10 Obat Alami yang Mampu Redakan Migrain

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 17 Mei 2020 . Waktu baca 8 menit
Bagikan sekarang

Migrain sebetulnya bukan sekadar sakit kepala sebelah yang terasa parah. Migrain merupakan kondisi neurologis kronis kambuhan yang bisa muncul sewaktu-waktu. Nah selain dengan minum obat migrain, ada juga pengobatan alami yang bisa Anda coba untuk mengurangi gejala-gejalanya. Berikut obat migrain alami atau tradisional yang mungkin tersedia di rumah Anda.

Pilihan obat alami untuk redakan migrain

obat migrain alami

Melansir Mayo Clinic, pengobatan migrain ditujukan untuk menghentikan gejala dan mencegah serangan yang akan terjadi di masa depan. Maka itu, pengobatan migrain tidak melulu hanya dengan obat dari dokter.

Saat serangan migrain berlangsung, ada baiknya Anda cepat-cepat menghindari pemicu migrain serta hal-hal lain yang menyebabkan stres. Stres adalah pemicu umum terjadinya sakit kepala migrain.

Llau, hal lain yang bisa Anda lakukan adalah mencari tempat yang nyaman untuk istirahat dan cobalah untuk menenangkan diri.

Jika memungkinkan, tidur siang sebentar di ruangan yang adem, gelap, sunyi, dan cukup dingin. Selain itu, jangan lupa untuk mencukupi waktu tidur sekitar 7-8 jam setiap malam.

Jangan sampai memaksakan begadang dan jangan pula tidur terlalu lama. Dua hal ini malah dapat memperparah sakit kepala.

Anda juga bisa mencoba obat alami nan tradisional di bawah ini untuk membantu mengurangi keparahan serta durasi gejalanya.

1. Minyak esensial

Minyak esensial yang biasa digunakan sebagai obat migrain alami adalah minyak lavender.  Minyak lavender dipercaya dapat membantu mengatasi stres, kecemasan, dan juga sakit kepala.

Studi kecil yang diterbitkan oleh European Neurology menemukan bahwa minyak lavender juga mampu membantu mengurangi tingkat keparahan sakit kepala migrain pada sebagian orang.

Penelitian tersebut menyatakan, orang yang menghirup aroma minyak lavender saat migrainnya kambuh bisa lebih cepat sembuh ketimbang orang yang menggunakan obat kosong (plasebo).

Selain minyak lavender, Anda juga bisa mengaplikasikan minyak peppermint. Kandungan mentol yang ada di dalamnya dapat meredakan juga menghentikan sakit kepala migrain.

Dalam sebuah studi di tahun 2010, mengoleskan minyak pepermint dapat meredakan rasa nyeri, mual, dan juga sensitivitas sensorik akibat gejala migrain.

2. Air putih

Pemicu lain terjadinya sakit kepala migrain adalah ketika Anda tidak mencukupi asupan air ke dalam tubuh sehingga terjadi dehidrasi. Penelitian telah menunjukkan bahwa dehidrasi kronis adalah penyebab umum sakit kepala tegang dan juga migrain.

Obat migrain alami atau obat herbal migrain yang bisa Anda coba adalah dengan minum air putih lebih banyak dalam sehari.

Namun apabila dehidrasi Anda cukup parah, air putih saja mungkin tidak cukup. Anda butuh minum obat oralit untuk menggantikan kadar elektrolit yang hilang.

3. Jahe

Jahe tergolong sebagai obat herbal atau tradisional karena mampu meredakan mual yang disebabkan oleh gejala migrain. Dalam suatu penelitian, diketahui bahwa bubuk jahe dapat mengurangi tingkat keparahan dan juga durasi migrain sama halnya seperti obat sumatriptan.

Apalagi, mengonsumsi atau menyeduh teh jahe pun risiko efek sampingnya lebih kecil dibandingkan mengonsumsi obat. Namun, apabila Anda mempunyai alergi jahe sebaiknya hindari penggunaannya sebagai obat migrain alami atau tradisional.

4. Suplemen herbal

Suplemen herbal butterbur, feverfew, atau ekstrak willow bark dapat Anda jadikan obat migrain alami untuk membantu mengurangi rasa sakit serta frekuensi migrain.

Menurut American Migraine Foundation, butterbur efektif dalam menurunkan frekuensi migrain ketika dikonsumsi selama sekitar 3 bulan. Dosis harian yang dikonsumsi adalah sebanyak 150 mg.

Sedangkan feverfew merupakan herbal yang terlihat seperti bunga aster. Feverfew diklaim belum mempunyai bukti yang cukup untuk menjadi obat migrain alami atau tradisional.

Namun, banyak orang yang sudah mengonsumsi dan mengatakan obat alami ini membantu meredakan gejala migrain tanpa efek samping.

Walaupun merupakan suplemen herbal, Anda perlu mengetahui apakah mempunyai alergi atau tidak. Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

5. Biji ketumbar

Biji ketumbar seringkali digunakan untuk bumbu masakan. Namun, ternyata Anda bisa memanfaatkannya sebagai obat migrain alami atau tradisional.

Biji ketumbar telah digunakan sebagai obat untuk penyembuhan sejak 7000 tahun yang lalu. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan anti peradangan serta meredakan tekanan.

Beberapa penyakit yang bisa diobati dengan obat herbal ini adalah alergi, diabetes, dan juga migrain. Anda bisa menggunakan cara mengunyah secara langsung atau menghirupnya setelah direndam dengan air panas.

6. Dong quai

Berasal dari cina, obat herbal yang satu ini juga bisa disebut sebagai ginseng wanita. Hal ini karena bermanfaat untuk menyeimbangkan sistem hormonal pada wanita.

Tidak hanya itu saja, tumbuhan yang masih satu keluarga dengan wortel serta seledri pun telah digunakan sebagai rempah-rempah dan krim obat selama lebih dari 1000 tahun.

Dong quai biasa digunakan sebagai obat sakit kepala, kelelahan, peradangan, nyeri saraf, serta migrain. Sebagai obat migrain alami atau tradisional, masih diperlukan peneliatian lebih lanjut.

7. Lobak pedas

Berasal dari keluarga sayuran lobak, lobak pedas juga dikenal sebagai sayuran akar yang mempunyai rasa serta bau menyengat. Tidak hanya sebagai bumbu, namun juga dapat digunakan sebagai pengobatan karena mempunyai senyawa antibakteri serta melancarkan masalah pernapasan.

Lobak pedas diklaim dapat mengobati infeksi kandung kemih, penyakit ginjal, nyeri sendi, masalah pernapasan, serta ketegangan otot.

Lalu, kemampuannya untuk mempersempit pembuluh darah juga dapat dijadikan sebagai obat migrain alami atau tradisional. Namun, belum ada uji secara klinis yang membuktikan secara pasti.

8. Suplemen magnesium

Menambah asupan magnesium pada tubuh Anda juga dapat mengatasi migrain dan sakit kepala secara alami. Magnesium merupakan mineral penting yang diperlukan termasuk untuk mengontrol kadar gula serta transmisi saraf.

Ada bukti yang menunjukkan masalah kekurangan magnesium lebih sering terjadi pada orang yang sering sakit kepala migrain.

Studi juga menunjukkan, asupan suplemen atau makanan dengan kandungan magnesium dapat membantu mencegah terjadinya sakit kepala migrain dengan aura dan migrain saat menstruasi.

Dalam studi tersebut, pengobatan dengan asupan magnesium 600 mg oral sitrat per hari dapat membantu mengurangi tingkat keparahan dan juga frekuensi sakit kepala migrain.

Namun, ada efek samping yang bisa dirasakan seperti masalah pencernaan sampai diare.

9. Vitamin B kompleks

Vitamin B merupakan golongan mikronutrien yang mudah larut dalam air dan mempunyai peranan penting dalam tubuh.

Vitamin B berkontribusimengatur kinerja berbagai sistem tubuh melalui neurotransmitter otak. Vitamin ini sekaligus juga berfungsi membantu mengubah makanan yang telah dicerna menjadi energi.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin B2, folat, vitamin B12, serta vitamin B6 dapat mengurangi gejala sakit kepala. Maka dari itu Anda pun dapat menggunakan vitamin B kompleks karena mempunyai kandungan delapan vitamin lengkap sebagai obat alami untuk mengobati gejala migrain.

Jenis vitamin ini dianggap aman untuk dikonsumsi secara teratur karena larut dalam air dan dapat keluar melalui urin sehingga tidak menumpuk di dalam tubuh.

10. Ginkgo biloba

Ginkgo biloba (tanakan) populer manfaatnya sebgai obat alami untuk meningkatkan daya ingat. Bahkan, tanaman herbal asal Tiongkok ini telah banyak menunjukkan efek terhadap perbaikan kondisi demensia yang diakibatkan oleh berkurangnya aliran darah ke otak.

Sebuah penelitian dari Journal of the Neurological Sciences tahun 2014 menemukan potensi ginkgo biloba sebagai obat alami untuk migrain. Temuan ini memperkuat hasil studi yang lebih lawas, masih dalam jurnal yang sama terbitan tahun 2009. Penelitian terdahulu menemukan bahwa ginkgo biloba dapat berguna sebagai obat tradisional untuk migrain dengan aura.

Meski demikian, masih butuh penelitian lebih lanjut terkait potensi ginkgo biloba untuk migrain.

Apa pun obat alami yang ingin Anda gunakan untuk mengobati migrain, bicarakan dulu dengan dokter mengenai manfaat dan risikonya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

14 Cara yang Bisa Dicoba untuk Menghilangkan Sakit Kepala

Daripada mengganggu aktivitas harian Anda, ada berbagai cara menghilangkan juga mengatasi sakit kepala seperti di bawah ini!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Nyeri Kronis, Health Centers 15 Mei 2020 . Waktu baca 8 menit

Cara Cepat Mengatasi Sakit Kepala Saat Kerja Lembur

Kerja lembur dan sakit kepala merupakan mimpi buruk bagi semua orang. Ikuti cara cepat mengatasi sakit kepala berikut ini untuk bantu ringankan nyeri.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
cara cepat mengatasi sakit kepala
Hidup Sehat, Tips Sehat 20 April 2020 . Waktu baca 5 menit

Migrain

Migrain adalah sakit kepala hebat di satu sisi. Cari tahu gejala, penyebab, pengobatan, serta cara mengatasi, dan mencegah kondisi ini di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z 14 April 2020 . Waktu baca 13 menit

Meningitis (Radang Selaput Otak)

Meningitis adalah peradangan pada selaput otak dan sumsum tulang belakang (meninges). Bagaimana gejala dan cara mengobatinya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z 9 April 2020 . Waktu baca 9 menit

Direkomendasikan untuk Anda

makanan pedas atasi migrain

Benarkah Makanan Pedas Bisa Mengatasi Sakit Kepala Migrain?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 26 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit
penyebab migrain saat haid

Apa Saja Penyebab dan Cara Mengatasi Migrain Saat Haid?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 18 Mei 2020 . Waktu baca 6 menit
Batas usia subur wanita bisa hamil

Penyebab Migrain Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 17 Mei 2020 . Waktu baca 6 menit
obat sakit kepala sebelah kanan atau kiri

6 Obat yang Ampuh Redakan Sakit Kepala Sebelah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 16 Mei 2020 . Waktu baca 6 menit