home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Jangan Anggap Sepele! Ini 4 Gejala yang Menandakan Masalah Kesehatan Serius

Jangan Anggap Sepele! Ini 4 Gejala yang Menandakan Masalah Kesehatan Serius

Apabila Anda sakit, tubuh biasanya akan menunjukkan sinyal-sinyal untuk memperingati Anda supaya pergi ke dokter. Entah itu pusing, nyeri dada, dan serangkaian gejala lainnya. Sayangnya, banyak orang mengabaikan gejala-gejala ini karena menganggapnya umum sehingga tak perlu terlalu dikhawatirkan. Padahal, mengetahui kondisi tubuh sedari awal mampu mencegah keparahan penyakit. Mulai sekarang, Anda perlu lebih peka terhadap berbagai gejala tubuh yang dirasakan.

Gejala-gejala yang menjadi tanda masalah kesehatan serius

Berbagai masalah kesehatan serius biasanya ditandai oleh beberapa gejala, seperti:

1. Nyeri dada

penyebab sakit dada sebelah kiri

Nyeri dada identik dengan masalah kesehatan jantung. Biasanya nyeri yang dirasakan cukup bervariasi dari mulai denyutan yang intens, rasa sakit disertai panas seperti terbakar, hingga nyeri yang menusuk.

Jika Anda mengalami rasa sakit ini secara tiba-tiba tanpa memiliki riwayat penyakit jantung, segera konsultasikan dokter untuk diperiksa lebih lanjut. Terlebih jika rasa nyerinya tak kunjung hilang dan disertai gejala yang lain seperti nyeri menjalar ke lengan, mual, muntah, sesak napas dan keringat dingin.

2. Sesak napas

jantung berdebar sesak napas

Ada berbagai kondisi yang menyebabkan sesak napada dari mulai obesitas, stroke, pembekuan darah, asma, hingga infeksi paru-paru. Meski sesak napas termasuk kondisi yang sangat umum, tapi Anda perlu memeriksakannya jika kondisi ini sampai mengganggu aktivitas sehari-hari.

Menurut Jennifer S. Earvolino, MD., seorang dokter di Amerika, rasa sesak bisa jadi sinyal bahwa ada yang salah dengan kesehatan Anda.

3. Sakit kepala yang parah dan terus menerus

sakit kepala mendadak

Sakit kepala yang muncul tiba-tiba dan terasa parah menandakan masalah kesehatan serius yang tidak bisa disepelekan. Anda wajib langsung berkonsultasi dengan dokter perihal masalah ini. Pasalnya, sakit kepala yang parah bisa jadi kemungkinan adanya pembuluh darah di otak yang pecah (aneurisma).

Selain itu, jika sakit kepala yang Anda rasakan disertai dengan leher yang kaku dan demam tinggi maka bisa jadi tanda meningitis. Meningitis adalah infeksi virus atau bakteri pada selaput yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang. Diagnosis dan pengobatan secara dini sangat penting untuk mecegah kerusakan saraf secara permanen.

4. Darah pada urine

pembentukan urine

Saat urine berwarna kemerahan, hati-hati bisa jadi kondisi ini menandakan batu ginjal. Tak hanya itu, ketika darah di dalam urine disertai dengan sensasi terbakar saat kencing bisa jadi Anda mengalami infeksi saluran kemih atau ginjal. Intinya, jangan pernah menyepelekan gejala yang satu ini karena bisa jadi ada masalah serius pada ginjal Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

10 Symptoms You Shouldn’t Ignore

https://www.rush.edu/health-wellness/discover-health/symptoms-you-shouldnt-ignore accessed on November 8th 2018

10 Medical Symptoms You Should Not Ignore

https://health.ucsd.edu/news/features/Pages/2014-03-04-10-medical-symptoms-not-to-ignore.aspx accessed on November 8th 2018

6 Symptoms You Shouldn’t Ignore

https://www.webmd.com/heart-disease/serious-symptoms-not-ignore#2 accessed on November 8th 2018

 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Widya Citra Andini
Tanggal diperbarui 18/11/2018
x