Apakah Gymnema Merupakan Masa Depan Pengobatan Diabetes?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: Hello Sehat Medical Review Team

Saat ini semakin banyak orang yang didiagnosis dengan diabetes, sehingga tidak terlalu mengejutkan bahwa permintaan pengobatan alternatif makin meningkat pula. Salah satu suplemen herbal yang populer di kalangan orang-orang dengan diabetes adalah ekstrak Gymnema, atau GS4.

Tanaman Gymnema adalah tanaman panjat bercabang besar yang tumbuh di hutan kering yang berasal dari India. Tanaman ini pertama kali digunakan sebagai pengobatan untuk diabetes 2.000 tahun lalu dalam pengobatan tradisional India (Ayurveda), tetapi studi ilmiah tentang seperti apa dampaknya baru dipelajari baru-baru ini.

Bagaimana cara gymnema?

Gymnema diduga melakukan beberapa hal: memblokir rasa manis dan membantu mengatur gula darah dengan menghalangi penyerapan gula di dalam usus dan merangsang pelepasan insulin dari pankreas.

Bila Anda menaruh tanaman ini di lidah Anda, ia akan membuat Anda berhenti mencicipi gula. Tanaman ini diolah menjadi suplemen dan ia telah diakui dapat membantu orang dengan diabetes untuk mengontrol gula darah.

Terdapat sangat sedikit bukti klinis yang mendukung penggunaan Gymnema untuk diabetes. Hanya beberapa penelitian yang tersedia dan sebagian besar dari mereka masih menjadikan hewan sebagai objeknya. Studi yang melibatkan manusia juga tidak cukup tinggi kualitasnya untuk membuktikan bahwa Gymnema efektif dalam membantu mengontrol gula darah. Satu studi kecil pada manusia menemukan bahwa dosis GS4 harian sebesar 400 miligram (mg) mengurangi jumlah insulin yang dibutuhkan oleh orang-orang dengan diabetes terapi insulin. Beberapa peneliti percaya GS4 dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk memproduksi insulin sendiri oleh regenerasi sel beta.

Suplemen Gymnema juga digunakan untuk membantu menurukan berat badan dan kolesterol. Namun, hanya ada sedikit bukti ilmiah untuk mendukung klaim ini. Beberapa penelitian pada hewan telah menemukan bahwa suplemen ini dapat mengurangi kolesterol. Satu studi pada manusia dengan diabetes menemukan bahwa GS4 dapat mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida. Gymnema sebagai bahan dalam suplemen penurunan berat badan telah terbukti menurunkan berat badan, tetapi tidak jelas apakah satu jenis bahan lebih efektif daripada bahan kombinasi.

GS4 tersedia dalam bentuk pil. Dosis umum yang telah dipelajari yaitu antara 200 mg dan 600 mg setiap hari. Dosis ini dianggap aman, tetapi perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

Diskusikan dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum menggunakan suplemen ini. Hal ini terutama berlaku jika Anda sedang menjalani pengobatan insulin atau lainnya untuk mengontrol gula darah. Jika Gymnema ini efektif dalam menurunkan gula darah Anda, dosis insulin atau obat Anda mungkin perlu disesuaikan. Menggunakan Gymnema tanpa pengawasan dokter dapat membuat Anda berisiko terkena hipoglikemia (gula darah sangat rendah).

Perawatan medis untuk diabetes adalah kombinasi dari perubahan gaya hidup, seperti diet dan olahraga, serta membaca kadar gula darah Anda, dan minum obat atau insulin. Gymnema bukanlah pengganti perawatan ini, tapi mungkin bisa ditambahkan dalam rencana pengobatan Anda jika dokter Anda menyetujui.

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca