5 Hal yang Harus Dilakukan Agar Lebih Efektif Menurunkan Berat Badan

Oleh

Sebelum memulai rencana diet dan olahraga untuk mencapai berat badan tujuan Anda, ada beberapa hal yang perlu dilakukan demi memastikan rencana Anda berjalan lancar dan tidak berhenti di tengah jalan.

1. Ketahui berat badan ideal Anda

Tentukan berapa berat badan yang perlu Anda kurangi sebelum Anda memutuskan bagaimana melakukannya.

Kelebihan berat badan atau obesitas

Penderita obesitas disarankan untuk mengunjungi pusat penurunan berat badan, sehingga dapat mengikuti program yang terstruktur dan diawasi oleh profesional.

Sedikit kelebihan berat badan

Jika Anda mengontrol porsi makan, Anda dapat mengurangi asupan kalori.

Olahraga juga harus dilakukan. Jika Anda tidak bergabung dengan gym, Anda dapat membeli treadmill dan menggunakannya sembari Anda menonton TV. Atau cukup dengan berlari dan jogging di sekitar rumah. Sebelum memulai olahraga atau penurunan berat badan, selalu konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

2. Kenali kepribadian Anda dalam mengurangi berat badan

Kepribadian memiliki peran pada sikap terhadap makanan, menurut Thomas R.Przybeck, PhD, asisten profesor psikiatri di Washington University School of Medicine, St. Louis, yang telah menerbitkan topik tentang diet dan kepribadian. Kenali kecenderungan Anda dan buatlah rencana menghilangkan kebiasaan yang tidak produktif.

Impulsif. Menurut Pryzbeck, jika Anda melihat es krim di kulkas, Anda akan langsung melahapnya, Anda memiliki kecenderungan impulsif. Anda perlu untuk menghilangkan godaan-godaan tersebut.

Pelupa. Jika Anda cenderung tidak menyadari berapa banyak yang sudah Anda makan setiap Anda sedang makan, Anda perlu menghindari situasi tersebut.

Gelisah. Menurut Przybeck, orang yang gelisah, cemas dan depresi akan lebih sulit mengendalikan porsi makan, karena mereka biasanya makan agar perasaan lebih baik.

Gigih. Beberapa kepribadian tidak merasa menurunkan berat badan sesulit itu. Menurut Przybeck, jika Anda dapat mengendalikan diri, kooperatif dan taat, Anda akan lebih mudah menurunkan berat badan.

Supel. Przybeck menemukan bahwa orang supel lebih mudah mengatur asupan makanan lebih baik daripada orang pada umumnya.

3. Diet & Olahraga

Saat ditanyakan tentang mana yang harus dilakukan terlebih dahulu: diet atau olahraga, Lauren Gerson, MD, MSc, direktur Pusat Kelainan Esofagus dan Usus Kecil pada Standford University School of Medicine, California, menjawab: lakukan keduanya. Kombinasi diet dan olahraga akan membantu penurunan berat badan.

4. Buatlah komitmen yang kuat

Agar berhasil, Anda perlu mengerti mengapa Anda menurunkan berat badan Anda. Sebelum Anda memulai rencana penurunan berat badan, tanyakan pada diri Anda:

  • Apakah saya siap melakukan ini?
  • Apakah motivasi saya datang dari diri saya sendiri?
  • Dapatkah saya mengatasi rintangannya?
  • Dapatkah saya fokus penuh terhadap penurunan berat badan? (Jika Anda sedang memiliki kesibukan, lebih baik untuk menyelesaikan masalah tersebut terlebih dahulu, kemudian fokus pada penurunan berat badan.)

Dan yang terakhir, yakinkan bahwa Anda berkomitmen mengurangi berat badan adalah untuk kebaikan diri Anda sendiri, bukan akibat tekanan dari orang lain.

Lakukan dengan perlahan, ingatlah tips-tips ini dan berat badan Anda akan segera turun.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca