Sebagai orangtua, Andamemiliki tanggung jawab yang utama bagi kesehatan anak Anda di sekolah, tetapi itu tidak berarti bahwa Anda harus pergi ke sekolah untuk melakukan tes injeksi atau pemeriksaan darah anak Anda. Ini lebih kepada memastikan sekolah mengetahui kondisi terbaru tentang manajemen diabetes anak Anda, pastikan mereka punya peralatan yang dibutuhkan untuk merawat anak Anda, dan berikan persetujuan perawatan medis untuk diberikan di sekolah.

Merawat anak dengan diabetes tipe 1 di sekolah bukan hanya tanggung jawab satu orang. Setiap orang memiliki peran: Anda, anak Anda (jika mereka cukup dewasa), sekolah mereka, dan tim diabetes anak.

1. Biarkan sekolah anak Anda tahu

Umumnya Anda yang akan memberi tahu sekolah kalau anak Anda mengidap diabetes. Jika anak Anda baru didiagnosis, Anda harus memberi tahu sekolah secepat mungkin. Jika musim sekolah baru dimulai, maka Anda harus segera memberitahukannya kepada pihak sekolah baru.

2. Berperan dalam menyusun rencana kesehatan individu anak Anda

Sebagai orangtua, Anda memiliki peran penting dalam membuat rencana perawatan kesehatan anak Anda dan meninjaunya bila diperlukan. Anda juga harus melakukan apa pun yang telah Anda setujui untuk rencana ini, misalnya dengan menyediakan insulin atau peralatan.

3. Memberikan izin tertulis penggunaan insulin untuk diberikan oleh staf sekolah, atau dilakukan sendiri oleh anak anda

Wakil sekolah anak Anda juga harus memberikan izin tertulis untuk hal ini.

4. Membantu melatih staf sekolah

Untuk memastikan staf sekolah dapat menolong anak Anda untuk melakukan tes darah atau memberikan suntikan insulin, pastikan Anda melakukan sesi latihan pada beberapa staf sekolah yang bertanggung jawab akan hal ini (misalnya wali kelas, petugas UKS, atau guru olahraga) sehingga mereka bisa melakukannya dengan benar.

Anda dan staf sekolah akan memutuskan hal berikut:

  • Siapa yang akan menerima pelatihan?
  • Kapan pelatihan ini akan berlangsung? Pastikan ini dilakukan beberapa hari sebelum anak Anda mulai masuk sekolah.
  • Pelatihan apa yang dibutuhkan?

5. Pengecekan glukosa darah

Staf sekolah akan perlu tahu beberapa hal berikut:

  • Mengapa ini penting?
  • Berapa range yang normal untuk anak Anda?
  • Jika kadar glukosa darah berada di luar target normal, apa yang harus dilakukan?
  • Siapa yang akan melakukan tes glukosa? Ini mungkin dilakukan staf atau anak Anda sendiri.
  • Di mana tes glukosa dilakukan? Anda atau anak Anda mungkin lebih memilih untuk mengecek glukosa di UKS atau di ruang guru.

6. Insulin

Staf sekolah akan perlu tahu:

  • Bagaimana cara memberikan insulin? Memakai injeksi atau pompa?
  • Siapa yang akan melakukan pemberian insulin? Apakah anak Anda bisa melakukan hal ini sendiri atau mereka memerlukan bantuan? Jika mereka membutuhkan bantuan, apa yang harus diperhatikan secara khusus? Ada anak yang mungkin perlu orang lain untuk menyuntikkan insulin, namun ada juga anak yang lain mungkin hanya perlu diingatkan atau meminta bantuan seseorang untuk memeriksa dosis.
  • Kapan anak Anda akan perlu insulin

7. Menghitung karbohidrat

Pikirkanlah, siapa yang akan melakukan hal ini? Jika anak Anda mengonsumsi makan siang dalam kemasan, Anda dapat melakukannya sendiri dengan melihat label makanan. Jika makanan disediakan sekolah, Anda mungkin memerlukan petugas kantin sekolah untuk memberikan informasi ini kepada anak Anda/anggota yang relevan dari staf. Anak Anda mungkin dapat menghitung dosis insulin yang diperlukan sendiri atau mereka mungkin perlu seseorang untuk melakukannya untuk mereka.

8. Hipoglikemia dan hiperglikemia

Pastikan staf sekolah mengetahui:

  • Alasan mengapa anak Anda mungkin memiliki hipoglikemia. Misalnya: tidak cukup makan, aktivitas fisik yang tidak direncanakan, memiliki terlalu banyak insulin.
  • Alasan mengapa anak Anda mungkin memiliki hiperglikemia. Misalnya: makan lebih banyak dari biasanya, tidak seaktif seperti yang diharapkan, kegagalan pompa insulin, atau anak sedang tidak enak badan.
  • Apa saja gejala hipo/hiper anak Anda? Apakah anak Anda bisa mengenali gejala tersebut sendiri, atau apakah mereka membutuhkan orang lain untuk mengenalinya?
  • Bagaimana cara menangani hipo atau hiper. Sertakan opini perawatan hipo yang disukai anak Anda, koreksi dosis untuk hiper, dan kapan Anda ingin dihubungi.

9. Berkomunikasi dengan sekolah

Anda harus menyediakan sekolah anak Anda dengan informasi terbaru tentang diabetes anak Anda dan bagaimana menanganinya. Hal ini harus mencakup bantuan apa yang mereka butuhkan, kapan mereka membutuhkannya, atau perubahan pengobatan dari hari ke hari yang mungkin mempengaruhi diabetes mereka di sekolah.

Anda dan staf sekolah perlu menemukan cara untuk berkomunikasi satu sama lain. Mungkin juga ada saatnya ketika Anda harus dihubungi pada jam sekolah, jadi pastikan staf sekolah mengetahui keadaan kapan Anda ingin sekolah menghubungi Anda. Penting bagi sekolah untuk memiliki nomor kontak darurat bagi Anda dan orang dewasa lain yang dapat membantu anak Anda dalam keadaan darurat.

Dan pastikan pesan yang Anda ingin sampaikan kepada staf sekolah sampai ke orang yang tepat, cari tahu siapa yang akan menjadi kontak utama Anda di sekolah dan cara terbaik untuk terus berhubungan dengan mereka.

Pastikan staf sekolah memiliki obat dan peralatan yang tepat untuk menjaga anak Anda. Anda harus memastikan bahwa ada insulin, perlengkapan, dan peralatan di sekolah dan semuanya belum kedaluwarsa. Mintalah pihak sekolah untuk memberi tahu kapan perlengkapan tersebut kedaluwarsa. Anda juga harus mengambil obat atau peralatan yang tidak lagi diperlukan di sekolah dan pastikan peralatan itu dibuang dengan benar.

Yang juga perlu Anda baca