Anda pikir cara satu-satunya untuk menurunkan tekanan darah Anda adalah dengan mengurangi garam? Tidak.

Dari dapur hingga ke gym, berikut ini adalah beberapa trik untuk membantu Anda mengatur tekanan darah Anda

Buah bit

Buah bit mengandung nitrat, yang mana meregangkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah, menurut Christine Rosenbloom, PhD, professor emerita di Georgia State University.

Dengan memakan buah bit atau meminum jus bit sebelum berolahraga, dan Anda dapat menurunkan jumlah oksigen yang diperlukan otot untuk melakukan tugasnya, ini artinya ketahanan Anda dapat meningkat.

Tip dapur: bungkus bit di dalam aluminium foil dan panggang di oven dengan suhu 200°C selama 40 menit atau sampai lembut. Iris dan bumbui dengan minyak zaitun dan thyme segar. Apabila Anda ingin mencoba bentuk cairnya, minum sekitar 120ml jus bit sebelum berolahraga.

Yogurt

Yogurt bukan hanya untuk para wanita. Yogurt dapat membantu Anda membangun otot dan menguatkan tulang. Sekitar 180ml per hari dapat membantu Anda menjaga tekanan darah dalam kisaran sehat. Protein spesial dan sejenis bakteri yang disebut probiotik bertanggung jawab akan manfaat ini.

Pilihlah greek yogurt tanpa rasa dengan kandungan lemak tidak lebih dari 2%. Anda akan mendapat semua manfaat dengan gula dan lemak jenuh yang lebih sedikit.

Tip dapur: sajikan dengan bluberi. Bluberi menambah rasa manis alami dan dapat menjaga tekanan darah Anda seimbang.

Rempah-rempah

Periksa dapur Anda atau bagian bumbu di pasar untuk menemukan rasa yang tepat untuk Anda tanpa menambah garam. Cobalah bumbu yang memiliki rasa yang kuat seperti basil, bumbu bawang putih, jinten, bubuk kari, jahe, paprika, dan rosemary.

Tip dapur: Tambahkan smoothie Anda dengan kayu manis. Kayu manis dapat menjaga tekanan darah Anda.

Gazpacho

Mulai santapan Anda dengan semangkuk gazpacho rendah kalori. Sup sayur dingin ini dapat menurunkan tekanan darah karena bahan utamanya – tomat, minyak zaitun, dan bawang putih.

Semuanya kaya akan antioksidan, yang dapat menjaga kesehatan sel. Lycopene, yang terkandung pada tomat, ini sangat berguna menurut Alissa Rumsey, RD pelatih ketahanan dan pengkondisian.

Tip dapur: gazpacho dapat dengan mudah dibuat. Blender tomat, paprika, timun, bawang merah, bawang putih, basil, minyak zaitun, cuka balsamic, dan bumbu lain yang serasi. Bahan-bahan ini juga dapat dibuat menjadi salsa.

Dark Chocolate

Pilih dark chocolate sebagai pilihan camilan Anda. Pilih yang setidaknya memiliki kandungan 60% cocoa dan batasi konsumsi sebanyak kira-kira 30g per hari. Ini cukup untuk meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah.

Dark chocolate mengandung dua kali flavonoids—tipe lain dari antioksidan—daripada milk chocolate, yang membuat dark chocolate pilihan yang lebih tepat untuk jantung Anda.

Tip dapur: aduk bubuk coklat tanpa pemanis ke dalam sarapan oatmeal Anda.

Ikan

Belanja di pasar? Perhatikan bagian makanan laut lebih saksama. Pilihlah ikan salmon, mackerel, herring, trout danau, sarden, dan tuna albacore. Ikan-ikan ini memiliki dua lemak omega-3. Omega-3 dapat mengurangi radang, yang melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Tip dapur: makan ikan-ikan tersebut setidaknya dua hingga tiga kali seminggu.

Angkat Beban

Terlalu banyak lemak di bagian perut dapat meningkatkan risiko Anda terkena darah tinggi. Sebagai pencegahan, latihan angkat beban akan lebih menguntungkan Anda dibandingkan dengan penggunaan treadmill.

Anda dapat membakar lemak dua kali lipat lebih banyak dengan angkat beban daripada hanya melakukan kardio. Latihan kekuatan membangun otot akan mendorong metabolisme, jadi lebih mudah untuk membakar lemak.

Tip gym: jangan sampai tidak melakukan latihan kardio sama sekali karena latihan kardio masih merupakan cara terbaik untuk mengurangi kelebihan berat badan.

Yoga

Yoga? Benarkah? Ya. Hanya dalam tiga bulan Anda dapat mencapai angka tekanan darah yang lebih baik. Ini juga dapat membantu tingkat kolesterol Anda, sekaligus membantu Anda menurunkan berat badan.

“Yoga membantu melebarkan pembuluh darah dan mengurangi stress,” ujar Rumsey. Anda juga akan menjadi lebih kuat dan lebih fleksibel.

Tip Gym: mulailah dengan kelas pemula apabila Anda khawatir pose-pose Anda masih kurang terbentuk.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca