7 Bahan Alami yang Berkhasiat Mengatasi Kulit Kepala Kering

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15 November 2019 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang
Artikel ini berisi:

Kulit kepala kering bisa menyebabkan serangkaian masalah seperti gatal, ketombe, dan rambut rontok. Penyebabnya berbeda-beda, tetapi yang paling umum dan sering terjadi yaitu akibat reaksi terhadap perubahan cuaca dan produk perawatan rambut yang Anda gunakan. Selain itu, kebiasaan sehari-hari seperti kurang minum dan keramas yang terlalu sering juga bisa menyebabkan kulit kepala Anda kering. Berbagai masalah kesehatan seperti eksim dan psoriasis juga turut menjadi penyebab kulit kepala yang kering. Adakah cara alami untuk merawatnya? Tentu saja!

Berbagai perawatan alami untuk mengatasi kulit kepala kering

Untuk mengatasi masalah ini, berikut berbagai perawatan alami yang bisa Anda coba untuk mengembalikan kelembapan kulit kepala Anda.

1. Lidah buaya

manfaat lidah buaya

Sifat antiradang dari lidah buaya dapat melembapkan kulit kepala yang kering dan mengurangi iritasi kulit yang diakibatkannya.

Cara pakainya sangat mudah. Belah lidah buaya segar dan usapkan bagian daging berairnya langsung di kulit kepala. Diamkan kurang lebih 10 menit sampai gel meresap dengan baik. Alternatifnya, Anda bisa pakai gel lidah buaya asli yang dicampur dengan minyak esensial seperti lavender, tea tree, atau peppermint. Pijat campuran tersebut di kulit kepala dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas bersih dengan sampo.

Selain dioleskan langsung ke kulit kepala, Anda juga bisa meminum jus lidah buaya agar hasilnya lebih maksimal.

2. Baking soda dan minyak zaitun

6 manfaat baking soda untuk kecantikan

Minyak zaitun dikenal manfaatnya sebagai pelembap kulit alami. Sementara itu, baking soda bersifat antijamur dan antibakteri. Mengombinasikan keduanya untuk merawat kulit kepala kering bisa membantu menyelesaikan masalah Anda, terlebih jika Anda juga ketombean. Campuran minyak zaitun dan baking soda bisa mengangkat ketombe yang membandel dan meredakan rasa gatal.

Campurkan keduanya dalam perbandingan yang sama, hingga tercampur rata. Kemudian ambil secukupnya dan pijatkan secara merata ke kulit kepala. Biarkan selama kurang lebih lima menit sebelum cuci bersih dengan sampo.

Pastikan Anda membersihkannya dengan benar agar sisa-sisa bahan tidak menempel yang justru dapat menyebabkan masalah baru di kulit kepala.

3. Yogurt dan telur

telur palsu

Kandungan protein dan lemak baik dalam telur juga yogurt dapat membantu melembapkan kulit kepala kering yang mengelupas. Kombinasi kandungan keduanya juga membantu menyehatkan dan melindungi kulit kepala dengan mencegah kerusakan sel kulit akibat paparan radikal bebas dari polusi udara.

Untuk membuatnya, gunakan yogurt murni tanpa tambahan gula dan perasa. Ambil beberapa sendok yoghurt dan campurkan telur ke dalamnya. Oleskan campuran ini langsung ke kulit kepala dan pijat perlahan sampai meresap sempurna. Biarkan hingga kurang lebih 10 menit sebelum dibersihkan. Usahakan untuk membilasnya dengan air hangat sampai bersih.

Gunakan sampo untuk membersihkan kulit kepala secara menyeluruh dari sisa-sisa telur dan juga yoghurt yang mungkin menempel.

4. Alpukat

resep alpukat

Alpukat mengandung asam lemak tak jenuh yang dapat melembapkan dan melindungi kulit dari kekeringan. Menggunakan alpukat yang haluskan atau sudah berbentuk minyak bisa membantu mengatasi masalah kulit kepala. Selain itu, lakukan perawatan dari dalam dengan makan buah alpukat.

Jika Anda berniat untuk menggunakan buah alpukat, usahakan untuk menghancurkannya hingga halus. Setelah itu, jangan lupa untuk mencampurkan minyak zaitun ke dalamnya. Pastikan bahwa Anda melumuri kulit kepala Anda dengan campuran bahan ini dengan baik untuk kemudian melakukan pemijatan. Biarkan selama 10 hingga 15 menit sebelum dibersihkan. Seperti biasa, jangan lupa untuk membersihkan kulit kepala secara menyeluruh dari sisa-sisa alpukat. Cara yang sama juga bisa Anda terapkan jika Anda menggunakan minyak alpukat.

5. Masker pisang

makan pisang bisa atasi sembelit

Pisang dapat digunakan untuk melembapkan kulit kepala yang kering. Selain melembapkan, pisang juga mengandung zat antimikroba alami yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala.

Untuk menggunakannya, Anda bisa menghaluskan pisang dengan menambahkan beberapa sendok minyak kelapa atau zaitun. Jangan lupa untuk memijatnya secara perlahan dan membiarkannya selama 10 hingga 15 menit sebelum dibilas.

6. Minyak kelapa

minum minyak kelapa

Minyak kelapa termasuk salah satu jenis minyak yang juga bermanfaat untuk merawat kulit kepala kering. Selain melembapkan, minyak kelapa mengandung sifat antijamur dan antibakteri yang dapat membantu mengurangi risiko infeksi di kulit kepala akibat kulit kepala yang kering.

Bahkan, minyak kelapa dapat membantu mengobati dermatitis atopik dan membuat rambut menjadi lebih halus. Cara menggunakannya sangat mudah, Anda hanya perlu mengoleskan minyak kelapa ke kulit kepala. Pijat hingga meresap dan diamkan selama 10 menit sebelum membilas rambut.

7. Minyak tea tree

tea tree oil

Selain untuk mengobati jerawat, minyak tea tree juga bisa digunakan untuk merawat kulit kepala yang kering. Minyak ini memiliki sifat antiseptik, antijamur, dan juga antibiotik yang dapat meredakan ketombe.

Untuk memakainya, Anda bisa mencampur beberapa tetes minyak tea tree dengan minyak kelapa atau minyak zaitun. Baurkan ke kulit kepala dan pijat secara perlahan. Diamkan selama 10 menit agar minyak meresap dengan baik. Kemudian bilas dan cuci rambut Anda dengan sampo.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Manfaat dan Cara Menggunakan Minyak Zaitun Dengan Benar untuk Memasak

Ada segudang manfaat minyak zaitun untuk kesehatan. Namun, hati-hati. Cara menggunakan minyak zaitun yang keliru bisa saja jadi berbalik merugikan Anda.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Nutrisi, Hidup Sehat 28 Mei 2020 . Waktu baca 12 menit

5 Bahan Pengganti Mentega untuk Membuat Kue yang Lebih Sehat

Ingin membuat kreasi kue yang lebih sehat tapi tetap lezat? Coba ganti mentega dengan bahan lain. Apa saja bahan yang bisa menjadi pengganti mentega?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Nutrisi, Hidup Sehat, Tips Sehat 22 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

3 Kreasi Hidangan Olahan Lidah Buaya Nan Menyegarkan

Selain untuk perawatan kulit, ternyata olahan lidah buaya juga bisa dikonsumsi dan baik untuk kesehatan tubuh. Ini dia aneka resep lidah buaya.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hari Raya, Ramadan 17 Mei 2020 . Waktu baca 5 menit

6 Makanan Kaya Gizi yang Harus Ibu Hamil Penuhi Saat Sahur

Ibu hamil yang berpuasa tidak bisa makan sembarangan. Berikut beberapa contoh makanan sahur untuk ibu hamil yang bisa menjadi referensi Anda.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hari Raya, Ramadan 13 Mei 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat virgin coconut oil minyak kelapa dara; virgin coconut oil

Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 4 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
baking soda untuk gigi

Cara Kerja Baking Soda untuk Membantu Memutihkan Gigi

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 24 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit
kista saat hamil di usia tua

Apa yang Akan Terjadi Jika Muncul Kista Saat Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 19 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit
bahan alami untuk mengusir kulit kepala gatal

Bahan-bahan Alami untuk Mengusir Kulit Kepala Gatal

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 9 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit