Bagaimana Tetap Positif Setelah Diagnosis HIV

Oleh

Seperti yang Anda ketahui, berpikiran positif dapat menghasilkan hidup yang sehat walau jika Anda memiliki HIV atau penyakit lainnya. Ada banyak orang yang memiliki hidup panjang dengan bahagia karena mereka selalu positif. Jadi, bagaimana Anda dapat tetap positif setelah diagnosis HIV?

Berpikiran positif

Walau hal-hal tidak berjalan sesuai keinginan Anda, melihatnya dengan sikap yang positif dapat membantu Anda melewati situasi yang sulit, bahkan untuk hidup dengan lebih panjang. Suatu penelitian menunjukkan bahwa orang-orang dalam usia 20an yang menggunakan kata-kata positif untuk mendeskripsikan diri sendiri lebih cenderung hidup hingga usia 80an daripada orang dengan cara pandang yang negatif. Selain itu, orang dengan pandangan yang lebih positif terhadap kehidupan cenderung memiliki serangan stroke, masalah koroner, cedera dan demam yang lebih sedikit, serta wanita dengan pikiran positif memiliki kehamilan yang lebih sehat.

Bergabung dengan aktivitas sosial

Jangan hanya mendekam di rumah karena hal tersebut dapat membuat Anda depresi. Pergi dengan teman-teman atau berpartisipasi dalam aktivitas dengan keluarga dapat membuat Anda lebih percaya diri. Emosi yang baik dari orang-orang dapat berdampak kepada Anda dan memberikan pikiran yang positif. Jangan biarkan diri Anda kesepian dan memiliki pikiran yang buruk. Berbagilah pikiran Anda dengan kerabat atau teman-teman yang Anda percayai. Semakin banyak orang yang mengerti Anda dan penyakit Anda, semakin Anda dapat merasa bahagia.

Makan dengan sehat

Memiliki pola makan yang sehat mungkin tidak membantu Anda langsung berpikiran positif, namun dapat memberikan energi untuk tubuh yang membantu Anda hidup dengan positif. Selain itu, nutrisi dapat membantu meningkatkan sistem imun Anda. Diskusikan dengan dokter Anda untuk memiliki program diet dan konsumsi suplemen untuk meningkatkan kekuatan Anda. Mencoba makanan baru atau belajar memasak dapat membantu Anda untuk lebih suka makan. Banyak orang menemukan minatnya dalam memasak setelah diet untuk proses penyembuhan, dan hal ini membantu mereka hidup lebih positif. Pertimbangkan untuk berbicara dengan ahli gizi untuk menemukan makanan apa yang tepat untuk Anda serta kunjungi konselor yang terkualifikasi untuk menentukan rencana memperkuat kesehatan mental Anda.

Kurangi risiko terhadap orang lain

Ingatlah HIV menyebar melalui cairan tubuh tertentu dari orang yang terinfeksi HIV: darah, air mani, pre-cum, cairan rektum, cairan vagina dan ASI. Apabila Anda selalu ingat bahwa Anda harus melindungi kerabat Anda dari penyebaran HIV, Anda akan lebih bertanggung jawab dan berpikir lagi sebelum melakukan sesuatu. Hal ini dapat membuat orang-orang di sekitar menghargai Anda dan membuat Anda lebih percaya diri, serta berpikir lebih positif.

Banyak orang yang hidup dengan HIV memiliki hidup panjang dan bahagia dengan kehidupan sosial mereka, hanya dengan berpikiran dan melakukan hal-hal positif. Jadi, tidak ada yang perlu dikhawatirkan apabila Anda didiagnosis dengan HIV.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca