7 Cara Efektif Menurunkan Gula Darah Tinggi (Hiperglikemia)

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: | Oleh

Tanggal update Mei 20, 2020
Bagikan sekarang

Kadar gula darah tinggi alias hiperglikemia adalah kondisi yang biasa ditemukan pada orang-orang pengidap diabetes atau yang mengalami gangguan produksi hormon insulin. Bila tidak ditangani, kadar gula darah yang terus tinggi bisa menyebabkan kerusakan organ tubuh, koma, atau bahkan kematian. Namun, bagaimana cara yang tepat untuk menurunkan kadar gula darah tinggi? Simak beberapa cara mengatasi kadar gula darah tinggi berikut ini.

Cara diabetesi menurunkan gula darah tinggi

Kadar gula darah dapat berubah-ubah, yakni pada tingkat yang rendah dan tinggi. Jika kadarnya sudah terlanjur tinggi sampai terkena diabetes, mempertahankan gula darah normal menjadi kunci agar tetap hidup sehat.

Selain itu, Anda juga perlu memerhatikan berbagai gejala-gejala kadar gula darah tinggi yang umum tampak pada pengidap diabetes. Misalnya, sering merasa haus, sering buang air kecil, dan mulut terasa kering. Dengan tahu gejalanya, Anda bisa segera menerapkan cara menurunkan gula darah tinggi.

Berikut ada beberapa cara untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi, meliputi:

1. Cek gula darah

berbagai hal tak terduga yang menyebabkan naik turun gula darah

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah rutin mengecek gula darah, menurut laman Global Diabetes Community di Inggris. Dari cara ini, Anda akan tahu tingkat kadar gula darah dalam tubuh. Apakah kadar gula darah Anda sedang stabil, tinggi, atau merosot rendah.

Selain dilakukan di klinik dengan bantuan dokter, pemeriksaan ini juga bisa dilakukan sendiri di rumah. Konsultasi lebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan bimbingan dalam menerapkan cara menurunkan kadar gula darah tinggi ini sendiri.

Jika Anda memiliki kondisi diabetes tipe 2, dokter mungkin menyarankan Anda melakukan pemeriksaan ini di rumah sebanyak 2 kali sehari. Biasanya, pemeriksaan ini dilakukan setelah makan dan sesudah tidur malam.

Pemeriksaan di rumah ini bisa dilakukan menggunakan mesin portabel kecil yang disebut meteran glukosa darah. Tes gula darah di rumah berguna untuk mengawasi kadar gula darah sehari-hari. Berikut ini merupakan kriteria dari hasil yang ditunjukkan oleh tes gula darah sewaktu (GDS):

  •      Normal: di bawah 200 mg/dl
  •      Kondisi hiperglikemia: di atas 200 mg/dl

Namun, sebenarnya kadar gula darah bisa berubah sepanjang waktu, seperti sebelum makan dan setelah makan. Berikut ini merupakan kisaran normal kadar gula darah Anda di tiap waktunya.

  •      Setelah tidak makan selama 8 jam (puasa): kurang dari 100 mg/dl
  •      Sebelum makan: 70-130 mg/dl
  •      Setelah makan (1-2 jam): kurang dari 180 mg/dl
  •      Sebelum tidur : 100-140 mg/dl

2. Suntik insulin

lokasi suntik insulin

Bagi pengidap diabetes, salah satu cara menurunkan gula darah tinggi yang paling cepat adalah dengan suntik insulin. Insulin yang disuntikkan ke tubuh akan membantu mengontrol kadar gula darah (glukosa) dalam tubuh.

Suntik hormon insulin bekerja menetralisir kadar gula dalam darah dengan cepat. Cara kerja dari suntik insulin dalam menurunkan gula darah tinggi adalah memberi sinyal pada sel lemak, otot, dan hati untuk mengambil glukosa dari darah dan mengubahnya menjadi glikogen (gula otot) di sel otot, trigliserida di sel lemak, dan keduanya di sel hati.

Menyuntikkan insulin sebagai cara mengatasi gula darah tinggi disarankan dilakukan setelah tes gula darah dan jika hasil pemeriksaan darah HbA1c tetap tinggi setelah penggunaan obat diabetes minum.

Cara menurunkan gula darah tinggi dengan insulin dilakukan lewat penyuntikkan di kulit perut, tepatnya di atas atau di samping pusar Anda.

Jika dilakukan di area lain, seperti lengan atau kaki, cara menurunkan gula darah tinggi dengan penyuntikkan insulin ini akan bekerja lebih lambat. Cara menurunkan gula darah tinggi ini juga sangat lambat bekerja jika disuntikkan pada area bokong.

Sebelum menerapkan cara menurunkan gula darah tinggi ini, pastikan lebih dulu untuk mengecek gula darah. Ini dilakukan guna mengetahui apakah Anda menyuntikkan dosis insulin yang tepat atau tidak.

3. Segera minum air putih

lokasi suntik insulin

Cara selanjutnya untuk menurunkan kadar gula darah tinggi adalah segera minum air. Pasalnya, saat gula darah tinggi, tubuh akan menimbulkan gejala haus. Ini dilakukan untuk meringankan gejala sekaligus mencegah terjadinya dehidrasi pada pasien diabetes.

Pasalnya, air dalam tubuh akan mencoba menetralisasi kelebihan gula dari darah, kemudian membuangnya melalui urine. Akibatnya, tubuh Anda akan membutuhkan lebih banyak cairan untuk menghidrasi diri sendiri.

Pasien diabetes sangat perlu membiasakan diri untuk menerapkan cara ini dengan rutin untuk menurunkan kadar gula darah tinggi. Bukan lagi 8 gelas per hari, melainkan meminum air mineral sesuai dengan kebutuhannya agar terdehidrasi dengan baik.

Perlu kembali diingat bahwa semakin intens aktivitas fisik yang Anda lakukan, tubuh semakin banyak butuh banyak asupan air. Itu artinya Anda perlu lebih sering minum lagi bila aktivitias fisik yang Anda lakukan semakin banyak agar cara menurunkan gula darah tinggi ini lebih efektif.

4. Olahraga

menjaga gula darah normal

Tidak hanya minum air, cara menurunkan gula darah tinggi juga bisa dilakukan dengan menjaga aktivitas fisik, salah satunya olahraga.

Olahraga adalah cara yang baik untuk mengatasi tingkat gula darah Anda dalam takaran yang sehat. Selain itu, cara menurunkan gula darah tinggi ini memberi manfaat lain, yakni merangsang jantung Anda memompa darah ke seluruh tubuh.

Saat memompa darah, glukosa digunakan dalam aliran darah untuk menghadirkan energi lebih banyak. Cobalah untuk meningkatkan cara menurunkan gula darah tinggi ini setidaknya selama 10 sampai 15 menit.

Pada pasien diabetes, cara menurunkan gula darah tinggi ini tidak boleh dilakukan sembarangan. Pasalnya, kemerosotan gula darah pada tinggi yang lebih rendah bisa saja terjadi. Jadi, saat menerapkan cara menurunkan gula darah tinggi ini, jangan lupa untuk mengecek gula darah sebelum dan sesudah olahraga. Waspada juga bila saat berolahraga muncul gejala gula darah rendah (hipoglikemia) seperti pusing, lemas, keringat dingin, atau tangan gemetar.

Selain itu, pilih jenis olahraga yang tepat agar cara menurunkan gula darah tinggi jadi lebih efektif. Anda perlu konsultasi ke dokter untuk membuat rencana olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh.

5. Membatasi asupan gula

menurunkan gula darah

Kadar gula darah yang tinggi terjadi akibat berlebihnya asupan gula dari makanan yang Anda makan. Untuk itu, cara menurunkan gula darah tinggi yang tepat adalah kembali membatasi asupan gula pada makanan. Tapi bukan berarti lantas Anda tidak makan sama sekali.

Gula darah tinggi umumnya disebabkan oleh jenis makanan Anda sehari-hari. Mulai dari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, indeks glikemik tinggi, atau kurang serat.

Salah satu cara untuk menurunkan gula darah tinggi lewat makanan, yakni mengganti nasi putih dengan kentang rebus yang indeks glikemiknya lebih rendah.

Selain kentang, cara menurunkan gula darah tinggi ini bisa juga dilakukan dengan memperbanyak asupan serat dari gandum, sayuran, atau buah-buahan.

Namun, cara menurunkan gula darah tinggi ini tidak hanya bergantung pada pilihan makanan, tapi juga porsi. Gunakan prinsip “makan sedikit tapi sering” ketimbang “langsung banyak dalam sekali makan”.

Cara lain untuk menurunkan gula darah tinggi yang bisa Anda lakukan adalah memakai pemanis rendah kalori dan mengandung kromium untuk meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh, sehingga membantu diabetesi dalam mengontrol gula darah.

6. Hindari stres

mengurangi stres

Tak bisa dipungkiri bahwa kadar gula yang tinggi sering kali bikin kita jadi stres dan frustasi. Akan tetapi, perlu dicatat bahwa semakin Anda stres, gula darah Anda justru makin meningkat.

Itu sebabnya, Anda perlu mengatasi stres sebagai salah satu cara untuk menurunkan gula darah yang tinggi.

Tubuh akan memproduksi banyak hormon glukagon dan kortisol saat sedang stres. Nah, hormon-hormon inilah yang menyebabkan kadar gula darah melonjak drastis.

Cara menurunkan gula darah tinggi yang berkaitan dengan stres bisa Anda lakukan dengan pergi jalan-jalan, mendengarkan musik, atau sekadar latihan pernapasan untuk menghalau stres.

Lambat laun, kadar gula darah Anda akan tetap stabil setiap hari jika Anda menerapkan cara menurunkan gula darah tinggi ini pada situasi yang tepat.

5. Tidur cukup

tidur terlalu cepat

Cara lain untuk menurunkan gula darah tinggi adalah mencukupi waktu tidur. Perlu diketahui bahwa kurang tidur ternyata juga dapat menaikkan gula darah dan mengurangi sensitivitas insulin.

Bukan hanya itu, kurang tidur juga bisa memicu kenaikan berat badan, padahal pasien diabetes perlu menjaga berat tubuhnya tetap ideal.

Jadi, cara menurunkan gula darah tinggi akibat kurang tidur bisa dilakukan dengan memastikan diri cukup istirahat, yakni 7 hingga 8 jam per hari.

Namun, jangan terlalu lama menerapkan cara menurunkan gula darah yang satu ini terlalu lama di siang hari. Tidur siang terlalu lama dapat membuat Anda kesulitan tertidur lelap saat malam, yang pada akhirnya akan mengganggu ritme tidur alami Anda. Jika Anda masih juga kesulitan tidur nyenyak di malam hari, segera konsultasi ke dokter.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

10 Cara Mencegah Diabetes yang Bisa Dilakukan Mulai Hari Ini

Anda bisa mencegah penyakit diabetes. Namun, apa saja tindakan pencegahan diabetes yang bisa Anda lakukan? Baca lebih jelasnya di sini.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Risky Candra Swari
Diabetes, Health Centers November 14, 2019

Panduan Tepat Merawat Anak yang Mengidap Diabetes

Menghadapi diabetes pada anak tentu tidak mudah. Namun, tak berarti mustahil dilakukan. Simak dulu 4 tips cerdas saat mengasuh anak dengan diabetes berikut.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Andisa Shabrina
Diabetes, Health Centers November 13, 2019

6 Jenis Olahraga untuk Penderita Diabetes dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Olahraga memang penting untuk kesehatan tubuh, termasuk untuk pasien diabetes. Apa saja jenis olahraga untuk penderita diabetes? Berikut ulasannya.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Aprinda Puji
Diabetes, Health Centers November 11, 2019

Diabetes Melitus

Diabetes melitus adalah penyakit autoimun kronis yang disebabkan oleh kadar gula darah. Apa saja gejalanya? Bagaimana mengatasi kondisi ini?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Risky Candra Swari
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z April 25, 2019

Direkomendasikan untuk Anda

Kopi Filter Berpotensi Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Kopi Filter Berpotensi Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Winona Katyusha
Tanggal tayang April 29, 2020
Bagaimana Strip Test Gula Darah Bisa Mengetahui Kadar Gula Kita?

Bagaimana Strip Test Gula Darah Bisa Mengetahui Kadar Gula Kita?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh Rena Widyawinata
Tanggal tayang Maret 27, 2020
Panduan Merawat Orangtua yang Sakit Diabetes

Panduan Merawat Orangtua yang Sakit Diabetes

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Novita Joseph
Tanggal tayang November 15, 2019
Tips Panjang Umur Jika Anda Menderita Diabetes

Tips Panjang Umur Jika Anda Menderita Diabetes

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M
Tanggal tayang November 14, 2019