home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Tips Ampuh Menghilangkan Bau Durian di Mulut dan Tangan Anda

Tips Ampuh Menghilangkan Bau Durian di Mulut dan Tangan Anda

Di samping rasanya yang lezat, buah durian dapat meninggalkan bau menyengat di mulut dan tangan setelah Anda menyantapnya. Namun, adakah cara ampuh menghilangkan bau durian?

Berbagai cara menghilangkan bau setelah makan durian

mitos makan buah durian

Buah durian terkenal dengan ciri khasnya yang memiliki bagian kulit berduri. Buat ini juga punya aroma yang tajam dan menyengat sehingga beberapa orang mungkin tidak menyukainya.

Aroma khas ini tidak hanya terdapat pada daging buahnya saja, tapi juga bisa meninggalkan sisa bau tak sedap, baik pada mulut maupun tangan Anda.

Namun jangan khawatir, pasalnya ada sejumlah cara untuk menghilangkan bau durian yang dapat Anda praktikan seperti ulasan berikut ini.

1. Perbanyak air putih

Makan durian bisa menjadi salah satu hal yang menyebabkan bau mulut. Minum banyak air putih setelah makan durian bisa Anda lakukan untuk mencegah kondisi ini.

Minum air bisa membantu mengeluarkan sisa-sisa makanan yang menempel dalam rongga mulut.

Cara menghilangkan bau durian ini sekaligus meningkatkan produksi air liur untuk pencegahan mulut kering.

Kondisi mulut kekurangan air liur ini bisa menyebabkan bakteri tumbuh dan berkembang biak, lalu menghasilkan senyawa sulfur yang menyengat dalam rongga mulut Anda.

2. Sikat gigi dan flossing

Bau durian yang tak sedap juga bisa diatasi dengan menyikat gigi sampai membersihkan sela-selanya.

Sisa-sisa buah durian yang menempel di gigi bisa menyebabkan penumpukan bakteri dan plak yang nantinya bisa memperkuat bau tak sedap di mulut.

Nah, untuk membersihkan bagian yang tidak terjangkau, Anda juga bisa melakukan flossing setelah menyikat gigi. Flossing adalah teknik membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi.

Hal ini juga perlu Anda lakukan dengan teknik yang benar karena terlalu keras saat flossing bisa menyebabkan gusi berdarah.

3. Gunakan obat kumur (mouthwash)

Jika Anda mau menghilangkan bau durian di mulut dengan cepat, tidak ada salahnya untuk menggunakan obat kumur atau mouthwash.

Sebuah studi dalam Clinical and Experimental Dental Research menunjukkan obat kumur dengan kandungan klorin dioksida (chlorine dioxide) efektif untuk mengatasi bau mulut.

Obat kumur dengan klorin dioksida bekerja dengan membantu menghilangkan plak gigi, bakteri, dan sisa partikel makanan di dalam rongga mulut.

Anda bisa langsung berkumur setelah makan durian, tetapi umumnya lebih efektif dilakukan setelah menyikat gigi atau flossing.

4. Konsumsi makanan penghilang bau mulut

Saat bau mulut akibat makan durian menyerang, Anda bisa mengonsumsi sejumlah makanan dan minuman penghilang bau mulut, seperti makanan bervitamin C dan yoghurt.

Makanan sumber vitamin C , termasuk jeruk, mangga, dan brokoli, akan membuat kondisi mulut Anda menjadi tidak nyaman untuk pertumbuhan bakteri.

Buah dan sayuran ini sebaiknya Anda makan dalam kondisi mentah. Tekstur kasar sayuran ternyata dapat melepaskan sisa makanan yang menempel pada gigi.

Yoghurt juga bisa Anda pilih untuk sebagai cara menghilangkan bau mulut akibat makan durian.

Makanan probiotik ini mampu menekan kadar senyawa sulfida yang menyebabkan mulut beraroma tidak sedap.

5. Kunyah permen karet

Apabila Anda kesulitan menemukan makanan dan minuman di atas, mengunyah permen karet bisa jadi alternatif cara untuk menghilangkan bau durian di mulut.

Sebuah studi dalam Journal of Breath Research menjelaskan permen karet bisa memicu Anda mengunyah lebih sering, sehingga meningkatkan produksi air liur dalam rongga mulut.

Anda bisa memilih permen karet bebas gula dengan varian rasa peppermint yang menimbulkan sensasi segar dan menutupi bau mulut yang tidak sedap.

6. Berkumur dengan kulit durian

Beberapa kalangan penikmat durian juga menggunakan air yang dituang ke bagian dalam sisa kulit durian untuk menghilangkan bau di mulut dan tangan.

Peneliti dari Universitas Indonesia menemukan senyawa dalam kulit durian, yakni 5-hydroxymethylfurfural (5-HMF), bisa menetralkan bau durian di dalam mulut.

Anda juga bisa menghilangkan bau durian di tangan dengan cara mencuci tangan berbekal air rendaman kulit durian.

Walaupun begitu, kemanjuran metode ini tetap membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Menyantap durian bisa meninggalkan aroma yang mengganggu di mulut. Sisa durian yang menempel di gigi juga bisa menyebabkan penumpukan plak yang menimbulkan bau mulut.

Untungnya, ada beberapa cara ampuh untuk menghilangkan bau tak sedap tersebut.

Jadi, setelah menyantap durian pastikan segera membersihkan gigi dan mulut sehingga napas tetap segar.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Pham, T., & Nguyen, N. (2018). Efficacy of chlorine dioxide mouthwash in reducing oral malodor: A 2-week randomized, double-blind, crossover study. Clinical and experimental dental research, 4(5), 206–215. https://doi.org/10.1002/cre2.131 

Muniz, F. W., Friedrich, S. A., Silveira, C. F., & Rösing, C. K. (2017). The impact of chewing gum on halitosis parameters: a systematic review. Journal of breath research, 11(1), 014001. https://doi.org/10.1088/1752-7163/aa5cc2 

Liang-Hie, O., & Soemartini, M. (2005). The Presence of 5-Hydroxy-Methyl-Furfural in the Shells of the Durian Fruit ( Durio Zibethinus Murr.) as Minor Deodorant and its Possible Role in the Ripening Process of the Fruit. Ethnobotanical Leaflets, 2005, 14. https://opensiuc.lib.siu.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1260&context=ebl

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Satria Aji Purwoko Diperbarui seminggu yang lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan
x