Biasanya, es buah hingga sirup berbagai warna jadi menu wajib berbuka puasa. Rasanya yang manis dan dingin membuat minuman ini dipilih banyak orang sebagai takjil alias menu berbuka puasa. Meski begitu, ada juga yang lebih memilih minum teh hangat atau kopi panas. Nah, dari semua jenis minuman itu ternyata tak semuanya baik untuk diminum langsung saat buka puasa lho.  Apa saja ya?

Jenis minuman yang harus dihindari saat buka puasa

Menahan haus adalah suatu kewajiban saat berpuasa. Nah, ketika Anda berbuka, sangat wajar jika menginginkan minum minuman yang menyegarkan. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa terdapat jenis minuman untuk buka puasa yang harus Anda hindari.

1. Kopi

pengaruh kafein pada kesuburan

Bagi para pecinta kopi, puasa terkadang menyulitkan mereka karena tidak ada asupan kafein pada pagi hari. Walaupun pada saat berbuka puasa Anda diperbolehkan minum, kopi termasuk dalam jenis minuman yang harus Anda hindari saat membatalkan puasa Anda.

Minuman berkafein seperti kopi, ternyata memiliki efek samping jika Anda meminumnya dalam keadaan perut kosong. Hal tersebut dikarenakan minuman ini meningkatkan asam lambung, sehingga akan mengganggu pencernaan Anda.

Nah, saat berbuka sebaiknya hindari mengonsumsi kopi untuk membatalkan puasa karena dapat membuat Anda sakit perut.

2. Soda

minum soda saat buka puasa

Memang minuman berkarbonasi semacam soda dapat memuaskan dahaga Anda, tetapi Anda akan menyesal begitu merasakan efeknya. Soda mengandung asam berkarbonasi yang bercampur dengan asam lambung. Nah, selain sakit perut, perut kembung dan mual juga akan Anda rasakan.

Asam lambung memang sangat berguna untuk membantu pencernaan. Jika perut Anda kosong dan asam lambung Anda naik, hal selanjutnya yang terjadi adalah malapetaka untuk Anda. Nah, sekarang masihkah Anda menginginkan minuman bersoda saat buka puasa?

3. Smoothies

Jika Anda langsung minum smoothies sesaat setelah berbuka puasa tanpa ada makanan yang masuk terlebih dulu, hati-hati mungkin Anda akan sakit perut. Pasalnya, smoothies mengandung yoghurt yang memiliki bakteri asam laktat yang bisa menaikkan asam lambung.

Sebenarnya, boleh-boleh saja minum smoothies, mengingat minuman ini penuh gizi dari buah dan kaya protein dari yogurt. Namun, sebaiknya isi perut Anda terlebih dulu dengan makanan sebelum minum smoothies.

Hal ini untuk mencegah asam lambung naik karena bakteri asam laktat yang harusnya baik untuk pencernaan Anda. Anda bisa makan camilan atau takjil dulu sebelum minum smoothies supaya perut tidak ‘kaget’.

4. Jus

obat impotensi

Mulai dari jus jeruk hingga alpukat merupakan pilihan minuman yang kurang tepat untuk diminum sesaat setelah buka puasa. Mengapa?

Sebuah penelitian dari Princeton University mengungkapkan bahwa ketika Anda meminum jus dalam keadaan perut kosong dapat mengganggu sistem pencernaan dan usus Anda. Hal tersebut disebabkan oleh tingginya kadar fruktosa yang tidak bisa dicerna oleh usus Anda.

Nah, karena tidak bisa dicerna oleh usus Anda, fruktosa tadi akhirnya menuju ke usus besar dan hati. Organ tersebut tidak memiliki mikroba untuk memproses gula.

Aneka minuman jus memang terasa menyegarkan di mulut saat buka puasa, tetapi waspadai akibatnya jika Anda tetap ingin mengonsumsi jus. Untuk mengakalinya, Anda bisa mengisi perut Anda dulu saat berbuka puasa sebelum minum jus.

Minum air putih lebih sehat saat buka puasa

cara diet air putih

Nah, sudah tahu kan minuman apa saja yang sebaiknya dihindari saat buka puasa? Minuman manis dan dingin memang menyegarkan pada awalnya, tetapi tentu yang paling terbaik adalah air putih.

Air putih sangat berperan penting dalam tubuh Anda, sehingga banyak meminumnya akan sangat baik bagi Anda. Oleh karena itu, usahakan untuk meminum banyak air putih ketika membatalkan puasa. Minuman menyegarkan lainnya tetap bisa Anda minum kok, asalkan jangan lupa untuk mengisi perut Anda yang kosong terlebih dulu ya!

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca