeri pada Cleveland Clinic menyebutkan bahwa asap rokok bisa mengganggu aliran darah kaya oksigen dan nutrisi mencapai tulang dan jaringan.

Bahan kimia rokok juga membatasi pertukaran karbodioksida dengan oksigen dalam darah. Akibatnya, kadar oksigen dalam darah rendah dan sirkulasi darah terganggu. Pada akhirnya, kondisi ini bisa membuat otot melemah dan terasa nyeri.

5. Anda punya masalah kesehatan tertentu

nyeri punggung pagi hari

Keluhan badan sakit semua saat bangun tidur, ternyata bisa jadi tanda bahwa Anda memiliki masalah kesehatan, seperti:

  • Rematik. Peradangan pada sendi akibat sistem imun yang keliru dan menyerang sendi ini sangat umum menyebabkan rasa nyeri pada tubuh. Rasa nyeri memang bisa muncul kapan saja, termasuk ketika bangun di pagi hari.
  • Kadar vitamin D yang rendah. Kondisi rendahnya asupan vitamin D yang penting untuk tulang bisa menimbulkan berbagai gejala, salah satunya nyeri pada tubuh yang terjadi di pagi hari.
  • Sleep apnea. Gangguan tidur, seperti sleep apnea bisa menyebabkan napas seseorang terhenti dalam beberapa detik. Akibatnya, penderitanya bangun dalam kondisi kaget dan terengah-engah. Asupan oksigen mungkin juga tidak tercukupi dengan baik sehingga menimbulkan badan sakit semua saat bangun tidur.

Cara mengatasi badan sakit semua saat bangun tidur

mengatasi nyeri sendi

Agar badan tidak lagi nyeri saat bangun tidur, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Anda bisa mencoba posisi tidur yang sehat, memilih bantal untuk tidur yang tepat, dan memposisikan bantal tidur dengan sesuai.

Hindari kebiasaan minum alkohol dan merokok di malam hari yang bisa mengganggu tidur. Kemudian, atur kembali waktu Anda untuk berolahraga dan sesuaikan durasinya. Ketimbang melakukan olahraga sekaligus dalam waktu lama, lebih baik Anda menerapkan 3o menit setiap harinya.

Pastikan jarak Anda dan kipas angin tidak terlalu dekat agar tidak timbul masalah keesokan harinya. Jika badan sakit semua setelah bangun tidur disebabkan oleh masalah kesehatan, lakukan pengobatan dokter.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Sleep basics: REM & NREM, sleep STAGES, good sleep habits & more. (n.d.). Retrieved April 06, 2021, from https://my.clevelandclinic.org/health/articles/12148-sleep-basics.

Sleep Advisor. (2021, March 04). Will sleeping with a fan make you sick? Retrieved April 06, 2021, from https://www.sleepadvisor.org/sleeping-with-a-fan-on/.

Pogored. (2020, September 09). Wake up stiff and sore every morning? Try these adjustments to make sleep swell again. Retrieved April 06, 2021, from https://health.clevelandclinic.org/wake-up-stiff-and-sore-every-morning-try-these-adjustments-to-make-sleep-swell-again/.

Sleep apnea. (2020, July 28). Retrieved April 06, 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/sleep-apnea/symptoms-causes/syc-20377631.

Foto Penulis
Ditulis oleh Aprinda Puji pada 29/04/2021
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
x