5 Manfaat Menyehatkan Tidur Pakai Kaus Kaki

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 2 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Tidur adalah waktu bagi tubuh untuk istirahat sehingga esok paginya Anda bisa kembali beraktivitas. Tidur berkaitan dengan fungsi tubuh secara keseluruhan, mulai dari kesehatan kulit hingga otak. Untuk itu, banyak orang yang mencari cara untuk menjaga kenyamanan tidurnya, misalnya dengan menggunakan kaus kaki. Namun, adakah manfaat tidur pakai kaus kaki untuk tubuh? Yuk, cari tahu jawabannya dalam ulasan berikut ini.

Manfaat tidur pakai kaus kaki

Kaus kaki biasanya digunakan sebagai alas ketika menggunakan sepatu atau ketika berada dalam rumah. Nah, kaus kaki juga sering digunakan orang-orang selama tidur sebagai salah satu cara untuk menghangatkan tubuh. Secara sederhana, menggunakan kaus kaki memang membuat kaki hangat. Namun, adakah manfaat lainnya? Berikut adalah lima manfaat tidur pakai kaus kaki.

1. Membantu mengatur suhu tubuh inti

Kamar yang terlalu dingin bisa bikin tidur tidak nyenyak. Anda menjadi lebih banyak bergerak, baik untuk membetulkan kembali selimut atau bolak-balik untuk buang air kecil. Selain itu, udara dingin menyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga sirkulasi darah menjadi lebih sempit.

Cara termudah dan paling aman menjaga kehangatan kaki saat tidur adalah dengan menggunakan kaus kaki. Tubuh Anda pun akan terasa lebih hangat. Rasa hangat yang dihasilkan bisa memicu respon vasodilatasi, yaitu pembuluh darah yang tadinya menyempit akan melebar.

2. Membantu tidur lebih cepat

Suhu tubuh akan terus meningkat secara bertahap dari pagi hari dan akan memuncak pada siang hari saat Anda menjadi lebih terjaga dan waspada. Kemudian, suhu tubuh akan mulai menurun menjelang malam. Suhu ini memengaruhi jam biologis tubuh yang mengendalikan waktu tidur sehingga membuat seseorang merasa mengantuk dan lebih cepat tidur. Jadi, saat seseorang mulai tertidur, suhu tubuh akan menurun sebanyak satu hingga dua derajat Celsius.

Dikutip dari WebMD, sebuah organisasi Nation Sleep Foundation menguak bahwa menghangatkan kaki sebelum tidur membantu memberi otak Anda bahwa sekarang sudah waktunya tidur. Jadi, orang yang susah tidur bisa menggunakan kaus kaki selama tidur untuk membantu tubuh mengatur suhu sehingga lebih cepat tidur.

3. Mencegah hot flashes

Hot flashes atau wajah memerah banyak terjadi pada wanita yang mengalami menopause. Ini terjadi karena fluktuasi hormon (naik dan turunnya kadar hormon) yang memengaruhi suhu tubuh. Gejalanya meliputi sensasi hangat menyebar ke seluruh tubuh, berkeringat, denyut jantung meningkat, dan wajah memerah. Menggunakan kaus kaki selama tidur mampu menstabilkan suhu tubuh inti, termasuk mencegah hot flashes terjadi.

4. Seks menjadi lebih baik

Dalam berhubungan seksual, tidak semua pasangan merasakan orgasme. Orgasme adalah titik puncak saat berhubungan seksual yang menimbulkan sensasi kenikmatan. Sebuah studi yang diterbitkan pada BBC tahun 2005 menemukan bahwa pasangan yang mengenakan kaus kaki di tempat tidur lebih mungkin untuk orgasme saat berhubungan seks.

5. Mengurangi gejala serangan Raynaud

Raynaud adalah suatu kondisi yang memengaruhi pembuluh darah di kulit saat kedinginan atau stres. Selama serangan, aliran darah ke tangan atau kaki menjadi berkurang sehingga mati rasa dan kulit berubah warna menjadi biru atau putih. Karena pemicu terjadinya serangan adalah udara dingin, pakai kaus kaki selama tidur membantu mengurangi gejala.

Pilih kaus kaki yang terbuat dari serat lembut alami seperti wol merino atau kasmir adalah yang paling bagus untuk menjaga kehangatan. Pastikan ukurannya tidak terlalu sempit yang akan menghambat sirkulasi pada kaki. Bersihkan kaki Anda terlebih dahulu dan oleskan pelembap sambil memijat lembut kaki sebelum menggunakan kaus kaki.

Namun, bila kaki Anda terasa sangat panas, jangan paksakan untuk terus menggunakan kaus kaki. Anda bisa melepaskannya dan menutupi kaki Anda dengan selimut.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Waspadai 3 Ciri Tipes yang Sudah Parah Agar Tidak Berakibat Fatal

Tipes yang parah bisa berakibat fatal jika tidak cepat-cepat ditangani. Satu dari 5 orang bisa meninggal karena tipes. Seperti apa ciri tipes yang parah?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Penyakit Infeksi, Demam Tifoid (Tifus) 4 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit

Kenapa Beberapa Orang Cenderung Susah Mencium Bau?

Beberapa orang ada yang memiliki hidung kurang sensitif sehingga sulit mencium bau yang ada di sekitarnya. Kenapa bisa begitu, ya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 4 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

Kenali Tanda dan Cara Mengatasi Anak Hiperaktif

Sebagai orangtua, Anda perlu tau bedanya anak yang aktif dan hiperaktif. Yuk, kenali tanda dan cara mengatasi anak hiperaktif!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Kesehatan Anak, Parenting 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit

3 Hal Penting yang Wajib Diperhatikan Jika Suka Minum Teh Saat Hamil

Selama kehamilan, Anda harus menjaga asupan makanan dan minuman, termasuk minum teh. Simak panduan aman minum teh saat hamil berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Prenatal, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 4 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

obat alami dan tradisional sakit gigi berlubang

7 Obat Alami untuk Mengatasi Sakit Gigi Berlubang

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit
apa itu lucid dream

Sedang Mimpi Tapi Sadar? Begini Penjelasan Fenomena Lucid Dream

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

Mata Kucing Pada Anak? Waspada Gejala Kanker Mata

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
berhenti minum pil kb

7 Hal yang Bisa Terjadi Pada Tubuh Jika Anda Berhenti Minum Pil KB

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit