Bulan puasa identik dengan ngabuburit, yaitu menunggu adzan magrib berkumandang. Ada banyak hal yang bisa dilakukan saat ngabuburit. Jika ingin lebih bermanfaat, Anda bisa mengisi waktu dengan olahraga sebelum buka puasa.

Namun, memangnya berolahraga sambil ngabuburit itu bermanfaat? Apa saja pilihan olahraga yang bisa dilakukan? Simak jawabannya dalam ulasan berikut ini.

Manfaat olahraga sebelum buka puasa

Menurut Anar Allidina, seorang ahli gizi, waktu terbaik untuk berolahraga di bulan Ramadan yakni menjelang waktu buka puasa. Jangan takut akan kehilangan banyak energi jika melakukan olahraga di waktu ini, Anda tentunya bisa segera makan dan minum saat berbuka puasa untuk mengganti energi tubuh yang hilang dan terkuras karena berolahraga.

Idealnya, jangan berolahraga terlalu jauh dari waktu berbuka, pilihan terbaiknya bisa dilakukan sekitar 1,5 hingga 2 jam sebelumnya.

Sebuah penelitian dari Unversity of Bath yang dimuat dalam American Journal of Physiology meneliti sekelompok orang yang kelebihan berat badan dan harus berolahraga sebelum makan. Hasilnya, olahraga sebelum makan atau menjelang waktu buka puasa bisa membantu Anda untuk membakar lebihbanyak lemak.

Bagaimana bisa? Dylan Thompson, salah seorang pemimpin penelitian tersebut, mengatakan bahwa ada perbedaan hasil pemeriksaan sampel darah pada kelompok orang yang berolahraga sebelum dan setelah makan. Ekspresi gen dalam jaringan lemak akan cenderung menurun ketika berolahraga setelah makan.

Sementara bila olahraga dilakukan sebelum makan, ada peningkatan ekspresi gen dalam jaringan lemak yang tentunya lebih baik. Pasalnya, saat Anda olahraga sebelum makan, tubuh akan menggunakan simpanan lemak sebagai sumber energi untuk metabolisme, bukannya memakai simpanan karbohidrat.

Singkatnya, jika Anda ingin menurunkan berat badan, olahraga sebelum buka puasa bisa mendatangkan kebaikan pada kesehatan tubuh secara umum.

Berbagai pilihan olahraga sebelum buka puasa

Meski sah-sah saja untuk melakukan olahraga sebelum buka puasa, tetap harus Anda ingat untuk memilih jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan tubuh masing-masing. Anda disarankan untuk menghindari olahraga intensitas tinggi, karena justru bisa membuat Anda lelah dan kehilangan lebih banyak energi.

Ada beberapa jenis olahraga yang pas untuk ngabuburit sekaligus bermanfaat bagi kesehatan tubuh, di antaranya adalah:

1. Jalan santai

olahraga jalan kaki

Jalan santai termasuk olahraga yang mudah karena bisa dilakukan di mana saja. Selain itu, ada segudang manfaat baik yang bisa Anda dapatkan, terlebih jika dilakukan secara rutin.

Tidak harus jalan jauh-jauh, Anda bisa berjalan santai sembari mengitari komplek rumah, taman, di sekitar kantor, ataupun di atas treadmill.

2. Bersepeda

melindungi vagina

Ingin melakukan aktivitas fisik yang santai tapi tidak terlalu menguras energi? Coba untuk bersepeda santai dengan kayuhan yang ringan di jalan yang landai (bukan jalan menanjak atau berbukit-bukit). Selain bisa menyehatkan tubuh, tentunya akan memberikan kerja aktif pada aktif tanpa terlalu membebani otot dan persendian.

3. Jogging

tips jogging saat puasa

Mirip seperti berjalan santai, jogging sebelum buka puasa juga bisa Anda lakukan hanya saja dengan pergerakan yang tidak terlalu berlebihan. Singkatnya, seperti berlari-lari kecil yang tidak terlalu menguras energi.

Yang penting, pastikan bahwa ritme gerakan Anda tidak terlalu cepat dan usahakan tidak sambil bercakap-cakap, karena justru akan membuat Anda kehabisan napas.

4. Yoga

yoga untuk disfungsi ereksi

Untuk Anda yang suka bergerak tapi tanpa berkeringat berlebih, yoga bisa menjadi pilihan terbaik. Pasalnya, selain bermanfaat untuk mengurangi stres dan meningkatkan kelenturan tubuh, yoga juga bisa memperbaiki citra tubuh Anda.

Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian dari University of California yang menunjukkan bahwa wanita yang rutin melakukan yoga memiliki citra tubuh dan pola makan yang lebih baik dibandingkan wanita yang tidak melakukannya.

Pada intinya, apa pun olahraga intensitas rendah yang Anda lakukan saat puasa, usahakan untuk segera makan usai berolahraga. Itu alasannya kenapa Anda dianjurkan untuk berolahraga mendekati waktu berbuka puasa.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca