backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

8 Rekomendasi Obat yang Paling Ampuh untuk Melancarkan BAB

Ditinjau secara medis oleh Apt. Ambar Khaerinnisa, S.Farm · Farmasi · None


Ditulis oleh Adhenda Madarina · Tanggal diperbarui 4 minggu lalu

8 Rekomendasi Obat yang Paling Ampuh untuk Melancarkan BAB

Kurang makan serat menjadi salah satu penyebab susah buang air besar. Cara mengatasinya tidak hanya cukup perbanyak asupan serat tetapi juga perlu konsumsi obat pelancar buang air besar. Nah, supaya tidak bingung, kami memiliki rekomendasi merek obat untuk melancarkan BAB yang bisa Anda beli di apotek berikut ini.

Cara memilih obat untuk melancarkan BAB

Sembelit biasanya ditandai dengan susah buang air besar dengan frekuensi lebih sedikit dan tekstur feses yang keras. Tentunya, kondisi ini membuat perut terasa penuh dan tidak nyaman.

Jika Anda terus memaksakan untuk mengejan untuk buang air besar dapat meningkatkan risiko wasir. Meski begitu, sembelit atau susah buang air besar dapat diatasi dengan minum obat pencahar.

Adapun kandungan obat pencahar yang efektif untuk melancarkan buang air besar atau BAB adalah latulosa, docusate, dan bisacodyl.

Selain itu, sejumlah obat pelancar BAB hadir dalam bentuk yang beragam, seperti tablet, sirup, dan supositoria. Ada juga tersedia dalam suplemen, obat herbal, dan serbuk minuman.

Pastikan Anda memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan. Apabila ragu, Anda bisa menanyakan terlebih dahulu kepada dokter atau apoteker untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Rekomendasi obat untuk melancarkan BAB

waktu buang air besar BAB

Ada berbagai obat pelancar yang bisa Anda temukan di apotek untuk melancarkan buang air besar (BAB). Tentunya, setiap obat memiliki cara kerja yang berbeda.

Berikut kami memiliki rekomendasi obat susah buang air besar yang paling ampuh dan bisa Anda jadikan referensi pilihan.

1. Dulcolax Tablet

Dulcolax hadir dalam sediaan tablet salut enterik yang diformulasikan khusus untuk mengatasi konstipasi atau sembelit. 

Obat ini mengandung zat aktif Bisakodil yang bekerja selama 6 sampai 12 jam untuk merangsang pergerakan pada usus besar, sehingga mempermudah pengeluaran kotoran atau BAB. 

Dengan cara kerja tersebut, rasa mulas akan muncul dan normal terjadi setelah menggunakan Dulcolax.

Tenang, obat pelancar BAB ini dapat dengan mudah Anda temukan pada swalayan atau apotek terdekat dengan harga yang relatif terjangkau.

Nomor registrasi BPOM: DTL 1821207915A1

2. Microlax Gel

Cari obat untuk melancarkan BAB dengan cepat? Jika ya, Anda bisa pilih Microlax yang bekerja cepat atasi sembelit, bahkan selama 5 sampai 15 menit setelah menggunakannya BAB langsung lancar.

Meskipun hadir dalam bentuk gel, obat ini nyaman karena tidak lengket, tidak berwarna, dan tidak berbekas. Selain itu, mudah Anda gunakan karena pipa aplikatornya elastis dan higienis untuk sekali pakai.

Cara pemakaiannya, Anda cukup oleskan sedikit gel pada bagian luar aplikatornya. Kemudian masukkan pipa ke dalam anus secara perlahan sambil Anda, lalu cabut kembali pipa dari anus jika isinya sudah keluar.

Nomor registrasi BPOM: DBL 7221628958A1

3. Vegeta Herbal

Vegeta Herbal merupakan minuman herbal yang mengandung ekstrak dan serat alami membantu melancarkan buang air besar. 

Obat ini bekerja dengan melunakkan feses dengan menyerap air, sehingga feses lebih mudah untuk dikeluarkan.

Tak hanya itu, Vegeta Herbal memiliki aroma dan rasa buah anggur yang menyegarkan. Dalam satu kemasan Anda akan mendapatkan 6 sachet.

Caranya, pertama tuangkan satu bungkus Vegeta ke dalam segelas air es atau dingin sebanyak 200 ml, kemudian aduk sampai rata atau kurang lebih selama 1 menit.

Pastikan untuk segera meminumnya supaya lebih nikmat, jika tidak cairan akan mengental.

Nomor registrasi BPOM: TR 062 263 331

4. Lactulax Sirup

Rekomendasi obat susah buang air besar lainnya yang bisa Anda beli di apotek adalah Lactulax Sirup.

Obat ini mengandung Lactulose yang dapat Anda gunakan untuk mengobati konstipasi kronis. Mengutip Cleveland Clinic, lactulose bekerja dengan meningkatkan jumlah air yang diserap usus Anda. 

Hal tersebut juga bertujuan melunakkan tinja, sehingga memudahkan buang air besar. Selain itu, juga meningkatkan tekanan yang dapat mendorong otot-otot dalam usus untuk mengeluarkan tinja. 

Produk ini dapat Anda konsumsi bersama atau tanpa makanan dan tersedia dalam bentuk sirup yang mudah untuk ditelan.

Nomor registrasi BPOM: DBL8709303937A1

5. FibreFirst 

Diketahui, jika kekurangan asupan serat menjadi salah satu penyebab susah buang air besar dan teksturnya keras.

Beruntung, FibreFirst yang terbuat dari ekstrak buah dan sayuran dapat bantu penuhi asupan serat harian Anda, sehingga kesehatan pencernaan meningkat.

Salah satu obat pelancar buang air besar ini tersedia dalam kemasan sachet yang praktis untuk Anda konsumsi sehari-hari.

Selain itu, FibreFirst tidak mengandung gula, tetapi menggunakan pemanis alami Stevia sebagai sumber pemanis alternatif pengganti gula.

Nomor registrasi BPOM: SI204212731

6. Laxatab 

Laxatab bisa jadi alternatif obat yang bisa Anda beli di apotek untuk melancarkan buang air besar atau BAB.

Selain sebagai pencahar, obat ini juga berguna untuk pembersihan usus sebelum operasi, persalinan, atau investigasi radiologis.

Setiap tablet Laxatab mengandung Docusate sodium, yang dapat meningkatkan jumlah air pada feses dalam usus, sehingga teksturnya tidak keras dan mudah untuk dikeluarkan.

Nomor registrasi BPOM: DBL7827802110A1

7. Laxing

Laxing merupakan obat tradisional yang terbuat dari bahan alami untuk menjaga kesehatan pencernaan dan melancarkan buang air besar (BAB).

Obat ini mengklaim bekerja secara cepat dalam hitungan jam dan efektif untuk merangsang usus untuk mempercepat proses pembuangan serta mengatasi konstipasi.

Sementara itu, Laxing cocok digunakan untuk berbagai kelompok usia termasuk orang dewasa dan lansia sesuai dengan anjuran dosis yang tertera dalam kemasan.

Nomor registrasi BPOM: TR172304211

8. Dulcolactol Lactulosa Sirup 

Merek obat lain yang diyakini paling ampuh untuk melancarkan BAB adalah Dulcolactol Lactulosa. Obat ini hadir dalam sediaan sirup dengan kandungan lactulosa sebagai zat aktif.

Cara kerjanya, dengan menaikkan tekanan osmosa dan tingkat keasaman dalam usus, sehingga feses menjadi lunak dan memudahkan proses buang air besar

Tidak hanya untuk orang dewasa, Dulcolactol tersedia dosis yang sesuai untuk anak-anak dengan dosis awal dan pemeliharaan yang jelas tercantum pada kemasan.

Nomor registrasi BPOM: DBL 0133700237A1

Demikian rekomendasi obat untuk melancarkan buang air besar atau BAB dan mengatasi sembelit yang bisa Anda beli di apotek.

Namun, jika Anda merasa gangguan pencernaan tersebut tidak kunjung membaik, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

Apt. Ambar Khaerinnisa, S.Farm

Farmasi · None


Ditulis oleh Adhenda Madarina · Tanggal diperbarui 4 minggu lalu

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan