home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

4 Pilihan Teh Terbaik yang Bisa Anda Nikmati Sebelum Tidur

4 Pilihan Teh Terbaik yang Bisa Anda Nikmati Sebelum Tidur

Umumnya, minum teh adalah aktivitas yang lebih sering dilakukan pada pagi hari. Minuman yang dapat menghangatkan tubuh bisa menjadi sumber energi untuk mengawali hari. Namun, beberapa orang lebih suka minum teh pada malam hari sebelum tidur. Amankah minum teh sebelum tidur? Jika ya, apa saja pilihan teh yang paling baik diminum sebelum pergi tidur? Yuk, cari jawabannya pada ulasan berikut ini!

Manfaat dan risiko minum teh sebelum tidur

Kualitas tidur yang baik memiliki peranan penting untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Namun, tidak sedikit orang yang mengalami berbagai gangguan tidur yang mengakibatkan kurang tidur dan kualitas tidur menurun.

Mengonsumsi teh herbal memiliki banyak manfaat, termasuk untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks sehingga Anda bisa lebih cepat merasa ngantuk dan tidur lebih nyenyak.

Akan tetapi, Anda perlu memerhatikan waktu terbaik untuk minum teh. Pasalnya, teh juga mengandung kafein seperti kopi, walau kadarnya lebih sedikit.

Kafein adalah zat yang bisa meningkatkan kewaspadaan. Senyawa ini memiliki efek yang berbanding terbalik dengan theanine. Theanine adalah salah jenis asam amino yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur.

tips tidur nyenyak

Agar minum teh tidak mengganggu tidur, sebaiknya Anda tidak minum teh tepat sebelum tidur. Akan lebih baik jika minuman ini Anda nikmati pada sore hari atau setidaknya dua jam sebelum beranjak ke kasur.

Selain waktu, perhatikan pula porsi teh yang Anda minum. Cukup minum segelas teh hangat untuk membantu Anda lebih nyaman dan rileks.

Pilihan teh yang bisa Anda minum sebelum tidur

Bila Anda ingin mendapatkan manfaat relaksasi dari teh untuk tidur, ada beberapa jenis teh yang menjadi pilihan, seperti:

1. Teh hijau rendah kafein

khasiat teh hijau untuk rematik

Menurut sebuah penelitian pada jurnal Nutrients, salah satu kandungan pada teh hijau, yakni theanine, dapat menurunkan kadar hormon kortisol dalam tubuh.

Ketika kadar kortisol tinggi, itu artinya Anda sedang merasa stres. Nah, stres bisa membuat otak Anda lebih aktif sehingga jadi susah tidur.

Bila kadar kortisol menurun, rangsangan pada otak akan berkurang dan Anda menjadi lebih rileks. Perasaan tenang inilah yang bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa minum secangkir teh hijau rendah kafein sebelum tidur. Kadar kafeinnya yang rendah mungkin tidak akan mengganggu tidur Anda pada malam hari.

2. Chamomile

teh untuk menurunkan berat badan

Teh chamomile terbuat dari tanaman Asteraceae. Anda bisa mengeringkan dan mencampurkan bagian bunganya dengan air panas, atau merebusnya bersamaan dengan air.

Sudah banyak orang yang mengenal tanaman chamomile sebagai obat penenang ringan. Itulah sebabnya, Anda bisa menggunakan chamomile sebagai perawatan untuk mengurangi gangguan kecemasan, peradangan, dan insomnia.

Selain itu, Anda juga bisa menemukan salah satu antioksidan, apigenin, pada chamomile. Menurut sebuah penelitian pada Author Manuscript, apigenin berikatan dengan reseptor di otak sehingga mengurangi kecemasan dan membuat Anda lebih tenang.

Minum teh ini sebelum tidur bisa membantu Anda bisa tidur lebih nyenyak.

3. Lemon balm

balm tea
Sumber: Urban Leaf

Lemon balm atau melissa adalah salah satu jenis tanaman mint. Untuk menggunakannya sebagai aromaterapi, Anda bisa mengekstrak bagian daun dari tanaman yang satu ini.

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa mengeringkan daun lemon balm untuk menjadikannya sebagai teh. Sama seperti aromaterapi, lemon balm memiliki sifat penenang yang mampu mengurangi stres.

Jika Anda minum teh ini sebelum tidur, Anda akan jadi lebih rileks dan lebih mudah terlelap. Alhasil, Anda tidak perlu khawatir akan sering terbangun tengah malam.

4. Lavender

teh
Sumber: Natural Food Series

Sama seperti chamomile, lavender juga dikenal sebagai aromaterapi. Pada zaman kuno, orang bangsa Yunani dan Romawi sering menambahkan lavender ke dalam bak mandi untuk mendapatkan ketenangan dari aromanya.

Nyatanya, Anda juga bisa menggunakan tanaman ini sebagai teh. Tujuannya sama, untuk menenangkan otot, saraf, dan pikiran Anda.

Penelitian pada Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine melaporkan bahwa 80 wanita di Taiwan merasakan bahwa rasa lelahnya berkurang setelah minum teh lavender.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, Anda bisa mengonsumsi teh ini setiap hari selama dua minggu. Dengan ini, Anda bisa meningkatkan kualitas tidur lebih baik dan tidur lebih nyenyak sepanjang malam.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Srivastava, J. K., Shankar, E., & Gupta, S. (2010). Chamomile: A herbal medicine of the past with bright future. Molecular medicine reports3(6), 895–901. https://doi.org/10.3892/mmr.2010.377

Unno, K., Noda, S., Kawasaki, Y., Yamada, H., Morita, A., Iguchi, K., & Nakamura, Y. (2017). Reduced Stress and Improved Sleep Quality Caused by Green Tea Are Associated with a Reduced Caffeine Content. Nutrients9(7), 777. https://doi.org/10.3390/nu9070777

What is the best tea for sleep, insomnia, and nighttime anxiety? Retrieved 30 April 2021, from https://www.sleepadvisor.org/best-sleep-tea/

Chien, L. W., Cheng, S. L., & Liu, C. F. (2012). The effect of lavender aromatherapy on autonomic nervous system in midlife women with insomnia. Evidence-based complementary and alternative medicine : eCAM2012, 740813. https://doi.org/10.1155/2012/740813
Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Annisa Hapsari Diperbarui 17/05/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri