backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

2

Tanya Dokter
Simpan

Kapan Waktu Terbaik Olahraga Saat Puasa?

Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan · General Practitioner · None


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 21/03/2024

Kapan Waktu Terbaik Olahraga Saat Puasa?

Berolahraga saat puasa memang bisa jadi tantangan karena Anda harus mengatur waktu dan memilih jenis olahraga yang tepat. Namun, puasa atau tidak, olahraga tetap penting dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Lantas, kapan waktu olahraga saat puasa yang tepat?

Kapan waktu tepat berolahraga saat puasa?

Waktu yang tepat untuk olahraga saat puasa yaitu 1 – 2 jam setelah buka puasa atau setelah salat Tarawih di malam hari. 

Dikutip dari Places Leisure, waktu terbaik dan paling aman untuk berolahraga adalah saat tubuh Anda bisa memenuhi kebutuhan hidrasinya. 

Jadi, waktu 1 – 2 jam setelah berbuka memang cukup ideal untuk berolahraga saat berpuasa. Tubuh telah mendapatkan energinya kembali dari santapan bukaan. Jeda waktu antara makan dan olahraga pun cukup bagi tubuh untuk mencerna makanan. 

Setelah berbuka, Anda juga bisa langsung minum untuk memenuhi kebutuhan cairan yang hilang selama latihan, sehingga olahraga lebih optimal.

Namun, jika Anda tidak sempat berolahraga di waktu tersebut, terdapat beberapa pilihan waktu berolahraga lain yang bisa Anda pilih saat puasa.

Berikut ini beberapa waktu olahraga yang baik saat puasa lainnya serta tips melakukannya. Simak informasinya.

1. Olahraga setelah buka puasa

olahraga intensitas sedang

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, pilihan waktu ini merupakan waktu terbaik untuk Anda berolahraga di bulan Ramadan.

Karena sudah makan dan mengisi tubuh dengan energi, Anda bisa melakukan olahraga apa pun yang Anda inginkan. Namun, sebaiknya Anda melakukan persiapan olahraga saat puasa terlebih dulu.

Anda bisa melakukan olahraga intensitas ringan sampai berat, seperti jogging, bersepeda, termasuk latihan kekuatan yang membantu meningkatkan massa otot. 

2. Olahraga sebelum buka puasa

Waktu olahraga saat puasa untuk menurunkan berat badan yaitu sebelum buka puasa karena bisa membakar lemak lebih banyak.

Pasalnya, melakukan olahraga dalam kondisi perut kosong bisa membantu Anda menghilangkan lemak lebih banyak.

Namun ingat, jangan memaksa untuk melakukan olahraga yang berlebihan. Salah satu tips berolahraga saat puasa yaitu dengan memilih jenis olahraga intensitas rendah hingga sedang.

3. Olahraga setelah sahur

Sebenarnya, Anda juga bisa memilih waktu berolahraga saat puasa setelah sahur. Pada waktu ini, tubuh telah menerima energi dari makanan saat sahur, sehingga Anda bisa melakukan olahraga dengan energi lebih banyak. 

Salah satu penelitian dalam jurnal Journal of Fasting and Health juga menyebutkan bahwa performa olahraga lebih optimal pada saat pagi (setelah sahur) dan malam (setelah berbuka puasa).

Namun, sebaiknya lakukan olahraga ringan hingga sedang saja, seperti yoga atau berjalan kaki. Pasalnya tubuh Anda harus menyediakan energi yang cukup untuk melakukan aktivitas seharian sampai waktu buka puasa.

Apakah boleh lari pagi saat puasa?

Tentu Anda boleh lari pagi saat puasa, tetapi pastikan untuk lari dengan kecepatan ringan dan jarak yang dekat. Pasalnya, Anda juga harus menyimpan energi untuk berupasa seharian sampai berbuka puasa.

Hal yang perlu diperhatikan

Melakukan olahraga selama bulan Ramadan memang bisa menjadi tantangan karena Anda harus menyesuaikan waktu olahraga dengan waktu berbuka dan waktu beribadah. 

Namun, aktivitas fisik melalui olahraga penting dilakukan untuk mendukung kebugaran dan  menjaga stamina di bulan puasa.

Selain berolahraga, pastikan untuk minum air yang cukup saat berbuka dan juga setelah melakukan olahraga. Hal ini penting untuk mencegah dehidrasi dan menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi saat berbuka puasa dan sahur agar energi tubuh terjaga dengan baik. 

Hindari makanan yang terlalu berlemak atau terlalu manis yang dapat membuat Anda merasa lemas saat berpuasa atau berolahraga.

Meski waktu terbaik berolahraga saat puasa adalah setelah berbuka, tetapi setiap orang memiliki kenyamanan masing-masing untuk berolahraga. 

Yang penting yaitu tetap menjaga keseimbangan antara berolahraga, beribadah, dan istirahat selama bulan Ramadan. 

Bila perlu, konsultasikan dengan profesional kesehatan jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran khusus tentang waktu terbaik berolahraga selama bulan Ramadan.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Andreas Wilson Setiawan

General Practitioner · None


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 21/03/2024

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan