Obat dan Cara Efektif Mengatasi Diare untuk Ibu Menyusui

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Diare bisa menyerang siapa saja, termasuk saat menyusui. Beda dengan orang dewasa, mengatasi diare untuk ibu menyusui tidak mudah, karena beberapa obat dapat mengalir pada ASI. Lantas, adakah obat diare yang aman untuk ibu menyusui? Kemudian, adalah cara lain yang efektif untuk mengatasi diare pada ibu menyusui? Mari cari tahu jawabannya berikut ini.

Obat dan cara mengatasi diare untuk ibu menyusui

Meski terkena diare, ibu menyusui tidak perlu cemas. Diare tidak akan menular ke bayi melalui ASI. Kualitas ASI yang ibu miliki juga akan sama baiknya ketika Anda sehat karena ASI mengandung antibodi yang akan membantu melindungi bayi dari penyakit yang ibu miliki.

Oleh karena itu, jangan berhenti menyusui bayi meskipun Anda sedang diare. Hal yang harus Anda utamakan adalah pengobatan agar Anda cepat pulih.

Mengatasi diare pada ibu hamil dapat dilakukan dengan minum obat untuk meringankan gejala. Selain itu, dikombinasikan dengan pengobatan alami (rumahan) agar pengobatan jadi lebih efektif. Lebih jelasnya, mari bahas satu per satu.

Pilihan obat diare untuk ibu menyusui

obat mercaptopurine
Sumber: walesonline

Gejala diare yang mengganggu bisa diringankan dengan minum obat. Berikut ini ada beberapa pilihan obat diare yang aman untuk ibu menyusui, di antaranya:

Oralit

Obat yang menjadi pertolongan pertama diare untuk ibu menyusui adalah oralit.  Obat diare ini bekerja untuk mengatasi kekurangan elektrolit dan mineral pada ibu menyusui.

Dalam oralite terkandung natrium klorida, natrium bikarbonat, kalsium klorida, dan Glucose anhydrous. Selain bisa dibeli di apotek, obat diare untuk ibu menyusui ini juga bisa Anda buat sendiri.

Cara membuat oralit adalah melarutkan 6 sendok teh gula pasir dan 1/2 sdt garam dalam 1 liter air. Aduk merata, dan minum segelas tiap 4-6 jam sekali.

Loperamide

Loperamide adalah salah satu obat diare untuk ibu menyusui. Cara kerja dari obat diare untuk ibu menyusui ini adalah membantu memperlambat usus sehingga feses jadi lebih padat.

Beberapa merek di pasaran mengombinasikan obat diare untuk ibu hamil ini dengan simetikon. Tujuannya, agar kram dan kembung saat diare juga bisa diatasi.

Obat diare untuk ibu menyusui ini tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, dan sirup. Namun, National Health Service menyarankan ibu menyusui  perlu konsultasi ke dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat sebelum menggunakan obat.

Jangan minum obat melebihi dosis karena bisa menyebabkan masalah jantung serius, seperti aritmia. Selain itu, obat diare untuk ibu menyusui ini juga bisa menimbulkan efek samping, seperti pusing, sakit kepala, dan sembelit.

Cara mengatasi diare pada ibu hamil

butuh minum air putih 8 gelas

Selain obat diare medis, untuk meringankan gejala ibu menyusui juga bisa melakukan perawatan tambahan. Perawatan ini bisa juga disebut sebagai obat alami untuk mengatasi diare. Berbagai perawatan yang bisa dijadikan sebagai cara mengatasi diare pada ibu menyusui, meliputi:

Tingkatkan asupan cairan

Diare dapat menyebabkan dehidrasi jika semakin parah dan tidak ditangani dengan baik. Oleh karena itu, cara terbaik untuk mengatasi diare sekaligus mencegah dehidrasi adalah perbanyak minum air.

Saat diare, cairan tubuh banyak yang hilang. Dengan obat diare alami untuk ibu menyusui ini, cairan yang hilang akan kembali diganti.

Jangan anggap sepele dehidrasi pada ibu menyusui. Kondisi ini menimbulkan gejala lemas dan pusing, sehingga berisiko membuat ibu menyusui terjatuh saat menggendong si kecil.

Baiknya, ibu menyusui minum air sepanjang air putih. Sebenarnya, obat diare alami untuk ibu menyusui ini tidak air putih saja. Ibu menyusui juga bisa mencukupi kebutuhan cairan dengan buah kaya air, sup, atau jus.

Melakukan diet BRAT

Saat diare, diet bisa jadi salah cara mengatasi diare pada ibu menyusui. Pasalnya, diet bertujuan untuk mengatur pola makan. Diet khusus untuk mengatasi diare disebut dengan diet BRAT.

Kata BRAT adalah kepanjangan dari banana (pisang), rice (nasi putih), applesauce (saus apel, apel yang dihaluskan tapi bukan dijus), dan toast (roti panggang). Ini terdiri dari berbagai makanan saat diare yang paling direkomendasikan.

Diet BRAT berisi makanan yang mudah dicerna untuk orang yang diare. Sumber kalori utamanya berasal dari nasi putih dan roti yang membantu menghasilkan energi.

Sementara apel dan pisang bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan. Oleh karena itu, diet ini bisa juga disebut sebagai obat alami untuk mengatasi diare pada ibu menyusui.

Apel mengandung serat yang bisa membantu memadatkan kotoran. Sementara pisang kaya akan kalium yang bisa membantu penyerapan air pada tinja yang terlalu encer. Selain keempat makanan tersebut, Anda juga bisa makan telur, ayam tanpa kulit, kentang, mie, selai kacang, ikan, dan alpukat.

Makan makanan yang mengandung probiotik

Probiotik merupakan bakteri baik yang bagus untuk kesehatan pencernaan. Makan makanan yang mengandung probiotik membantu menggantikan bakteri baik yang hilang di saluran pencernaan akibat bakteri penyebab diare.

Makanan probiotik yang juga berfungsi sebagai obat untuk diare pada ibu hamil yang paling direkomendasikan adalah yogurt. Namun, pastikan untuk memilih produk yoghurt rendah gula karena makanan tinggi gula bisa membuat diare makin parah.

Minum teh jahe

Teh jahe dapat dijadikan sebagai obat diare alami untuk ibu menyusui. Minuman ini membantu mengurangi jumlah bakteri jahat karena senyawa aktifnya yang bersifat antibakteri. Selain itu, jahe juga bisa mengurangi gejala mual, kram, dan kembung saat diare.

Anda bisa membuat minuman ini dengan merebus air dengan potongan jahe. Setelah mendidih, teh jahe siap Anda minum.

Kapan harus pergi ke dokter?

cara memilih dokter internis terbaik

Diare biasanya berlangsung dalam 2 atau 3 hari. Namun, jika berlangsung lebih lama dari itu, segera periksa ke dokter. Apalagi jika buang air disertai demam, tubuh lemas, bibir kering, dan urin berwarna gelap.

Namun, Anda tidak perlu menunggu tanda-tanda demikian jika memang gejalanya sangat mengganggu Anda. Dokter akan melakukan pemeriksaan, memberi tahu kemungkinan penyebab, dan meresepkan obat diare yang tepat untuk ibu menyusui.

Ingat, Anda harus kembali pulih dengan cepat agar bisa menyusui buah hati dengan nyaman. Jadi, ikuti perawatan yang telah dokter rekomendasikan, entah itu obat medis yang ada di apotek atau obat alami.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Maret 8, 2019 | Terakhir Diedit: Januari 22, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca