5 Makanan dan Minuman yang Dapat Menjadi Penyebab Kanker Serviks

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Penyebab kanker serviks sebenarnya belum dapat dipastikan secara jelas. Kemungkinan besar, infeksi dari human papilloma virus alias virus HPV disebut-sebut menyumbang peran dalam perkembangan sel-sel kanker pada serviks. Namun selain itu, pengaruh dari konsumsi makanan dan minuman sehari-hari yang kurang sehat juga diyakini bisa menjadi penyebab terjadinya kanker serviks. Benarkah demikian?

Berbagai makanan dan minuman penyebab kanker serviks

Selain infeksi HPV, ada anggapan yang menyebutkan bahwa makanan dan minuman diperkirakan dapat menjadi penyebab munculnya penyakit kanker, termasuk kanker serviks.

Dalam hal ini, khususnya aneka ragam makanan dan minuman harian yang tergolong kurang sehat dan sedikit zat gizi baiknya mungkin menjadi penyebab kanker serviks.

Itulah sebabnya risiko Anda untuk terkena kanker serviks dapat meningkat karena mengonsumsi aneka makanan dan minuman yang mungkin menjadi penyebab dari penyakit tersebut. Khususnya, bagi Anda yang sudah tergolong memiliki risiko tinggi kanker serviks.

Berikut daftar makanan dan minuman yang berpotensi meningkatkan risiko dan menjadi penyebab munculnya kanker serviks.

1. Makanan dengan kandungan lemak ‘jahat’

makanan berlemak membuat gemuk

Makanan yang berpotensi menjadi penyebab kanker serviks adalah lemak. Namun, tidak semua jenis lemak bisa menjadi penyebab kanker serviks.

Selama ini, lemak mungkin terkenal dengan pamornya yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Namun, perlu Anda ketahui kalau lemak yang dianggap ‘jahat’ atau kurang baik ini, yakni jenis lemak trans dan lemak jenuh.

Lemak trans biasanya mudah ditemui dalam olahan makanan yang telah melalui proses penggorengan, khususnya deep frying. Ada juga lemak trans yang terdapat pada makanan kemasan. Makanan yang mengandung lemak trans mungkin menjadi penyebab kanker serviks.

Sementara lemak jenuh merupakan jenis lemak yang terdapat pada daging sapi, ayam, kambing, dan lainnya. Sama halnya dengan lemak trans, makanan yang mengandung lemak jenuh disinyalir dapat menjadi penyebab berkembangnya sel-sel kanker serviks.

Sebagai solusinya, Anda bisa mengganti makanan sumber lemak ‘jahat’ penyebab kanker serviks dengan lemak ‘baik’ yang tentunya akan jauh lebih sehat. Lemak ‘baik’ ini meliputi asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda.

Jenis lemak baik yang mungkin tidak menjadi penyebab dari kanker serviks tersebut biasanya terdapat dalam sumber makanan berupa kacang-kacangan, minyak sayur, dan buah alpukat.

2. Makanan olahan dan cepat saji

mencerna makanan berlemak

Makanan lain yang menjadi penyebab kanker serviks adalah junk food. Ya, bahkan salah satu upaya yang disarankan untuk menghindari penyebab terjadinya kanker serviks adalah dengan mengurangi jumlah konsumsi makanan olahan dan cepat saji (fast food).

Makanan olahan penyebab kanker serviks di antaranya meliputi bacon dan hot dog. Baik makanan olahan maupun makanan cepat saji, umumnya memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi di dalamnya. Itu sebabnya, kedua jenis makanan tersebut berpotensi menjadi penyebab kanker serviks.

Secara tidak langsung, makanan inilah yang bisa menjadi penyebab naiknya berat badan, hingga kemudian mengarah pada kanker serviks.

Ya, melansir dari laman American Cancer Society, peningkatan berat badan yang mengarah pada obesitas. Obesitas sendiri diketahui menjadi salah satu faktor risiko kanker serviks.

Untuk Anda yang telah memiliki risiko kanker serviks sebelumnya, tentu harus ekstra waspada dengan kondisi ini.

Kombinasi dari hal tersebut seolah semakin memperbesar peluang Anda mengalami kanker serviks.

Oleh sebab itu, jika Anda tidak ingin mengidap penyakit ini, salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah menghindari makanan yang bisa menjadi penyebab kanker serviks ini.

3. Daging merah

cairan merah pada steak daging

Tahukah Anda bahwa daging merah dapat menjadi salah satu risiko penyebab kanker serviks? Ya, daging merah dapat menjadi kemungkinan lainnya dari beragam sumber makanan yang berisiko menjadi penyebab kanker serviks. Contoh daging merah yang umum ditemui termasuk daging sapi dan daging kambing.

Ditambah lagi, kandungan lemak dan kolesterol di dalam makanan penyebab kanker serviks ini lebih tinggi ketimbang daging putih, seperti ikan dan ayam.

Banyaknya asupan makanan penyebab kanker serviks ini dalam kurun waktu yang cukup lama dapat membuat peningkatan kadar kolesterol dan lemak di dalam tubuh.

Sama halnya seperti terlalu banyak makan makanan olahan dan cepat saji, asupan daging merah yang berlebihan juga dapat memperbesar kemungkinan Anda mengalami obesitas. Selanjutnya, obesitas bisa menjadi salah satu faktor risiko terjadinya kanker serviks.

4. Asupan sayur dan buah yang kurang

makan sayur cara efektif menurunkan berat badan

Jika makanan lain mungkin menjadi penyebab kanker serviks, kekurangan makanan ini justru mungkin menjadi penyebab meningkatnya risiko Anda mengalami kanker serviks.

American Cancer Society menyebutkan bahwa kekurangan asupan makanan berupa sayur dan buah-buahan dapat menjadi penyebab meningkatnya risiko kanker serviks.

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, sayur dan buah-buahan dikenal berkat berbagai manfaat baiknya bagi kesehatan.

Selain menyumbang sejumlah vitamin, mineral, dan antioksidan yang tinggi, buah dan sayur-sayuran juga cenderung rendah kandungan kalori. Hal ini secara tidak langsung dapat dikaitkan dengan berat badan yang sehat.

Ketimbang menerima terlalu banyak asupan lemak jenuh yang kerap disebut-sebut sebagai makanan penyebab kanker serviks, tentu mengonsumsi makanan ini dapat membantu Anda mengurangi risiko mengalami kanker serviks.

5. Alkohol

Alkohol mungkin memang berpotensi meningkatkan peluang terjadinya beberapa jenis kanker. Meski begitu, alkohol belum tentu tergolong sebagai makanan dan minuman penyebab kanker serviks.

Hanya saja, minuman ini tidak menyehatkan bagi tubuh. Bahkan, minuman ini bisa menimbulkan berbagai jenis penyakit yang juga berbahaya bagi tubuh. Jadi, tak ada salahnya untuk lebih membatasi asupannya.

Lebih baik lagi jika Anda mau menghindari alias tidak minum alkohol sama sekali, setidaknya demi menurunkan risiko kanker serviks sekaligus  menjaga kesehatan tubuh.

Kuncinya, perhatikan asupan makanan harian

makanan untuk penderita radang usus

Ada beberapa alasan mengapa asupan makanan dan minuman kerap dikaitkan dengan penyebab kanker serviks. Biasanya, karena kandungan zat yang ada di dalam makanan atau minuman tersebut dapat menjadi penyebab meningkatnya peluang Anda mengalami kanker serviks.

Efek yang dibawa oleh makanan tertentu juga bisa saja menjadi penyebab risiko Anda mengalami kanker serviks meningkat.

Lagi-lagi, pada dasarnya tidak ada bukti yang cukup akurat untuk benar-benar menyatakan bahwa ada makanan maupun minuman yang bisa menjadi penyebab kanker serviks.

Hanya saja, yang ada yakni kemungkinan asupan beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat menjadi penyebab meningkatnya peluang munculnya kanker serviks.

Di sisi lain, menjaga asupan zat gizi dari sumber makanan dan minuman harian juga disinyalir bisa membantu menjaga sistem imun tubuh.

Dengan begitu, diharapkan tubuh tidak mudah terserang berbagai infeksi, termasuk virus HPV yang diduga kuat sebagai penyebab kanker serviks.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Januari 20, 2020 | Terakhir Diedit: Januari 17, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca